Logo BeritaSatu

Andi Kristianto Diangkat Jadi CEO Telkomsel Ekosistem Digital

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:06 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), mengangkat Andi Kristianto sebagai Chief Executive Officer (CEO) PT Telkomsel Ekosistem Digital.

PT Telkomsel Ekosistem Digital merupakan anak usaha yang baru saja dibentuk Telkomsel. Perusahaan anyar ini akan difokuskan untuk memperkuat ekonomi digital di Indonesia.

Sebelum ditetapkan sebagai CEO PT Telkomsel Ekosistem Digital, Andi Kristianto pernah menjabat sebagai CEO Telkomsel Mitra Inovasi yang merupakan anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang permodalan ventura.

Sebagai orang nomor satu di PT Telkomsel Ekosistem Digital, Andi menyampaikan bahwa PT Telkoms Ekosistem Digital akan mengoptimalkan keunggulan aset dan kapabilitas ekosistem Telkomsel untuk mengeksplorasi berbagai potensi sehingga mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital nasional dan menjadikan Indonesia sebagai digital powerhouse di Asia Tenggara.

Pada tahap pengembangan pertama, PT Telkomsel Ekosistem Digital akan fokus pada tiga sektor industri digital yaitu edu-tech, health-tech, dan gaming. "Ketiga lini bisnis ini dinilai berpotensi besar untuk mendorong perekonomian digital nasional dan akan menjadi bagian dari emerging portofolio bisnis digital Telkomsel yang ke depannya berpotensi untuk scale-up," ujar Andi dalam keterangan resminya, Selasa (18/1/2022).

Dalam waktu dekat ini, Telkomsel berencana melakukan pemekaran usaha melalui pemisahan keseluruhan bisnis aplikasi Kuncie dan Fita untuk dialihkan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital, guna memperkuat penetrasi bisnis vertikal, masing-masing di sektor edu-tech dan health-tech.

Sedangkan sektor gaming, Telkomsel telah mengalihkan kontrak usaha patungan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital untuk mendirikan perusahaan Joint Venture (JV) yang fokus bisnisnya sebagai perusahaan penerbit (publisher) gaming untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas di vertikal bisnis Telkomsel di industri games.

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulia Syam menuturkan bahwa Indonesia kini menjadi salah satu negara dengan penetrasi ekonomi digital yang terus tumbuh positif di setiap tahunnya, di mana transaksi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai USD 124 miliar pada 2025.

Hasil studi Google, Temasek, dan Bain & Co., menunjukkan sekitar 41,9% dari total transaksi ekonomi digital Asia Tenggara disumbang dari Indonesia. Nilai ekonomi digital nasional pada 2020 lalu mencapai 44 Miliar USD, tumbuh 11% dibandingkan 2019 dan berkontribusi 9,5% terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Data ini sejalan dengan pertumbuhan pengguna layanan data Telkomsel selama tiga tahun terakhir.

Tercatat, hingga kuartal III-2021, Telkomsel membukukan pertumbuhan pendapatan dari bisnis digital sebesar 6% (YoY), dan berkontribusi pada pendapatan perusahaan yang kini telah mencapai lebih dari 77,5% dari total pendapatan perusahaan.

Dengan gaya hidup digital masyarakat yang terus berkembang pesat, kata Hendri, pihaknya melihat adanya potensi besar dalam pertumbuhan platform dan layanan digital untuk dapat dioptimalkan melalui pemanfaatan teknologi tepat guna demi kemajuan bangsa.

"Kami berharap, PT Telkomsel Ekosistem Digital dapat menjalankan perannya memperkuat Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler, melalui optimalisasi kapabilitas ekosistem layanan digital yang dimiliki untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi salah satu negara ekonomi digital terbesar di dunia,” tutup Hendri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

13 Lembaga Komitmen Dukung Revitalisasi Pendidikan Vokasi

13 lembaga dari unsur pemerintah, swasta, perbankan dan akademisi menandatangani komitmen bersama untuk mendukung revitalisasi program pendidikan vokasi.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Bank Jatim Serahkan Gerai Rumah Inkubasi UMKM di Kediri

Bank Jatim menyerahkan bantuan CSR berupa pembangunan Gerai Rumah Inkubasi (Garasi) Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM).

EKONOMI | 22 Mei 2022

Kolaborasi Mutlak Diperlukan Bagi Penguatan Sektor Pertanian

Sektor pertanian tetap tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19, dan menjadi salah satu penyumbang tertinggi terhadap perekonomian nasional.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Laba Naik 99%, Sekar Laut Bagikan Dividen Rp 29,841 Miliar

PT Sekar Laut Tbk (SKLT) akan membagikan dividen sebesar Rp 29,841 miliar atau Rp 48 per saham.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Kuartal I Premi Asuransi Bina Dana Arta Tumbuh 8,47%

PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk (ABDA) membukukan premi bruto sebesar Rp 190,52 miliar pada kuartal I 2022.

EKONOMI | 22 Mei 2022

IHSG Diproyeksikan Lanjutkan Penguatan Pekan Depan

Analis memprediksi bahwa IHSG pada pekan depan akan melanjutkan penguatan dengan mencapai level 7.000.

EKONOMI | 22 Mei 2022

SMF Targetkan Penyaluran Pinjaman Rp 12,41 Triliun

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menargetkan pinjaman yang diberikan pada tahun 2022 mencapai Rp 12,41 triliun.

EKONOMI | 22 Mei 2022

G-20 Empower, 4 Menteri Dukung Pengembangan UMKM Perempuan

Peningkatan kemampuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan penerapan kesetaraan gender mendapatkan dukungan dari empat kementerian.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Fashion Muslim Wajib Punya Sertifikat Halal Maksimal 2026

Pelaku industri halal diingatkan untuk melengkapi produknya dengan sertifikasi halal, termasuk fashion muslim.

EKONOMI | 22 Mei 2022

BCA Bagikan 1.000 Buku untuk Nasabah di Jabodetabek

Menyambut Hari Buku Nasional, BCA turut serta membagikan 1.000 buku kepada nasabah di Jabodetabek.

EKONOMI | 22 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

BOLA | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings