Logo BeritaSatu

Gandeng Mitratel, Alita Dukung Operator Gelar 5G

Senin, 27 Desember 2021 | 20:14 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Emiten menara telekomunikasi, PT Dayamitra Telekomunikasi, Tbk (Mitratel) dan perusahaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) PT Alita Praya Mitra (Alita) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) pembangunan dan penyewaaan 6.000 kilometer jaringan serat optik secara nasional, hari ini.

Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya mengatakan, perjanjian kerja sama ini merupakan bentuk kolaborasi dalam mewujudkan sinergi antara kedua perusahaan untuk meningkatkan penetrasi fiberisasi di Indonesia. “Layanan serat optik ini akan mendukung dan meningkatkan kualitas serta kuantitas implementasi internet baik mobile broadband melalui BTS 4G dan 5G, maupun fixed broadband FTTx,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya.

Lingkup kerja sama berupa pembangunan dan pemasaran terhadap 6.000 kilometer jaringan serat optik khususnya di Sulawesi, Sumatera, dan Jawa yang akan dibangun serta dioperasikan oleh Mitratel dan dikerjasamakan bersama Alita.

Dengan kerja sama ini diharapkan memperkuat jaringan serat optik untuk mendukung fiberisasi gelaran 5G secara lebih masif dan penguatan 4G yang dilakukan operator seluler guna meningkatkan kualitas layanan mobile broadband hingga mencapai kecepatan di atas 1 Gbps disisi penggunanya.

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko dalam sambutannya pada acara penandatanganan PKS ini menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan aksi organik sesuai rencana perseroan untuk memperkuat infrastruktur digital ecosystem di Indonesia.

“Pembangunan jaringan serat optik sepanjang 6.000 kilometer di lima provinsi akan mendukung fiberisasi sekitar 1.500 tower. Hal ini selaras dengan rencana dan program perseroan dalam mendukung implementasi teknologi 5G di Indonesia dan Digital Ecosystem di antaranya IoT (internet of things), small cell, dan edge computing,” kata Theodorus Ardi Hartoko.

Selain melalui aksi organik pembangunan jaringan serat optik, perseroan telah melakukan kerja sama sewa jaringan serat optik milik PT Telkom Indonesia. Diharapkan, dengan adanya portofolio serat optik di Mitratel dapat mendukung operator telekomunikasi memaksimalkan kapasitas yang diperlukan guna mewujudkan transformasi digital di Indonesia.

Merujuk informasi yang disampaikan di prospektus Mitratel, sejumlah 11.851 tower Mitratel (51%) telah tersambung dengan jaringan serat optik, artinya dengan adanya pembangunan 6.000 kilometer tambahan jaringan baru ini akan semakin mempercepat pemenuhan kebutuhan para operator telekomunikasi untuk mengimplementasikan 5G di Indonesia.

Sementara saat ini Alita telah memiliki lebih dari 8.000 kilometer jaringan serat optik di berbagai wilayah Indonesia dan mendukung operator seluler dalam melakukan gelaran 5G di beberapa kota di Indonesia. Adapun layanan serat optik yang diberikan Alita merupakan solusi menyeluruh melingkupi dan tidak terbatas pada penyediaan layanan fiber access network (FTTx), manage service, active network, smart pole, dan site access termination.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

13 Lembaga Komitmen Dukung Revitalisasi Pendidikan Vokasi

13 lembaga dari unsur pemerintah, swasta, perbankan dan akademisi menandatangani komitmen bersama untuk mendukung revitalisasi program pendidikan vokasi.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Bank Jatim Serahkan Gerai Rumah Inkubasi UMKM di Kediri

Bank Jatim menyerahkan bantuan CSR berupa pembangunan Gerai Rumah Inkubasi (Garasi) Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM).

EKONOMI | 22 Mei 2022

Kolaborasi Mutlak Diperlukan Bagi Penguatan Sektor Pertanian

Sektor pertanian tetap tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19, dan menjadi salah satu penyumbang tertinggi terhadap perekonomian nasional.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Laba Naik 99%, Sekar Laut Bagikan Dividen Rp 29,841 Miliar

PT Sekar Laut Tbk (SKLT) akan membagikan dividen sebesar Rp 29,841 miliar atau Rp 48 per saham.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Kuartal I Premi Asuransi Bina Dana Arta Tumbuh 8,47%

PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk (ABDA) membukukan premi bruto sebesar Rp 190,52 miliar pada kuartal I 2022.

EKONOMI | 22 Mei 2022

IHSG Diproyeksikan Lanjutkan Penguatan Pekan Depan

Analis memprediksi bahwa IHSG pada pekan depan akan melanjutkan penguatan dengan mencapai level 7.000.

EKONOMI | 22 Mei 2022

SMF Targetkan Penyaluran Pinjaman Rp 12,41 Triliun

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menargetkan pinjaman yang diberikan pada tahun 2022 mencapai Rp 12,41 triliun.

EKONOMI | 22 Mei 2022

G-20 Empower, 4 Menteri Dukung Pengembangan UMKM Perempuan

Peningkatan kemampuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan penerapan kesetaraan gender mendapatkan dukungan dari empat kementerian.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Fashion Muslim Wajib Punya Sertifikat Halal Maksimal 2026

Pelaku industri halal diingatkan untuk melengkapi produknya dengan sertifikasi halal, termasuk fashion muslim.

EKONOMI | 22 Mei 2022

BCA Bagikan 1.000 Buku untuk Nasabah di Jabodetabek

Menyambut Hari Buku Nasional, BCA turut serta membagikan 1.000 buku kepada nasabah di Jabodetabek.

EKONOMI | 22 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

BOLA | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings