Logo BeritaSatu

Presiden Jokowi: Target 1 Juta UMKM Masuk E-Katalog Harus Tuntas Tahun ini

Senin, 28 Maret 2022 | 13:25 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun/Novy Lumanauw / FFS

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan target 1 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) onboarding yang masuk dalam e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan (LKPP) harus tuntas tahun ini. UMKM onboarding adalah upaya pemberdayaan UMKM secara online, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet dan digitalisasi.

“Target 1 juta UMKM untuk onboarding, untuk masuk ke e-katalog LKPP harus dapat terlaksana secara tuntas di tahun ini. ini penting sekali,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi nasional (rakornas) Kementerian Koperasi dan UKM yang digelar secara virtual dari Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (28/3/2022).

Jokowi mengingatkan jangan sampai target ini tidak tercapai. Hal ini karena Jokowi sudah mengingatkan para kepala daerah, baik gubernur, bupati maupun wali kota, para menteri dan pimpinan lembaga, direktur utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN), agar penggunaan anggaran belanja barang/jasa dalam APBN maupun APBD maupun anggaran BUMN harus difokuskan untuk membeli produk-produk dalam negeri.

"Ini penting sekali, jangan sampai. Kemarin juga sudah saya sampaikan kepada gubernur, bupati, wali kota, menteri, dan dirut BUMN bahwa anggaran APBN, anggaran APBD, anggaran di BUMN semuanya harus difokuskan untuk membeli produk-produk dalam negeri, utamanya yang diproduksi UMKM kita," tegas Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa jumlah UMKM yang telah onboarding digital, yang masuk ke marketplace dan ke platform digital pada tahun 2022 harus mencapai target 20 juta.

“Minimal 20 juta. Dan, meningkat menjadi 24 juta tahun depan, dan menjadi 30 juta di tahun 2024. Ini target. Kalau semua bekerja keras, memiliki keinginan yang sama mencapai target yang telah kita tentukan, saya yakin insya Allah kita semua bisa lakukan,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, jumlah koperasi berbasis modern digital juga harus terus ditingkatkan, dari 250 koperasi pada tahun 2022 menjadi 400 di tahun 2023, dan 500 nantinya pada tahun 2024.

Sebelumnya, saat memberikan pengarahan Presiden RI tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3/2022), Jokowi merasa geram dan kecewa karena melihat anggaran belanja barang dan jasa di kementerian/lembaga, BUMN bahkan pemerintah daerah (pemda) masih menggunakan barang-barang impor, bukan barang buatan Indonesia atau produk lokal UMKM.

Untuk itu, Jokowi menargetkan 40% dari anggaran belanja barang dan jasa di kementerian/lembaga, BUMN dan pemda harus dialokasikan untuk membeli barang-barang produk lokal UMKM Indonesia. Target itu harus tercapai hingga akhir Mei ini.

Tidak hanya itu, Jokowi juga menargetkan 1 juta UMKM sudah masuk dalam e-katalog LKPP pada akhir tahun ini, sehingga memudahkan kementerian/lembaga, BUMN dan pemda untuk membelanjakan anggarannya. Saat ini, dari 50.000 UMKM, terdapat 161.000 UMKM yang sudah masuk dalam e-katalog.

Untuk mencapai targef tersebut, Jokowi meminta kepala daerah, baik itu gubernur, bupati dan wali kota dapat mengambil UMKM di daerahnya masing-masing agar masuk dalam e-katalog.

Kalau dua hal ini tidak dilakukan, Jokowi mengancam akan melakukan perombakan atau reshuffle terhadap menteri, pimpinan lembaga dan dirut BUMN. Tidak hanya itu, ia akan memotong anggaran DAK dan DAU ke pemda, jika dua target tersebut tidak tercapai.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tumbuh Berkelanjutan, BRI Catat Sejumlah Aksi Korporasi Penting

BRI tidak hanya memperhatikan faktor profitabilitas, namun juga faktor ekonomi, lingkungan, sosial dan tata kelola untuk mencapai keuangan berkelanjutan.

EKONOMI | 30 Juni 2022

BRI: Digitalisasi Perbankan Harus Perkuat Ekonomi Riil

Digitalisasi di BRI diyakini dapat mendongkrak kondisi ekonomi riil di Indonesia, khususnya segmen UMKM.

EKONOMI | 30 Juni 2022

1 Juli Beli Pertalite Daftar MyPertamina? Simak Biar Tak Salah Kaprah

PT Pertamina menegaskan tanggal 1 Juli 2022 adalah tahap registrasi bagi masyarakat melalui MyPertamina, bukan merupakan pembatasan pembelian Pertalite.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Tekan Emisi Karbon Lewat Palet Zero Carbon Hasil Daur Ulang

Guna menekan emisi karbon global, CJ Logistics memperkenalkan palet zero carbon dari hasil sampah plastik daur ulang yang lebih ramah lingkungan.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pembatasan Pertalite Mengacu CC Dinilai Tak Efektif, Kenapa?

Rencana pembatasan pembelian BBM Pertalite untuk kendaraan di atas 2.000 cc tidak akan efektif untuk membuat penyaluran BBM jenis ini lebih tepat sasaran.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Argon Group Bidik Besarnya Pasar Industri Farmasi dan Alkes

Argon Group perusahaan distributor produk farmasi di Indonesia membidik pasar industri alat kesehatan (alkes) di Tanah Air yang terus bertumbuh.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Semester I, Ini Daftar Saham Kasih Cuan Paling Banyak

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di BEI pada penutupan perdagangan sore ini Kamis (30/6/2022) turun 30,7 poin (0,4%) ke level 6.911.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Jokowi Teken Keppres Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

EKONOMI | 30 Juni 2022

IHSG Ditutup Turun ke 6.911, Kapitalisasi Pasar Rp 9.046 T

Perdagangan IHSG hari ini tercatat dengan volume 191,6 miliar saham senilai Rp 12,9 triliun dengan 156 saham menguat.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Modal Inti Bank Resona Perdania Naik Jadi Rp 5 Triliun

Bank Resona Perdania mengumumkan bahwa terjadi peningkatan modal inti bank menjadi sebesar Rp 5 triliun.

EKONOMI | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
3 Pemain Timnas Jadi Amunisi Persib Bandung Lawan PSS

3 Pemain Timnas Jadi Amunisi Persib Bandung Lawan PSS

BOLA | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings