Logo BeritaSatu

Jokowi Tegaskan Indonesia Harus Jadi Negara Industri

Selasa, 25 Januari 2022 | 20:26 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia harus menjadi negara industri jika ingin menjadi negara maju. Karena itu pola pikir mengekspor bahan mentah atau raw material harus dihilangkan dengan mengalihkan ekspor barang setengah jadi atau jadi.

“Memang pola pikir kita, harus kita ubah semuanya. Ini harus menjadi negara industri kalau kita mau maju. Karena nilai tambahnya ada di situ (stop ekspor bahan mentah),” kata Jokowi saat meluncurkan pelepasan ekspor perdana tahun 2022 smelter grade alumina produksi PT Bintan Alumina Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (25/1/2022).

Ia berani mengambil risiko apa pun untuk menghentikan ekspor minerba dalam bentuk bahan mentah meskipun kebijakan tersebut mendapatkan protes dari berbagai negara melalui Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). "Dengan risiko apapun satu per satu akan saya stop. Nikel ore stop, kita digugat oleh WTO, silakan gugat. Nanti stop bauksit, stop, mesti ada yang gugat lagi silakan gugat enggak apa-apa kita hadapi," tegas Jokowi.

Jika tidak dihentikan kata dia, sejak zaman VOC hingga ke depan Indonesia akan menjadi pengekspor raw material. "Enggak rampung-rampung. Enggak dulu pala, coklat, semuanya dulu zaman rempah-rempah, semuanya yang menikmati yang punya nilai tambah, yang menikmati yang punya industri,” lanjut Jokowi.

Dijelaskannya, hilirisasi industri juga akan memberikan banyak keuntungan bagi negara seperti pajak baik pribadi maupun perusahaan hingga pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat. “Orang lain yang dapat, negara lain yang dapat, dia dapat nilai tambahnya, dia dapat lapangan kerjanya, dia dapat pajaknya. Coba kalau kita membuat industri seperti ini, kita dapat royaltinya, kita dapat pajak perusahaannya, kita dapat pajak pribadinya, kita dapat bea ekspor keluar, kita bisa dapat penerimaan negara bukan pajak. Semua dapat,” ungkap Jokowi.

Tidak hanya itu, lanjut Jokowi, hal yang paling penting didapatkan dengan mengekspor barang setengah jadi atau jadi adalah dapat membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. “Yang paling penting membuka lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya, bisa 7.000, kemarin di Konawe 27.000, di Morowali 45.000, ini yang dibutuhkan rakyat. Ini jangan sekali berpikir lagi ekspor bahan mentah, ekspor raw material, ekspor nikel ore. Ndak, ndak ada” tutur Jokowi.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kementan Ajak Petani Maksimalkan Produktivitas Tanaman Cabai

Kementan mengajak petani untuk melakukan pengamatan hama dan penyakit agar produktivitas cabai bisa lebih maksimal.

EKONOMI | 23 Mei 2022

WIR Asia-Surya Semesta Karya Persada Patungan Bentuk JV Metaverse

Cucu WIR Asia, yakni PT Mata Nilai Republik, telah meneken perjanjian pendirian JV dengan PT Surya Semesta Karya Persada pada 18 Mei 2022.

EKONOMI | 23 Mei 2022

Pergerakan IHSG Sepekan, Investor Fokus ke Rapat BI dan the Fed

NH Korindo Sekuritas Indonesia (NHKSI) memproyeksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak mixed sepanjang pekan ini di kisaran 6.750-7.050.

EKONOMI | 23 Mei 2022

Lippo Karawaci Garap Pasar Rumah Tapak untuk Milenial

Melihat besarnya potensi segmen muda dalam mencari properti, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) pun berupaya menyediakan properti sesuai minat pasar.

EKONOMI | 23 Mei 2022

Pagi Ini, Kurs Rupiah Relatif Datar di Kisaran Rp 14.655

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pagi hari ini, Senin (23/5/2022), terpantau melemah tipis ke kisaran Rp 14.655.

EKONOMI | 23 Mei 2022

SRC Bersama Kemendag Dorong Digitalisasi UMKM di Papua

Sampoerna Retail Community (SRC) turut memperkenalkan aplikasi AYO SRC dalam  mendorong pertumbuhan ekonomi melalui digitalisasi bagi UMKM.

EKONOMI | 23 Mei 2022

Ulang Tahun ke-61, Bank BJB Berikan Banyak Promo Produk

Bank BJB memberikan banyak promo yang menarik kepada para nasabah guna menyambut serta merayakan hari ulang tahun ke-61.

EKONOMI | 23 Mei 2022

IHSG Dibuka Menguat 0,45% di Awal Perdagangan Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,45% ke 6.949,5 pada awal perdagangan hari ini, Senin (23/5/2022).

EKONOMI | 23 Mei 2022

Tekanan Jual Mereda, Mayoritas Bursa Asia Dibuka Menguat

Bursa Asia-Pasifik diperdagangkan lebih tinggi pada Senin pagi (23/5/2022) di tengah ketidakpastian ekonomi global yang masih menghantui pasar.

EKONOMI | 23 Mei 2022

Ini Rekomendasi Saham BNI Sekuritas Hari Ini

IHSG berpotensi menguat setelah menembus level resistance 6.888. BNI Sekuritas rekomendasikan saham TLKM, UNVR, INDF dan CARE.

EKONOMI | 23 Mei 2022


TAG POPULER

# Timnas Basket


# SEA Games


# Ganjar Pranowo


# Kapal Drone


# Jokowi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tiongkok Disebut Banyak Penjarakan Etnis Uighurdi Xinjiang

Tiongkok Disebut Banyak Penjarakan Etnis Uighurdi Xinjiang

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings