Logo BeritaSatu

2.628 BUM Desa dan 40 BUM Desa Bersama Sudah Dapat Nomor Badan Hukum

Jumat, 14 Januari 2022 | 16:18 WIB
Oleh : Herman / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Tahun 2020-2021 dikenang sebagai tahun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), ketika Undang-Undang Cipta Kerja melegalkan BUMDes sebagai badan hukum. Hingga saat ini, jumlah BUMDes yang terbentuk 57.266 BUMDes, meningkat dari tahun 2020 yang berjumlah 51.134 BUM Desa.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan, revitaliasi BUMDes akan terus dilakukan.

Melalui Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 3/2021, Kemendesa PDTT akan selalu melayani pendaftaran bagi BUMDes untuk menjadi badan hukum. Selain itu, dilakukan pendataan jenis usaha, omzet, nilai asset serta kondisi obyektif BUMDes melalui Sistem Informasi Desa (SID) untuk memastikan BUMDes sehat secara ekonomi.

“Pendaftaran badan hukum publik dilayani Kementerian Desa PDTT, sementara nomor badan hukum dikeluarkan Kemenkumham, tentunya akan kami koordinasikan dengan kementerian terkait.

Sampai 12 Januari 2022, sebanyak 2.628 BUMDes dan 40 BUMDes Bersama telah sah mendapatkan nomor badan hukum,” kata Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jumat (14/1/2022).

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini juga terus mendorong berbagai inovasi dan kreasi bagi pengembangan BUMDes. Saat ini sudah proses finalisasi BUMDes Ekspo yang dirancang secara online dan offline.

Secara online, BUMDes Ekspo akan dirancang dalam bentuk aplikasi yang menjadi pasar bagi produk jasa dan barang dari BUMDes. Secara offline akan dibangun pusat produk jasa dan barang produksi BUMDes.

“Kita juga mendorong adanya skema ekonomi yang memungkinkan penyertaan modal baik dari publik maupun dari desa untuk menuntaskan masalah permodalan dari BUMDes,” katanya.

Gus Halim juga mengingatkan bahwa BUM Desa dan BUMDes Bersama adalah lembaga sosial dan komersial yang harus berperan dalam kegiatan ekonomi desa yang bermanfaat. Sehingga orientasinya harus pada usaha yang belum ada dan dibutuhkan masyarakat desa.

“Seperti pesan Bapak Presiden, keberadaan BUM Desa jangan sampai mematikan usaha masyarakat yang sudah ada, dan harus mengkonsolidasikan perekonomian masyarakat. Cita-cita saya BUMDes power full, siap bekerja sama bisnis dengan lembaga apapun, dapat dengan mudah mengakses permodalan, bertindak sebagai investment maupun operating company, dapat bertindak sebagai pintu perdagangan produk desa dengan dunia internasional. Inilah jalan bagi BUMDes, menjelma menjadi rakasasa bisnis desa," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekspor CPO Dibuka, Gapki: Perdagangan Sawit Bergairah

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyambut baik kebijakan dibukanya kembali keran ekspor CPO (crude palm oil) oleh pemerintah.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Ini Perusahaan Idaman Karyawan, Yuk Cek Parameternya

Di era disrupsi tekonologi dan pandemi Covid-19, menjadi perusahaan idaman (employer of choice) merupakan impian banyak usaha.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Teten: Klinik UMKM Dukung Pencapaian 30 Juta UMKM Go Digital

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkolaborasi dengan Grab menggelar roadshow "Klinik UMKM" di berbagai daerah.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu: Subsidi Silang, Tarif Listrik 3.000 VA Akan Naik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 3.000 Volt Ampere (VA) ke atas untuk subsidi silang.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Mastercard dan Ayoconnect Dorong Inklusi Keuangan lewat Open Banking

Melalui jaringan embedded finance Ayoconnect, Mastercard menghadirkan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bupati Dhito Minta Apersi Ikut Kembangkan Kediri Raya

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mendorong Apersi berkontribusi meramaikan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Bandara Kediri.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Selama Periode Ramadan dan Lebaran Tuai Pujian

Tidak ada kekurangan pasokan BBM untuk SPBU-SPBU selama Ramadan serta tidak terjadi antrean signifikan terutama di Pertamina Region Jawa Bagian Barat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi: Tidak Ada yang Boleh Tertinggal

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi menyampaikan pesan, bahwa tidak boleh ada satupun masyarakat Indonesia yang tertinggal dan tersisihkan.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu Beberkan Asumsi Makro dan Pertumbuhan Ekonomi 2023

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan mencapai sekitar 5,3% sampai 5,9%.

EKONOMI | 20 Mei 2022

6.300 Anggota REI Komitmen Dukung Pemulihan Ekonomi

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menegaskan komitmen siap mendukung pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
6 Tahun Jadi Tersangka, Eks Dirjen Hortikultura Kementan Ditahan KPK

6 Tahun Jadi Tersangka, Eks Dirjen Hortikultura Kementan Ditahan KPK

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings