Logo BeritaSatu

Bambang Brodjonegoro Dinilai Paling Cocok Pimpin Otorita IKN Nusantara

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:03 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - DPR telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi undang-undang dalam rapat paripurna di gedung DPR di kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022). Dengan begitu, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) bisa segera dilaksanakan.

Hal lainnya yang juga paling ditunggu terkait siapa yang nantinya akan menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara. Sejauh ini ada empat nama yang mengemuka sebagai calon kuat Kepala Otorita IKN.

Keempatnya adalah Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok; mantan Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro; Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Azwar Anas.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyampaikan, kewenangan untuk memilih Kepala Otorita IKN ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bila pemilihan Kepala Otorita tersebut didasarkan pada kepentingan politik, presiden pasti akan memilih sosok yang dekat dengannya.

Namun bila yang didahulukan adalah kepentingan bangsa dan negara, harus dipilih orang yang memang profesional dan paham dengan konsep IKN. Ia menilai Bambang Brodjonegoro sebagai sosok yang sesuai memimpin IKN Nusantara.

"Kalau kita melihat secara objektif, yang pas itu Pak Bambang Brodjonegoro,” kata Ujang Komarudin saat dihubungi Beritasatu.com, Rabu (19/1/2022).

Bukan tanpa alasan, Ujang melihat Bambang Brodjonegoro layak memimpin IKN Nusantara karena pernah menjadi Kepala Bappenas yang juga ikut menyusun konsep pembangunan IKN sejak awal.

"Pak Bambang ini sejak awal ikut menyusun konsep IKN, jadi paham dari awalnya. Kalau yang lain-lain, tentu pendekatannya politis. Tetapi kalau kita lihat siapa yang sejak awal diperintahkan mengurus IKN, ya Pak Bambang,” kata Ujang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menkeu: Subsidi Silang, Tarif Listrik 3.000 VA Akan Naik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 3.000 Volt Ampere (VA) ke atas untuk subsidi silang.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Mastercard dan Ayoconnect Dorong Inklusi Keuangan lewat Open Banking

Melalui jaringan embedded finance Ayoconnect, Mastercard menghadirkan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bupati Dhito Minta Apersi Ikut Kembangkan Kediri Raya

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mendorong Apersi berkontribusi meramaikan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Bandara Kediri.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Selama Periode Ramadan dan Lebaran Tuai Pujian

Tidak ada kekurangan pasokan BBM untuk SPBU-SPBU selama Ramadan serta tidak terjadi antrean signifikan terutama di Pertamina Region Jawa Bagian Barat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi: Tidak Ada yang Boleh Tertinggal

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi menyampaikan pesan, bahwa tidak boleh ada satupun masyarakat Indonesia yang tertinggal dan tersisihkan.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu Beberkan Asumsi Makro dan Pertumbuhan Ekonomi 2023

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan mencapai sekitar 5,3% sampai 5,9%.

EKONOMI | 20 Mei 2022

6.300 Anggota REI Komitmen Dukung Pemulihan Ekonomi

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menegaskan komitmen siap mendukung pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Semua Sektor Hijau, IHSG Menguat 1,75%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,75% ke 6.942,45 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (20/5/2022).

EKONOMI | 20 Mei 2022

Teknologi Blockchain Berperan Penting di Era Industri 4.0

Teknologi blockchain memiliki penerapan yang luas dan peran yang sangat penting khususnya di masa industri 4.0 seperti saat ini.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Ekspor CPO Dibuka, Pemerintah Kembali Terapkan DMO dan DPO Migor

Keran ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dan produk olahannya kembali dibuka mulai Senin (23/5/2022).

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
G-20 EdWG 2022: Kemendikbudristek Ajak Pulihkan Pendidikan

G-20 EdWG 2022: Kemendikbudristek Ajak Pulihkan Pendidikan

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings