Logo BeritaSatu

Kementerian ATR/BPN: Syarat BPJS Kesehatan Tidak Persulit Jual Beli Tanah

Rabu, 23 Februari 2022 | 13:52 WIB
Oleh : FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah (Dirjen PHPT) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Suyus Windayana mengatakan syarat kepesertaan BPJS Kesehatan pada proses jual beli tanah tidak akan mengubah skema dan mempersulit transaksi pertanahan.

"Jadi hanya menambah satu persyaratan, tapi ke depan akan kami siapkan beberapa sistem sehingga prosesnya menjadi otomatis tidak perlu menambahkan syarat tersebut," kata Suyus dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Dirjen PHPT mengaku akan terus mengevaluasi implementasi penambahan persyaratan tersebut di lapangan. Kementerian ATR/BPN juga akan berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan terkait aktivasi kepesertaan.

"Saya juga terus berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan, bagaimana proses pengaktifan BPJS Kesehatan yang misalnya aktif, kemudian tidak aktif dan harus diaktifkan lagi, itu dalam waktu 5-10 menit sudah bisa diaktifkan. Nantinya ada sistem langsung dengan BPJS. Sementara sistemnya sedang kita siapkan, nanti bukti keanggotaannya yang akan kami lihat," kata Suyus.

Dirjen PHPT menjelaskan bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, pihaknya akan tetap memproses berkas jual beli sambil masyarakat membuat kepesertaan JKN.

"Skemanya, apabila masyarakat sudah mempunyai kartu BPJS Kesehatan maka dilampirkan. Tapi apabila masyarakat belum mempunyai BPJS Kesehatan, berkasnya akan kami terima dulu tapi nanti akan kami tahan sampai keanggotaan BPJS Kesehatannya selesai," kata dia.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Spanyol Siap Bantu Proyek Transportasi Indonesia, Apa Saja?

Spanyol menawarkan bantuan beberapa proyek-proyek yang bisa dibangun di Indonesia khususnya terkait transportasi.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Rambah Dubai, Bank Syariah Indonesia Raih Penghargaan

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) meraih penghargaan Progressive International Market Expansion setelah berhasil membuka kantor cabang di Dubai.

EKONOMI | 3 Juli 2022

PMI Manufaktur RI Melambat, Pemerintah Jaga Pemulihan Ekonomi

PMI Manufaktur di bulan Juni masih berada pada zona ekspansif di level 50,2. Sebelumnya pada Mei 2022, PMI Manufaktur berada di level 50,8.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Anak

Lifepal.co.id membagikan tips memilih asuransi kesehatan anak supaya orang tua dapat merasa lebih tenang jika telah memiliki proteksi untuk buah hatinya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Mentan Syahrul Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Cabai

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, gejolak harga cabai yang terjadi belakangan ini dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jamin Stok Beras, Pemerintah Didorong Tingkatkan Kerja Sama Regional

Kerja sama regional sepatutnya dapat ditingkatkan untuk menjamin keamanan stok komoditas pangan. Peran Perum Bulog perlu ditingkatkan.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Ini Sentimen-sentimen Wall Street Sepekan ke Depan

Memasuki kuartal ketiga, kekhawatiran akan resesi semakin kuat. Investor Wall Street menantikan data ketenagakerjaan Juni, risalah the Fed, dan kinerja emiten.

EKONOMI | 3 Juli 2022

BRI Berhasil Raih Penghargaan Digital Banking Terbaik

Sukses menjalankan transformasi digital, BRI berhasil meraih penghargaan digital banking terbaik di Digital Banking Awards 2022.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Bahan Baku Mahal, PMI Manufaktur Indonesia Melambat Lagi

PMI Manufaktur Indonesia melambat ke angka 50,2 pada Juni 2022 dari 50,8 poin pada bulan sebelumnya akibat kenaikan harga bahan baku.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Efek Domino Crypto Winter, Voyager Digital Hentikan layanan

Voyager Digital telah menghentikan layanansetelah salah satu pelanggannya gagal melakukan pembayaran pinjaman ratusan juta dolar.

EKONOMI | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 3 Juli 2022

Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 3 Juli 2022

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings