Logo BeritaSatu

Fokus Tiga Isu, Anggaran Kemenperin untuk Pemulihan Ekonomi

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:07 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengalokasikan anggaran 2022 untuk percepat pemulihan ekonomi dengan tiga fokus utama.

“Terkait pelaksanaan anggaran, kami melihat ada tiga isu yang harus diperhatikan,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perindustrian Dody Widodo yang mewakili Menteri Perindustrian pada acara Kick Off Pelaksanaan Anggaran dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lingkungan Kementerian Perindustrian Tahun 2022, Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Dody menyampaikan, isu pertama adalah partisipasi publik. “Dalam negara demokrasi, tata kelola pemerintahan harus menjadikan partisipasi sebagai bagian tak terpisahkan. Sebab, partisipasi dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja kebijakan dan kepuasan publik,” jelasnya.

Isu kedua adalah akuntabilitas, yang terdiri dari tiga aspek, yaitu tata kelola APBN, organisasi, dan individu. “Pada aspek tata kelola APBN, kami tidak banyak menyimpan kekhawatiran mengingat Kemenperin telah mencetak berbagai prestasi yang membanggakan,” ungkap Dody.

Aspek akuntabilitas selanjutnya adalah organisasi, yang terkait transparansi kinerja Kemenperin baik pada input, proses, output, maupun outcome. “Ini sangat terkait dengan isu ketiga yang ingin kami sampaikan, yaitu isu efektivitas kebijakan,” sebut Dody.

Menurut Sekjen Kemenperin, efektivitas kebijakan harus juga dijadikan sebagai isu sentral dalam pelaksanaan anggaran karena sepatutnya dapat mencegah penggunaan uang negara untuk berbagai program yang tidak memberikan dampak atau manfaat yang memadai. “Aspek terakhir adalah akuntabilitas individu yang berkenaan dengan komitmen dan tanggung jawab individu pegawai terhadap pencapaian hasil,” tandasnya.

Dalam hal ini, pembangunan profesionalitas dan kapasitas di kalangan pegawai perlu diperkuat agar dalam melaksanakan tugas mereka menggunakan prinsip-prinsip keilmuan dan juga pengalaman. “Mulai tahun ini, Kemenperin akan menyelenggarakan Executive Partnership Program, yaitu program pengembangan kapasitas pegawai yang berbasis pada pengalaman di lapangan dan berorientasi pada pemecahan masalah terkait dengan pembangunan industri manufaktur nasional,” paparnya.

Sekjen Kemenperin berharap, di tahun 2022 ini para Kepala Satuan Kerja dapat mempertahankan kinerja dalam penyerapan anggaran dan sekaligus memastikan pencapaian output dan outcome pada setiap program dan kegiatan. “Terkait dengan penyerapan anggaran, kami akan memantau penyerapan anggaran Semester I Tahun 2022 dengan target serapan anggaran sebesar 50% dan proses pengadaan Barang/Jasa selesai pada bulan Juni Tahun 2022,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Jenderal Kemenperin Masrokhan mengemukakan, kegiatan kickoff meeting anggaran ini sangat penting untuk memberikan pesan kepada masing-masing unit kerja maupun satuan kerja di lingkungan Kemenperin dalam menjalankan strategi pelaksanaan kegiatan yang efektif dan efisien. “Sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap pencapaian tujuan pembangunan industri sebagaimana indikator-indikator yang tertuang dalam Renstra Kementerian Perindustrian,” terangnnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sesi I, IHSG Berbalik Melemah 1% ke Kisaran 6.841,7

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berbalik melemah 1,1% ke 6.841,7 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Senin (23/5/2022).

EKONOMI | 23 Mei 2022

Kementan Ajak Petani Maksimalkan Produktivitas Tanaman Cabai

Kementan mengajak petani untuk melakukan pengamatan hama dan penyakit agar produktivitas cabai bisa lebih maksimal.

EKONOMI | 23 Mei 2022

WIR Asia-Surya Semesta Karya Persada Patungan Bentuk JV Metaverse

Cucu WIR Asia, yakni PT Mata Nilai Republik, telah meneken perjanjian pendirian JV dengan PT Surya Semesta Karya Persada pada 18 Mei 2022.

EKONOMI | 23 Mei 2022

Pergerakan IHSG Sepekan, Investor Fokus ke Rapat BI dan the Fed

NH Korindo Sekuritas Indonesia (NHKSI) memproyeksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak mixed sepanjang pekan ini di kisaran 6.750-7.050.

EKONOMI | 23 Mei 2022

Lippo Karawaci Garap Pasar Rumah Tapak untuk Milenial

Melihat besarnya potensi segmen muda dalam mencari properti, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) pun berupaya menyediakan properti sesuai minat pasar.

EKONOMI | 23 Mei 2022

Pagi Ini, Kurs Rupiah Relatif Datar di Kisaran Rp 14.655

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pagi hari ini, Senin (23/5/2022), terpantau melemah tipis ke kisaran Rp 14.655.

EKONOMI | 23 Mei 2022

SRC Bersama Kemendag Dorong Digitalisasi UMKM di Papua

Sampoerna Retail Community (SRC) turut memperkenalkan aplikasi AYO SRC dalam  mendorong pertumbuhan ekonomi melalui digitalisasi bagi UMKM.

EKONOMI | 23 Mei 2022

Ulang Tahun ke-61, Bank BJB Berikan Banyak Promo Produk

Bank BJB memberikan banyak promo yang menarik kepada para nasabah guna menyambut serta merayakan hari ulang tahun ke-61.

EKONOMI | 23 Mei 2022

IHSG Dibuka Menguat 0,45% di Awal Perdagangan Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,45% ke 6.949,5 pada awal perdagangan hari ini, Senin (23/5/2022).

EKONOMI | 23 Mei 2022

Tekanan Jual Mereda, Mayoritas Bursa Asia Dibuka Menguat

Bursa Asia-Pasifik diperdagangkan lebih tinggi pada Senin pagi (23/5/2022) di tengah ketidakpastian ekonomi global yang masih menghantui pasar.

EKONOMI | 23 Mei 2022


TAG POPULER

# Timnas Basket


# SEA Games


# Ganjar Pranowo


# Kapal Drone


# Jokowi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kolonel Pengawal Revolusi Iran Tewas, Agen Israel Ditangkap

Kolonel Pengawal Revolusi Iran Tewas, Agen Israel Ditangkap

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings