Logo BeritaSatu

Jokowi Minta Perguruan Tinggi Fasilitasi Mahasiswa Kuasai Ekonomi Digital

Senin, 17 Januari 2022 | 17:06 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini mahasiswa sebagai sumber daya manusia (SDM) yang unggul akan membawa Indonesia mampu bersaing dalam hal ekonomi digital.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta perguruan tinggi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar dari program pendidikan yang ditetapkan oleh universitas.

"Berikan mahasiswa kesempatan untuk belajar kepada siapa saja, di mana saja. Belajar kepada dunia industri silakan, belajar kepada dunia perbankan silakan,” kata Presiden Jokowi pada acara Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) di Bandung, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan, Indonesia memiliki potensi besar di sektor ekonomi digital. Pasar digital Indonesia bahkan tumbuh pesat jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Kepala negara memprediksi, pada tahun 2025, pasar digital Indonesia dapat meningkat sampai di angka US$ 146 miliar.

"Kita prediksi di 2025, pasar digital kita akan meningkat sampai di angka US$ 146 miliar. Ini artinya potensinya Rp 2.100 triliun. Ini bagian yang muda-muda untuk ngerjain ini, jangan diambil oleh negara-negara lain,” terang Jokowi.

"Indonesia memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi digital di Asia Tenggara. Kita berkontribusi 40% ekonomi digital kita di Asia Tenggara," tambahnya.

Pemerintah, kata Presiden Jokowi, terus melakukan pembangunan infrastruktur guna mendukung transformasi digital di tanah air. Pada tahun 2021, pemerintah telah memulai proses konstruksi satelit multifungsi, Satelit Republik Indonesia (Satria-I). Selain itu, pembangunan stasiun pemancar juga telah mulai dilakukan di ribuan desa dan kelurahan guna mendukung akses jaringan 4G.

"Farming dan refarming spektrum frekuensi radio yang telah dilakukan untuk optimalisasi kualitas layanan jaringan 4G dan pengembangan jaringan 5G dan untuk menjalankan program analog switch off,” jelas Jokowi.

Selain transformasi ekonomi digital, Presiden mengatakan Indonesia memiliki modal besar untuk bertransformasi menuju ekonomi hijau dengan hasil produk hijau yang memiliki nilai tambah tinggi.

"Potensi energi baru terbarukan kita 418 gigawatt berarti 418.000 megawatt, gede sekali. Kita memiliki sungai, ada 4.400 sungai yang kita miliki, ini bisa jadi hydropower. Kita memiliki arus bawah laut, dua pertiga kita adalah laut. Kita memiliki geothermal 29.000 megawatt kita miliki, baru dipakai 2.000, artinya masih ada 27.000 megawatt. Kita memiliki angin yang sudah kita coba di Jeneponto, di Sidrap, di Sulawesi, di Sukabumi,” paparnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan, pembangunan kawasan industri hijau di Provinsi Kalimantan Utara juga masih terus berlangsung. Kepala negara meyakini, keberhasilan pembangunan kawasan ini nantinya akan menjadi gerbang baru bagi Indonesia menjadi negara industri besar yang patut diperhitungkan dunia.

"Akan menjadi pintu gerbangnya di situ, kawasan industri hijau di Kalimantan Utara. Semoga ini dalam waktu 4, 5 tahun itu sudah bisa diselesaikan untuk yang tahapan pertama,” tandas Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

13 Lembaga Komitmen Dukung Revitalisasi Pendidikan Vokasi

13 lembaga dari unsur pemerintah, swasta, perbankan dan akademisi menandatangani komitmen bersama untuk mendukung revitalisasi program pendidikan vokasi.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Bank Jatim Serahkan Gerai Rumah Inkubasi UMKM di Kediri

Bank Jatim menyerahkan bantuan CSR berupa pembangunan Gerai Rumah Inkubasi (Garasi) Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM).

EKONOMI | 22 Mei 2022

Kolaborasi Mutlak Diperlukan Bagi Penguatan Sektor Pertanian

Sektor pertanian tetap tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19, dan menjadi salah satu penyumbang tertinggi terhadap perekonomian nasional.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Laba Naik 99%, Sekar Laut Bagikan Dividen Rp 29,841 Miliar

PT Sekar Laut Tbk (SKLT) akan membagikan dividen sebesar Rp 29,841 miliar atau Rp 48 per saham.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Kuartal I Premi Asuransi Bina Dana Arta Tumbuh 8,47%

PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk (ABDA) membukukan premi bruto sebesar Rp 190,52 miliar pada kuartal I 2022.

EKONOMI | 22 Mei 2022

IHSG Diproyeksikan Lanjutkan Penguatan Pekan Depan

Analis memprediksi bahwa IHSG pada pekan depan akan melanjutkan penguatan dengan mencapai level 7.000.

EKONOMI | 22 Mei 2022

SMF Targetkan Penyaluran Pinjaman Rp 12,41 Triliun

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menargetkan pinjaman yang diberikan pada tahun 2022 mencapai Rp 12,41 triliun.

EKONOMI | 22 Mei 2022

G-20 Empower, 4 Menteri Dukung Pengembangan UMKM Perempuan

Peningkatan kemampuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan penerapan kesetaraan gender mendapatkan dukungan dari empat kementerian.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Fashion Muslim Wajib Punya Sertifikat Halal Maksimal 2026

Pelaku industri halal diingatkan untuk melengkapi produknya dengan sertifikasi halal, termasuk fashion muslim.

EKONOMI | 22 Mei 2022

BCA Bagikan 1.000 Buku untuk Nasabah di Jabodetabek

Menyambut Hari Buku Nasional, BCA turut serta membagikan 1.000 buku kepada nasabah di Jabodetabek.

EKONOMI | 22 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

BOLA | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings