Logo BeritaSatu

Hipmi Jatim Pasarkan Produk Unggulan UMKM di Dubai Expo 2020

Sabtu, 6 November 2021 | 15:56 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - Pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Timur memasarkan berbagai produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Timur di ajang pameran Dubai Expo 2020.

Ketua Hipmi Jatim, Rois S Maming mengungkapkan dalam lawatan ke Dubai, Uni Emirat Arab sekaligus mengunjungi Dubai Expo, Presiden Joko Widodo mengajak para pengusaha muda yang tergabung dalam Hipmi dan Hipmi Jatim termasuk dalam rombongan itu.

"Ini momentum yang luar biasa. Pengusaha muda diajak ke Dubai Expo, ajang promosi terbesar di dunia. Kita memanfaatkan kunjungan ke Dubai untuk mempromosikan UMKM Jatim. Apalagi Dubai adalah hub internasional, tersambung ke banyak negara, sehingga ini kami optimalkan untuk membawa nama UMKM Jatim,” kata Rois, Sabtu (6/11/2021).

Sejumlah produk dibawa delegasi Hipmi Jatim. Di antaranya minyak esensial, kopi, cengkeh, pala, kemiri, rumput laut, parfum, dan kosmetik.

"Semoga ini menjadi pintu masuk untuk memperkuat ekspor UMKM Jatim ke berbagai negara. Kami optimistis UMKM bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi yang luar biasa,” jelas Rois.

Dalam lawatan ke Dubai, delegasi Hipmi Jatim juga diterima oleh Direktur Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Dubai Muhammad Khomaini dan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi.

Rois mengatakan, Hipmi Jatim akan semakin intens melambungkan UMKM untuk bisa memasuki pasar ekspor. Hal ini sesuai dengan program Hipmi Jatim untuk mendorong pemulihan ekonomi.

“Dengan menaikkan kelas UMKM Jatim untuk go national dan go international, tentu akan semakin meningkatkan skala usaha mereka, yang berujung pada pembukaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan,” papar Rois.

Sementara itu, Ketua Umum BPP Hipmi, Mardani H Maming mengatakan, Hipmi sangat mengapresiasi serta mendukung langkah Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia untuk bisa lebih memberdayakan UMKM Indonesia dengan turut melibatkan para pengusaha muda di ajang Dubai Expo 2020.

“Saat ini memang perlu sekali adanya kolaborasi antara pemerintah, UMKM, asosiasi serta para pengusaha untuk bisa bersinergi bersama-sama dan berjuang memulihkan perekonomian Indonesia,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk mengolaborasi program kerja Mendag dan Menteri Investasi, Hipmi juga mempunyai program kerja dalam memberdayakan UMKM Indonesia.

Salah satunya adalah kerja sama dengan diaspora-diaspora Indonesia untuk memasarkan produk-produk UMKM. Hal ini juga bisa menjadi semangat untuk para anak-anak muda yang ingin mulai merintis usahanya untuk bisa saling berkolaborasi. Sehingga produknya bisa mempunyai daya saing bukan hanya bersaing di dalam negeri, tetapi juga harus bisa go international.

"Karena itu, Hipmi mengajak ketua umum Hipmi daerah juga untuk partisipasi acara ini agar bisa menggerakkan perekonomian daerah terutama dari sektor UMKM," pungkas Maming.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisnis Ekonomi Digital Didorong untuk Makin Ditingkatkan

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Eliza Mardian mendorong bisnis digital lebih dioptimalkan, khususnya terhadap kalangan muda.

EKONOMI | 29 September 2022

Penyesuaian Tarif Penyeberangan Tingkatkan Kualitas Layanan

Dirjen Hendro berharap, dengan adanya penyesuaian tarif penyeberangan operator kapal lebih meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

EKONOMI | 29 September 2022

Blended Finance Tingkatkan Akses Pembiayaan infrastruktur

Pendanaan campuran (blended finance) efektif meningkatkan akses pembiayaan infrastruktur karena memobilisasi pendanaan sektor swasta dan pemerintah.

EKONOMI | 29 September 2022

Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

Kebijakan pembangunan infrastruktur era Presiden Jokowi merupakan solusi meningkatkan daya saing ekonomi.

EKONOMI | 29 September 2022

OJK Perluas Akses Keuangan di Daerah Melalui TPAKD

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperluas akses keuangan masyarakat di daerah, melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

EKONOMI | 29 September 2022

Ini Asumsi Makro APBN 2023 yang Disepakati Pemerintah dan DPR

Defisit APBN 2023 disepakati sebesar Rp 598,2 triliun atau 2,84% dari total PDB 2023 yang mencapai Rp 21.037 triliun.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Beberkan Bukti APBN Sudah Dikelola Efektif

Sri Mulyani menegaskan, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menjaga defisit APBN relatif rendah dan menurun secara cepat.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Sebut Risiko Resesi Makin Rumit, Seperti Apa?

Menurut Sri Mulyani, inflasi yang sangat tinggi telah mendorong respons kebijakan moneter terutama di Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya.

EKONOMI | 29 September 2022

Tangani Sampah Makanan, NFA Dorong Kolaborasi Lintas Sektor

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menyerukan kolaborasi lintas sektoral untuk penanganan sampah makanan atau food waste di Indonesia.

EKONOMI | 29 September 2022

OJK Minta Multifinance Lebih Hati-hati Menyongsong 2023

Hampir semua indikator perekonomian global dan domestik berpotensi menurun, sehingga berdampak pada stabilitas dan pertumbuhan industri multifinance.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tokoh Adat Papua Imbau Semua Pihak Jaga Situasi Damai

Tokoh Adat Papua Imbau Semua Pihak Jaga Situasi Damai

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings