Logo BeritaSatu

Obligasi AS Naik ke Level Tertinggi, Bursa Eropa Melemah

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:50 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB

London, Beritasatu.comBursa Eropa melemah pada hari Selasa (18/1/2022) karena investor global tetap memantau arah kebijakan Federal Reserve AS dan dimulainya musim laporan kinerja perusahaan.

Stoxx 600 turun 1,1% di awal perdagangan, dengan saham teknologi turun 1,9%, sementara minyak dan gas naik 0,5% didukung lonjakan harga minyak di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

DAX Jerman turun 1,46%, FTSE Inggris turun 0,9%, CAC Prancis turun 1,27%, dan FTSE MIB Italia turun 1,28%.

Saham perusahaan IT Jerman Bechtle dan perusahaan komputasi awan Swedia Sinch masing-masing turun lebih dari 5% di awal transaksi, sementara di puncak indeks blue chip Eropa, Lundin Energy Swedia naik 2,2%.

Pasar global akhir-akhir ini fokus kepada arah kebijakan the Fed dalam menaikkan suku bunga dan memperketat kebijakan moneter. Sifat bank sentral yang semakin hawkish telah menyebabkan kenaikan imbal hasil obligasi, yang melonjak lagi pada hari Selasa dan mengguncang aset berisiko.

Imbal hasil pada Treasury 10-tahun melonjak 5 basis poin menjadi 1,8305%, tertinggi dalam dua tahun terakhir. Imbal hasil pada obligasi Treasury 30-tahun naik 3 basis poin menjadi 2,1492%. Sementara itu, tingkat 2-tahun mencapai 1% untuk pertama kalinya dalam dua tahun, mencapai 1,0364%.

Kenaikan ini menunjukkan bahwa investor sedang mempersiapkan kemungkinan pengetatan yang lebih agresif oleh Federal Reserve.

Sementara itu, pendapatan perusahaan mulai bergulir untuk kuartal keempat tahun 2021, dengan Goldman Sachs dan PNC Financial di antara nama-nama besar melaporkan di Amerika Serikat pada hari Selasa. Bank of America, UnitedHealth dan Netflix juga akan melaporkan kinerjanya akhir pekan ini.

Indeks berjangka AS sedikit lebih rendah pada awal perdagangan Selasa karena investor bersiap untuk laporan kinerja terbaru, setelah pasar ditutup pada hari Senin untuk liburan Martin Luther King.

Saham di Asia-Pasifik kehilangan momentum pada hari Selasa. Bank of Japan mempertahankan target suku bunga jangka pendeknya di -0,1%, sejalan dengan ekspektasi pasar, dan menaikkan ekspektasi inflasi jangka pendeknya.

Kembali di Eropa, Dewan Urusan Ekonomi dan Keuangan bertemu di Brussels pada hari Selasa. Pertemuan itu terjadi sehari setelah Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez berjanji untuk bekerja sama lebih dekat dalam kebijakan kontinental meskipun ada perbedaan atas pelonggaran aturan fiskal UE.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mastercard dan Ayoconnect Dorong Inklusi Keuangan Lewat Open Banking

Melalui jaringan embedded finance Ayoconnect, Mastercard menghadirkan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bupati Dhito Minta Apersi Ikut Kembangkan Kediri Raya

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mendorong Apersi berkontribusi meramaikan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Bandara Kediri.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Selama Periode Ramadan dan Lebaran Tuai Pujian

Tidak ada kekurangan pasokan BBM untuk SPBU-SPBU selama Ramadan serta tidak terjadi antrean signifikan terutama di Pertamina Region Jawa Bagian Barat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi: Tidak Ada yang Boleh Tertinggal

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi menyampaikan pesan, bahwa tidak boleh ada satupun masyarakat Indonesia yang tertinggal dan tersisihkan.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu Beberkan Asumsi Makro dan Pertumbuhan Ekonomi 2023

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan mencapai sekitar 5,3% sampai 5,9%.

EKONOMI | 20 Mei 2022

6.300 Anggota REI Komitmen Dukung Pemulihan Ekonomi

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menegaskan komitmen siap mendukung pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Semua Sektor Hijau, IHSG Menguat 1,75%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,75% ke 6.942,45 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (20/5/2022).

EKONOMI | 20 Mei 2022

Teknologi Blockchain Berperan Penting di Era Industri 4.0

Teknologi blockchain memiliki penerapan yang luas dan peran yang sangat penting khususnya di masa industri 4.0 seperti saat ini.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Ekspor CPO Dibuka, Pemerintah Kembali Terapkan DMO dan DPO Migor

Keran ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dan produk olahannya kembali dibuka mulai Senin (23/5/2022).

EKONOMI | 20 Mei 2022

Prapenjualan Lippo Cikarang Berimbas Positif pada Lippo Karawaci

Anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), berhasil meraih prapenjualan Rp 330 miliar pada kuartal pertama tahun 2022.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sekretaris KONI Kabupaten Bogor Diperiksa Terkait Ade Yasin

Sekretaris KONI Kabupaten Bogor Diperiksa Terkait Ade Yasin

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings