Logo BeritaSatu

Carton Box Dorong Laba Satyamitra Kemas Naik 268,3%

Minggu, 28 November 2021 | 09:03 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL) emiten manufaktur kemasan berbahan dasar kertas hingga kuartal III tahun 2021 membukukan laba bersih Rp 72,1 miliar, naik 268,3% year on year (YoY), dari Rp 19,6 miliar di tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut didukung kenaikan penjualan 22% YoY mencapai Rp 1,53 triliun dan penurunan beban keuangan menjadi Rp 43,9 miliar dari Rp 51,5 miliar.

Direktur Utama PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk Ang Kinardo menuturkan, kontribusi penjualan emiten yang bergerak di bidang kemasan berbahan dasar karton atau kertas cokelat tersebut berasal dari segmen carton box yang mencapai Rp 872,6 miliar, offset printing Rp 355 miliar, pre-print Rp 232,8 miliar, dan rigid box senilai Rp 73,9 miliar. “Kontribusi penjualan terbesar SMKL berasal dari segmen carton box yang naik 23,1% YoY dan offset printing yang meningkat 22,3% YoY dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu,” sebutnya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (28/11/2021).

Guna mendorong kenaikan penjualan ke depannya, perseroan akan membangun pabrik baru di Jawa Tengah agar lebih dekat dengan pelanggan dan dapat mendistribusikan dengan lebih cepat ke pelanggan. Berdasarkan arsip Investor Daily, perseroan berencana membangun pabrik produksi terbaru dengan kapasitas sebesar 150.000 ton per tahun, di atas lahan seluas 8-15 hektare yang berlokasi di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

Untuk memuluskan rencana ini, Satyamitra Kemas Lestari akan mengeluarkan dana investasi dari belanja modal (capital expenditure/capex) sebanyak Rp 1 triliun. Rencana pembangunan sebelumnya ditargetkan mulai pada tahun ini. Namun, adanya pandemi membuat perseroan memundurkan jadwal pembangunan hingga tahun 2022 mendatang. Pabrik ini diharapkan dapat beroperasi secara bertahap pada tahun 2023.

Adapun, hingga akhir tahun 2021 nanti, Satyamitra Kemas Lestari optimistis mencatatkan penjualan hingga Rp 2,1 triliun. Perseroan yakin, pulihnya perekonomian dan juga industri dapat menjadi motor untuk pertumbuhan penjualan serta laba bersih. “Sebab itu, perseroan optimistis dapat membukukan penjualan pada akhir tahun 2021 nanti, pada kisaran Rp 2-2,1 triliun. Laba bersih yang diperoleh juga diproyeksikan berkisar Rp 80- Rp 90 miliar, naik signifikan dari Rp 40 miliar di tahun 2020 lalu,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

OPEC+ Akan Kurangi Produksi Minyak 1 Juta Bph, Ini Alasannya

OPEC+ akan mempertimbangkan pengurangan produksi minyak lebih 1 juta barel per hari (bph) minggu depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Fokus Aspek Lingkungan, NavaPark Raih Sertifikasi "Hijau"

NavaPark BSD City, mixed-use residential pertama di Indonesia meraih sertifikasi Greenship Neighborhood dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Sejumlah perusahaan reasuransi dikabarkan mulai kesulitan membayar klaim imbas praktik tidak sehat dari bisnis asuransi kredit.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Digitalisasi Warung Berpeluang Tingkatkan Pendapatan 100%

Flourish Ventures merilis studi soal pentingnya toko kelontong di Indonesia (warung), sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MU Dibantai Man City, Erik ten Hag Sebut Timnya Kurang <em>Pede</em>

MU Dibantai Man City, Erik ten Hag Sebut Timnya Kurang Pede

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings