Logo BeritaSatu

Wamen ATR/BPN: Reforma Agraria Bukan Sekadar Bagi-bagi Tanah

Senin, 10 Januari 2022 | 19:00 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Surya Tjandra menegaskan, program reforma agraria yang saat ini dijalankan pemerintah bukan sekedar program bagi-bagi tanah. Lebih dari itu, di dalamnya juga ada program-program pemberdayaan yang melibatkan lintas sektor.

Reforma Agraria sendiri merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk mengurangi ketimpangan dalam kepemilikan, penguasaan, penggunaan dan pemanfaatan tanah.

“Salah satu yang konkret dari reforma agraria memang bagi-bagi tanah. Kan rakyat butuhnya tanah, kan masalahnya ada di situ, ada ketimpangan akses dan kepemilikan terhadap tanah. Tetapi memang tidak selesai di situ. Kalau tanah sudah diberikan, apakah memang terjadi peningkatan kesejahteraan,” kata Surya Tjandra dalam diskusi virtual Kopi Pahit bertajuk “Jokowi Bongkar Ketimpangan SDA, Apa Selanjutnya?”, Senin (10/1/2021).

Surya mengungkapkan, dalam reforma agraria ini, target yang diberikan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kepada Kementerian ATR/BPN adalah apakah setelah pemberian hak atas tanah, terjadi peningkatan pendapatan sedikitnya 25%.

"Ini yang dinilai, yang diperiksa, key performance indicators (KPI) kami seperti itu. Karena itu, tidak cukup hanya dengan legalisasi aset, memberikan hak, tetapi setelah ada legalisasi aset, terjadilah pemberdayaan,” jelas Surya.

Tantangannya, program pemberdayaan ini ada di berbagai kementerian. Bila penerima hak atas tanah tersebut adalah petani, kewenangannya ada di Kementerian Pertanian (Kementan). Bila penerimanya adalah pelaku koperasi, wewenangnya ada di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM). Kewenangannya juga ada di kementerian lain hingga pemerintah daerah.

"Pemberdayaan itu ada di berbagai kementerian. Ini juga menimbulkan tantangan tersendiri. Makanya kalau di banyak negara, Reforma Agraria yang memimpin langsung adalah presiden. Di sini, memang punya tantangan karena yang diberi tugas level meteri, walaupun itu level menteri koordinator, tetap dia harus berkoordinasi yang efektif,” jelas Surya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jababeka Wujudkan Green Industrial Estate Lewat Cara Ini

PT Jababeka Tbk (KIJA) berkomitmen mewujudkan green industrial estate dengan menggelar program kolaborasi pelestarian lingkungan.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Ini 5 Urgensi Pentingnya Beralih dari TV Analog ke Digital

Dengan beralih ke TV digital, masyarakat akan mendapatkan siaran yang lebih bagus, lebih bersih gambarnya dan lebih jernih suaranya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Sandiaga Ingatkan Konsep Tiga G dan Empat As, Apa Itu?

Sandiaga menyampaikan, dalam menjalankan setiap usaha, UMKM harus menjalankan konsep "Tiga G".

EKONOMI | 3 Juli 2022

79 Produsen Dukung Program Minyak Goreng Curah Rakyat

Kemenperin mencatat hingga 1 Juli 2022, ada 130 perusahaan mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jualan Alat Berat Moncer, Laba Hexindo Melesat di Atas 100%

PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) kuartal I 2022 mencatat laba bersih tahun berjalan US$ 55,08 juta atau melesat d iatas 100%.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Spanyol Siap Bantu Proyek Transportasi Indonesia, Apa Saja?

Spanyol menawarkan bantuan beberapa proyek-proyek yang bisa dibangun di Indonesia khususnya terkait transportasi.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Rambah Dubai, Bank Syariah Indonesia Raih Penghargaan

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) meraih penghargaan Progressive International Market Expansion setelah berhasil membuka kantor cabang di Dubai.

EKONOMI | 3 Juli 2022

PMI Manufaktur RI Melambat, Pemerintah Jaga Pemulihan Ekonomi

PMI Manufaktur di bulan Juni masih berada pada zona ekspansif di level 50,2. Sebelumnya pada Mei 2022, PMI Manufaktur berada di level 50,8.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Anak

Lifepal.co.id membagikan tips memilih asuransi kesehatan anak supaya orang tua dapat merasa lebih tenang jika telah memiliki proteksi untuk buah hatinya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Mentan Syahrul Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Cabai

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, gejolak harga cabai yang terjadi belakangan ini dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama.

EKONOMI | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keguguran, Annisa Pohan Meminta Diberikan Kekuatan

Keguguran, Annisa Pohan Meminta Diberikan Kekuatan

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings