Logo BeritaSatu

Program CSR Jangan Hanya Sekedar Bagi-bagi Sumbangan

Kamis, 19 Mei 2022 | 18:24 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Dewan Pembina Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) Sidharta Utama menuturkan, dalam menjalankan program (CSR) atau tanggung jawab sosial, perusahaan diharapkan melakukan kegiatan yang lebih terencana dan terintegrasi dengan model bisnis perusahaan, serta harus melihat dampak dari kegiatan tersebut.

Sidharta menyampaikan, dalam menjalankan program CSR, selama ini konotasinya yang terpenting perusahaan telah menyampaikan donasi atau memberikan sumbangan. Padahal dalam konteks sustainable development, kegiatan-kegiatan tersebut belum bisa dikatakan telah menjalankan program CSR dengan baik. Hal ini mengacu pada pada definisi CSR menurut World Bank.

“Kalau kita lihat definisi CSR menurut Bank Dunia, pertama, perusahaan berkomitmen untuk berperilaku secara etis dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan," kata Sidharta Utama dalam IICD Corporate Governance Virtual Conference dengan tema, “Sustainability Governance for Long – Term Value Creation”, Kamis (19/5/2022).

Poin kedua, perusahaan akan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan. Jadi memang tidak bisa sendiri, perlu ada kerja sama. "Hal ini juga ada dalam aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di mana prinsip-prinsip keberlanjutan itu salah satunya ada kerja sama," kata dia.

Terakhir tujuannya adalah win-win. "Jadi di satu sisi memang secara bisnis, bisnisnya itu bisa terus tumbuh, tetapi juga mempromosikan agenda pembangunan berkelanjutan dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata Sidharta.

Sidharta menambahkan, dampak kegiatan CSR yang dilakukan juga jangan hanya dilihat dari sisi finansial saja. Selama ini mungkin fokusnya outcome di keuangan, seperti return on investment atau return on equity.

"Seharusnya ke depan outcome yang dilihat itu bukan cuma dari aspek finansial, tetapi aspek sosial dan lingkungan. Misalnya apakah target pengurangan emisi karbonnya bisa berkurang atau tidak. Dari sisi sosial, mungkin melihat bagaimana tingkat kesehatan masyarakat di sekitar pabrik di mana perusahaan berada,” kata Sidharta.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bank DBS Indonesia Hadirkan This is DBS digibanking

Bank DBS Indonesia menghadirkan This is DBS digibanking, layanan perbankan digital bagi nasabah ritel, korporasi maupun Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

EKONOMI | 1 Juli 2022

Taspen Gandeng MNC Bank Kelola Rekening Penerima Pensiun

MNC Bank dan Taspen akan memudahkan konsumen melakukan pembayaran tabungan hari tua (THT), jaminan pensiun, dan lainnya.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Pemilik Belum Tertangkap, Binomo Masih Leluasa Beroperasi?

Aplikasi binary option berkedok robot trading Binomo masih bisa diakses masyarakat meski sudah berkali-kali diblokir oleh Bappebti.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Investor Aset Kripto Cermati Kelanjutan Fase Bear Market

Perdagangan aset kripto secara keseluruhan masih datar dan tidak bergairah selama sepekan terakhir.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Pacu Bisnis UMKM, Esta Dana Ventura Kembali Gandeng 9 BPR

Esta Dana Ventura kembali menjalin kerja sama dengan sembilan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk menyalurkan pembiayaan ke sektor UMKM.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Logam Bangun Setia Gelar Akad Massal Rumah Subsidi

Perumahan Logam Bangun Setia 2 (LBS 2) yang dikembangkan PT Saipul Putra Sakti, melakukan prosesi akad kredit massal rumah subsidi bekerja sama dengan Bank DKI.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Janji Jiwa Adopsi Nimbly Technologies Capai Operasi Optimal

Janji Jiwa, salah satu brand kopi di Indonesia, menerapkan Nimbly Technologies untuk meraih konsistensi dan transparansi.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Properti Tumbuh, MAJ Residences Bekasi Kebut Pembangunan

Tren positif sektor properti di Bekasi menjadi momentum untuk mengejar progres pembangunan apartemen The MAJ Residences Bekasi.

EKONOMI | 1 Juli 2022

AAJI: Aset Asuransi Jiwa Indonesia Bisa Tembus Rp 3.000 T

Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyampaikan, tingkat penetrasi industri asuransi jiwa nasional berkutat di kisaran 1,2%-1,4%.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Secara Analisis Teknikal, Penurunan Bitcoin Masih Wajar

Penurunan harga Bitcoin yang saat ini berada pada level sekitar Rp 300 jutaan masih dalam batas wajar jika ditinjau dari analisis teknikal.

EKONOMI | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-76 Polri, Henry Indraguna Dukung Restorative Justice

HUT Ke-76 Polri, Henry Indraguna Dukung Restorative Justice

NEWS | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings