Logo BeritaSatu
Hasil Kajian FEB-UI

Investasi di Luar Jawa Berdampak Lebih Besar pada Ekonomi

Senin, 27 Desember 2021 | 17:39 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Berdasarkan kajian Dampak Realisasi Investasi Terhadap Perekonomian yang dilakukan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI), dampak realisasi investasi sangat tergantung pada wilayah investasi.

"Untuk investasi di Jawa, ini hanya berdampak besar di Jawa. Sedangkan bila investasi tersebut berada di luar Jawa, dampaknya bisa lebih luas, tidak hanya di luar Jawa tapi juga di Jawa," ungkap Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Teguh Dartanto dalam pemaparan Dampak Realisasi Investasi Terhadap Perekonomian, Senin (27/12/2021).

Sampai dengan triwulan III 2021, kinerja realisasi investasi Indonesia tercatat mencapai Rp 659,47 triliun atau 73,3% dari target Rp 900 triliun. Dari jumlah tersebut, realisasi investasi di Pulau Jawa sebesar Rp 318,7 triliun dan di luar Pulau Jawa sebesar Rp 340,7 triliun.

"Kalau investasi ditaruh di Jawa, yang dapat manfaat ekonomi itu Jawa saja karena rantai pasoknya sudah terjadi. Tetapi kalau investasi ditaruh di luar Jawa, nantinya yang di Jawa pun kebagian. Jadi dampaknya lebih besar karena Jawa juga bisa mendukung barang-barang dari Jawa ke sana. Tetapi kalau ditaruh ke Jawa, semuanya sudah ada di Jawa," jelas Teguh.

Berdasarkan hasil kajian tersebut, secara keseluruhan dampak ekonomi dari investasi hingga kuartal III 2021 mencapai Rp 1.096,31 triliun. Angka ini terdiri dari dampak initial atau realisasi investasi yang diumumkan BKPM sebesar Rp 659,74 triliun, ditambah dengan dampak langsung Rp 279,83 triliun dan dampak tidak langsung Rp 157,02 triliun akibat tambahan aktivitas ekonomi yang terbentuk. Sedangkan dampak investasi terhadap penciptaan lapangan kerja diperkirakan mencapai 1,7 juta tenaga kerja.

Dikatakan teguh, selama ini analisa dampak investasi terhadap ekonomi sangat underestimate karena belum mencakup keseluruhan dampak, yaitu dampak initial, dampak langsung dan dampak tidak langsung.

"Kalau kita lihat, dari realisasi investasi Rp 659,47 triliun, ada tambahan langsung dari aktivitas ekonomi yang ter-generate Rp 279,83 triliun, sedangkan dampak yang tidak langsung seperti warung makan dan kegiatan yang lain ada Rp 157,02 triliun, sehingga totalnya dalam perekonomian itu ada Rp 1.096,31 triliun karena ada tambahan Rp 400-an triliun dari aktivitas perekonomian," kata Teguh.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wamendag: Bangga Buatan Indonesia Jangan Hanya Jadi Slogan

Wamendag Jerry Sambuaga menegaskan, Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) hendaknya tidak sekedar menjadi slogan, tetapi harus diterapkan dalam keseharian.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bank BTN Siap Dukung REI Wujudkan Perumahan Berkualitas

Bank BTN siap bersinergi dan mendukung REI dalam penyediaan proyek perumahan yang berkualitas di seluruh Indonesia.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bank Jago dan Carsome Indonesia Jalin Kerja Sama Pembiayaan

Sebagai tahap awal kolaborasi, Bank Jago akan menyalurkan kredit modal kerja kepada Carsome Indonesia.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Konsultan Hukum IPO Bukalapak Berjaya di Ajang Bergengsi Profesi Hukum

Tim konsultan hukum Bukalapak.com diumumkan sebagai pemenang kategori Kantor Hukum dengan Nilai Emisi IPO Global Terbanyak 2021.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Hadapi Tantangan Global, Jokowi: Utamakan Produk Lokal

"Salah satu strategi kita adalah membelanjakan uang kita, baik APBN, swasta maupun masyarakat untuk membeli produk lokal dalam negeri,” kata Jokowi.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Puan Harap RAPBN 2023 Tetap Berpijak pada Rakyat Kecil

Ketua DPR Puan Maharani menyambut baik kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM-PPKF) RAPBN Tahun Anggaran 2023.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Ekspor CPO Dibuka, Gapki: Perdagangan Sawit Bergairah

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyambut baik kebijakan dibukanya kembali keran ekspor CPO (crude palm oil) oleh pemerintah.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Ini Perusahaan Idaman Karyawan, Yuk Cek Parameternya

Di era disrupsi tekonologi dan pandemi Covid-19, menjadi perusahaan idaman (employer of choice) merupakan impian banyak usaha.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Teten: Klinik UMKM Dukung Pencapaian 30 Juta UMKM Go Digital

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkolaborasi dengan Grab menggelar roadshow "Klinik UMKM" di berbagai daerah.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu: Subsidi Silang, Tarif Listrik 3.000 VA Akan Naik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 3.000 Volt Ampere (VA) ke atas untuk subsidi silang.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings