Logo BeritaSatu

Ekspor CPO Dibuka, Pemerintah Kembali Terapkan DMO dan DPO Migor

Jumat, 20 Mei 2022 | 10:46 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan untuk membuka kembali keran ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dan produk olahannya mulai Senin (23/5/2022). Keputusan ini diambil karena melihat pasokan minyak goreng sudah terpenuhi, serta terjadinya tren penurunan harga rata-rata minyak goreng secara nasional, meskipun belum mencapai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 14.000 per liter.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, kebijakan pencabutan larangan ekspor CPO tersebut akan diikuti dengan upaya untuk tetap menjamin ketersediaan bahan baku minyak goreng, antara lain melalui penerapan domestic market obligation (DMO) dan domestic price obligation (DPO) yang mengacu pada kajian Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Untuk jumlah DMO, kita menjaga sebesar 10 juta ton minyak goreng yang terdiri dari 8 juta ton minyak goreng, dan sebagai cadangan sebesar 2 juta ton. Kementerian Perdagangan akan menetapkan jumlah besaran DMO yang harus dipenuhi masing-masing produsen, serta mekanisme untuk memproduksi dan mendistribusikan minyak goreng ke masyarakat secara merata dan tepat sasaran,” kata Airlangga dalam konferensi pers secara daring, Jumat (20/5/2022).

Airlangga juga menegaskan, bagi produsen yang tidak memenuhi kewajiban DMO dan/atau tidak mendistribusikan kepada masyarakat seperti yang ditetapkan oleh pemerintah, akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan aturan yang ditentukan. Untuk ketersediaan pasokan juga akan terus dimonitor melalui sistem informasi minyak goreng curah (Simirah).

“Untuk menjamin ketersediaan volume bahan baku minyak goreng, pemerintah akan menerbitkan kembali pengaturan pasokan dan pengendalian harga yang secara teknis akan diatur lebih lanjut oleh Kementerian Perdagangan. Sedangkan untuk menjamin pembelian tandan buah segar (TBS) dari petani dengan harga yang wajar, ini dilakukan pengaturan yang tentu saja melibatkan pemerintah daerah. Tentunya bagi para perusahaan, diharap agar bisa membeli TBS dari petani pada tingkat harga yang wajar,” kata Airlangga.

Untuk DPO, perincian harga saat ini masih disusun oleh Kementerian Perdagangan dan akan diumumkan sebelum 23 Mei 2022.

Sedangkan terkait akselerasi percepatan distribusi minyak goreng dengan HET, pemerintah juga memberikan penugasan kepada Perum Bulog untuk menyediakan cadangan minyak goreng sebesar 10% dari total kebutuhan minyak goreng curah yang nantinya akan disiapkan dalam bentuk kemasan sederhana.

“Untuk pelaksanaan ekspor juga akan dilakukan pengawasan secara ketat dan terintegrasi, baik oleh Bea Cukai, Satgas Pangan Polri, kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, dan juga pengawasan akan melibatkan Kejaksaan Agung. Pemerintah akan secara tegas menindak setiap penyimpangan baik distribusi maupun ekspor oleh pihak-pihak yang tidak sesuai dengan kebijakan dan ketentuan yang ada,” tegas Airlangga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kadin Jatim Cetak Konsultan Vokasi di 38 Kabupaten/Kota

Kadin Jatim menargetkan tiga konsultan vokasi di setiap kabupaten dan kota, yang bertugas membantu program pendidikan vokasi di daerah masing-masing.

EKONOMI | 26 Juni 2022

BBM Subsidi Seharusnya Hanya untuk Kendaraan Roda Dua

Menurut Komaidi, konsumen yang bisa membeli BBM subsidi seperti Pertalite hanya pemakai kendaraan roda dua. Sedangkan mobil bisa menggunakan BBM non-subsidi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Pelaku Industri Blockchain Sambut Baik Arahan Pemerintah soal Metaverse

Pelaku industri bidang blockchain menyambut baik respons pemerintah yang positif terkait potensi metaverse.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Jumlah Pengguna Dompet Digital DANA Capai 110 Juta

Penyelenggara dompet digital (e-wallet) DANA mencatat sebanyak lebih dari 110 juta pengguna hingga saat ini.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Mataram Tunggu Aturan Beli Minyak Goreng dengan PeduliLindungi

Pemkot Mataram masih menunggu aturan resmi dari pemerintah terkait kebijakan pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Penyaluran Fintech Lending Tembus Rp 40 Triliun Per Mei 2022

OJK mencatat outstanding pinjaman yang disalurkan fintech lending posisi Mei 2022 sebesar Rp 40,2 triliun, atau meningkat 85% year on year (yoy).

EKONOMI | 26 Juni 2022

BNI Sekuritas Gencar Edukasi Investasi Saham Sejak Dini

BNI Sekuritas (BNIS) bersama BNI Group bekerja sama dengan Vokasi UI untuk meningkatkan literasi para mahasiswa melalui investasi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

SIG Gandeng Jamdatun Tingkatkan Efektivitas Penanganan Hukum

Kerja sama SIG meliputi pemberian bantuan hukum oleh Kejagung sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam perkara perdata maupun TUN.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Antisipasi Kenaikan Pengeboran, Wintermar Offshore Marine Siapkan US$ 12 Juta

PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) siapkan infrastruktur lengkap dengan total investasi hingga US$ 12 juta  untuk mengantisipasi kenaikan pengeboran.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Bank DKI Ikut Meriahkan Malam Puncak Jakarta Hajatan

Bank DKI turut mendukung gelaran malam puncak Jakarta Hajatan dalam rangka HUT ke-495 DKI Jakarta.

EKONOMI | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ganda Campuran Amri/Winny 3 Kali Beruntun Juara di Eropa

Ganda Campuran Amri/Winny 3 Kali Beruntun Juara di Eropa

SPORT | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings