Logo BeritaSatu

Hipmi Business Forum Buka Akses Produk UMKM ke Pasar Global

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:33 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menggelar Hipmi International Business Forum yang merupakan rangkaian acara rencana kegiatan kunjungan organisasi pengusaha ini ke Amerika Serikat (AS) dan Eropa pada Agustus mendatang.

Ketua Bidang Investasi, Infokom & Kerja Sama Internasional Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Dede Indra Permana Soediro menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya Hipmi untuk membuka akses pasar produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia ke pasar global melalui format acara yang dirancang dengan kerja sama antara pengusaha muda dan pemerintah.

"Ini kita tindaklanjuti untuk memverifikasi produk-produk daerah yang mana nanti akan kita bawa ke pasar Amerika. Untuk itu, acara ini merupakan agenda strategis yang diadakan pada setiap kepengurusan organisasi pengusaha ini. Momentum ini akan dimanfaatkan untuk membantu membuka peluang yang sebesar-besarnya bagi seluruh anggota dan UMKM menembus pasar global," ujar Dede saat membuka acara Hipmi International Business Forum di Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta yang juga disiarkan secara daring, Kamis (19/5/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan P. Roeslani menyampaikan, kebangkitan sektor UMKM memberi dampak besar dalam mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia. Menurutnya, sektor ini memang sudah menjadi tulang punggung Indonesia.

Pada 2021, jumlah sektor bisnis UMKM di Indonesia mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,97%. Sektor UMKM juga memiliki peranan besar terhadap perbaikan ekonomi Indonesia, terlihat dengan kemampuannya menyerap 97% tenaga kerja.

“Perlahan tapi pasti, sektor UMKM menunjukkan nilai positif. Banyak dari UMKM yang berhasil beradaptasi di tengah pandemi hingga omzetnya naik berkali lipat. Namun, hal tersebut tak datang begitu saja. Kebangkitan UMKM justru terjadi karena kemampuan mempertahankan daya saing lewat digitalisasi," ungkap Rosan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Beban APBN Berat, Pembatasan Pertalite Sudah Tepat?

Rencana pembatasan Pertalite menguat sehingga membuat masyarakat gusar mengingat BBM jenis ini paling banyak dikonsumsi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Kadin Jatim Targetkan Bangun Rumah Vokasi di Lima Kabupaten

Selain menyiapkan konsultan vokasi, Kadin Jatim akan membangun rumah vokasi di lima kabupaten, yaitu Gresik, Pasuruan, Tuban, Kediri dan Banyuwangi.

EKONOMI | 25 Juni 2022

BFI Finance Agresif Garap Pembiayaan Industri Percetakan

PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) agresif menggarap pembiayaan di industri percetakan yang belakangan pasarnya semakin tumbuh pesat.

EKONOMI | 25 Juni 2022

PJB dan Icon+ Optimalkan Aset untuk Layanan Telematika

Kerja sama PJB dan Icon+ dilakukan untuk mendukung keandalan sinyal telekomunikasi, terutama untuk kegiatan operasional di unit-unit pembangkit PJB.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Harga Timah ICDX Masih Tinggi di Tengah Perlambatan Ekonomi Global

Harga timah ICDX masih melaju kuat di kisaran US$ 35.000 per metrik ton, di tengah sejumlah sentimen pasar yang menyebabkan melemahnya harga timah.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Dirut PTBA Raih Penghargaan The Global Emerging Leader 2022

Dirut PTBA Arsal Ismail berhasil mendapat penghargaan The Global Emerging Leader Award 2022 dalam kategori Mining Industry Environment Preservation.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Presiden Perintahkan Kementerian Investasi Kawal Investasi Foxconn

Jokowi memerintahkan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk mengawal mulai dari proses awal hingga eksekusi investasi Foxconn di Indonesia.

EKONOMI | 25 Juni 2022

IDEAL Luncurkan Platform untuk Ajukan KPR Secara Digital

Startup fintech IDEAL melakukan soft launching platform agregator layanan kredit kepemilikan rumah (KPR) secara digital.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Merger Berbuah Positif, Laba Pelindo Naik Jadi Rp 3,2 T

Kinerja audited PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo tahun 2021 pasca-merger meningkat. Perseroan berhasil catatkan laba sebesar Rp 3,2 triliun.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Kemenkominfo Bangun 4 Pusat Data Nasional

Pusat Data Nasional dibangun di Kawasan Deltamas Industrial Estate, Nongsa Digital Park, Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur, serta Labuan Bajo.

EKONOMI | 25 Juni 2022


TAG POPULER

# Rima Melati


# Nikita Mirzani Tersangka


# PDIP


# The Minions


# Sri Lanka


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
110 Orang Pasien Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

110 Orang Pasien Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings