Logo BeritaSatu

2023, Pemerintah Siapkan Anggaran Infrastruktur Dasar IKN

Kamis, 21 April 2022 | 18:56 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan upaya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur merupakan salah satu prioritas belanja pemerintah pada 2023. Hal ini dibuktikan dengan dimasukkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023.

“Untuk pembangunan IKN disiapkan alokasi anggaran untuk pembangunan jalan, jalan utama, serta jalan tol,” ucap Suharso dalam dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Tingkat Pusat 2022 pada Kamis (21/4/2022).

Pembangunan IKN merupakan salah satu bagian transformasi ekonomi Indonesia, khususnya pemerataan ekonomi antarwilayah. Suharso merinci anggaran yang disiapkan dalam belanja APBN 2023 untuk pembangunan IKN akan digunakan untuk membangun jalan logistik, infrastruktur dasar permukiman, air minum, pengelolaan limbah pembangunan gedung pemerintahan, dan penyediaan perumahan.

Infrastruktur lain yang akan dibangun pada 2023 yaitu infrastruktur sumber daya air, infrastruktur pertahanan dan keamanan konservasi dan restorasi hutan. Tidak hanya itu anggaran IKN 2023 pemerintah akan digunakan untuk membangun penunjang kegiatan masyarakat. “Rumah ibadah, fasilitas pendidikan, dan kesehatan aset lingkungan lainnya,” ucap Suharso.

Sebelumnya, Direktur Barang Milik Negara (BMN) DJKN Kementerian Keuangan, Encep Sudarwan mengatakan pemerintah menyiapkan enam skema pendanaan untuk pemindahan IKN dari Jakarta ke Penajam Paser Utara. Skema pertama APBN yang melalui alokasi anggaran belanja dan pembiayaan. APBN menjadi sumber pendanaan yang sah untuk persiapan pembangunan dan pemindahan dan penyelenggaraan pemerintahan IKN. Kedua Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dalam skema ini ada dua jenis, yaitu KPBU tarif atau user payment, dan KPBU availability payment.

Skema ketiga, partisipasi badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki negara termasuk BUMN. Keempat, skema swasta murni. Kelima, dukungan pendanaan/pembiayaan internasional. Skema ini dijalankan untuk mewadahi pemberian dana antara lain dari bilateral/lembaga multilateral yang hendak berpartisipasi dalam pengembangan IKN yang hijau dan cerdas. Terakhir, pendanaan lain (creative financing) seperti crowd funding dan dana dari filantropi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kolaborasi, Menhub Optimistis Sektor Penerbangan Akan Pulih

Menhub Budi Karya Sumadi optimistis sektor penerbangan mampu menghadapi tantangan pemulihan di masa normal.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pertamina Tak Wajibkan Beli Pertalite Pakai HP, Solusinya?

Pertamina juga menegaskan bahwa tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina saat konsumen ingin membeli Pertalite.

EKONOMI | 30 Juni 2022

OJK Dorong BPR/BPRS Lebih Inovatif agar Makin Diterima Pasar

OJK mendorong Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) untuk secepatnya melakukan inovasi.

EKONOMI | 30 Juni 2022

2022, Penerbitan Obligasi Korporasi Diproyeksi Rp 120 T

PT BNI Sekuritas memperkirakan pada 2022 potensi penerbitan obligasi korporasi mencapai Rp 120 triliun atau lebih tinggi 14,7% dari tahun 2021.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Jasuindo Tiga Perkasa Bagi Dividen Tunai Rp 37,7 Miliar

PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) akan membagikan dividen tunai Rp 37,7 miliar atau 41,18% dari laba tahun buku 2021 yang tercatat sebesar Rp 91,5 miliar.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Jakarta Timur Dinilai Potensial untuk Investasi Properti

Meski perkembangan tata kotanya tidak secepat wilayah lain, wilayah administrasi Jakarta Timur dinilai memiliki potensi investasi properti yang sangat tinggi.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Aski dan idsMED Luncurkan Alat Kesehatan Dalam Negeri

Bersama Aski, idsMED membangun ekosistem sekaligus menghasilkan produk alat kesehatan yang saja memiliki standar kualitas internasional, namun harga terjangkau.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pendaftaran MyPertamina Hanya untuk Kendaraan Roda Empat

Pendaftaran pembelian bahan bakar minyak bersubsidi melalui platform digital MyPertamina dikhususkan hanya untuk pemilik kendaraan roda empat.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Program Inkubasi ImpacttoBuild Bantu Startup Capai Sukses

Impactto, platform pengembang startup kolektif mendirikan ImpacttoBuild, program inkubasi dengan misi utama membantu startup-startup tahap awal.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Menhub Lantik Dua Dirjen, Irjen (Pol) Hendro Pimpin Hubdat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya melantik Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perhubungan Laut yang baru.

EKONOMI | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
3 Pemain Timnas Jadi Amunisi Persib Bandung Lawan PSS

3 Pemain Timnas Jadi Amunisi Persib Bandung Lawan PSS

BOLA | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings