Logo BeritaSatu

BSN Dorong UMK Masuk E-Katalog Pengadaan Barang Pemerintah

Selasa, 29 Maret 2022 | 18:54 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan berkolaborasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk mempermudah produk usaha mikro dan kecil (UMK) yang memiliki standar nasional Indonesia (SNI) masuk pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"BSN siap berkolaborasi dengan LKPP untuk memastikan bahwa 27.500 pelaku usaha mikro dan kecil yang telah mendapatkan tanda SNI Bina UMK tersebut mendapatkan kemudahan untuk dapat dipublikasikan dalam e-katalog LKPP," kata Kepala BSN Kukuh S Achmad dalam konferensi pers Program dan Kebijakan BSN di Jakarta, Selasa (29/3/2022)

Saat ini, sebanyak 27.500 UMK sudah mendapatkan tanda SNI Bina UMK, dan 1.000 UMK sudah memperoleh tanda SNI dari lembaga sertifikasi yang kompeten. Dengan masuknya produk UMK ke e-katalog LKPP, diharapkan bisa meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

UMK bisa ikut memanfaatkan 40%anggaran pemerintah untuk pengadaan barang dan jasa atau sebesar Rp 400 triliun untuk pembelian produk dalam negeri sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo, sehingga berpotensi mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia setelah pandemi Covid-19. "Saya yakin, dengan tersedianya produk UMK di e-katalog, dapat memacu pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Kukuh menuturkan produk pelaku UMK yang telah dibubuhi tanda SNI Bina UMK secara bertahap perlu ditingkatkan mutunya melalui program pembinaan, pendampingan, dan fasilitasi sertifikasi.

BSN berharap seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang memiliki laboratorium pengujian dan lembaga sertifikasi dapat memberikan insentif kepada UMK untuk memberikan layanan pengujian dan sertifikasi sehingga memudahkan pelaku UMK mendapatkan bukti sertifikasi dan pengujian.

Menurut Kukuh, jika pelaku UMK dapat dibebaskan dari biaya pengujian dan sertifikasi, maka seluruh UMK dapat benar-benar mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan sertifikasi dan persetujuan penggunaan tanda SNI.

Saat ini persetujuan penggunaan tanda SNI yang dikeluarkan oleh BSN sudah sepenuhnya menggunakan sistem dalam jaringan (online) dan tidak dipungut biaya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jababeka Wujudkan Green Industrial Estate Lewat Cara Ini

PT Jababeka Tbk (KIJA) berkomitmen mewujudkan green industrial estate dengan menggelar program kolaborasi pelestarian lingkungan.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Ini 5 Urgensi Pentingnya Beralih dari TV Analog ke Digital

Dengan beralih ke TV digital, masyarakat akan mendapatkan siaran yang lebih bagus, lebih bersih gambarnya dan lebih jernih suaranya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Sandiaga Ingatkan Konsep Tiga G dan Empat As, Apa Itu?

Sandiaga menyampaikan, dalam menjalankan setiap usaha, UMKM harus menjalankan konsep "Tiga G".

EKONOMI | 3 Juli 2022

79 Produsen Dukung Program Minyak Goreng Curah Rakyat

Kemenperin mencatat hingga 1 Juli 2022, ada 130 perusahaan mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jualan Alat Berat Moncer, Laba Hexindo Melesat di Atas 100%

PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) kuartal I 2022 mencatat laba bersih tahun berjalan US$ 55,08 juta atau melesat d iatas 100%.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Spanyol Siap Bantu Proyek Transportasi Indonesia, Apa Saja?

Spanyol menawarkan bantuan beberapa proyek-proyek yang bisa dibangun di Indonesia khususnya terkait transportasi.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Rambah Dubai, Bank Syariah Indonesia Raih Penghargaan

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) meraih penghargaan Progressive International Market Expansion setelah berhasil membuka kantor cabang di Dubai.

EKONOMI | 3 Juli 2022

PMI Manufaktur RI Melambat, Pemerintah Jaga Pemulihan Ekonomi

PMI Manufaktur di bulan Juni masih berada pada zona ekspansif di level 50,2. Sebelumnya pada Mei 2022, PMI Manufaktur berada di level 50,8.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Anak

Lifepal.co.id membagikan tips memilih asuransi kesehatan anak supaya orang tua dapat merasa lebih tenang jika telah memiliki proteksi untuk buah hatinya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Mentan Syahrul Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Cabai

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, gejolak harga cabai yang terjadi belakangan ini dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama.

EKONOMI | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 3 Juli 2022

Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 3 Juli 2022

NEWS | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings