Logo BeritaSatu

Sri Mulyani Pimpin Satgas Kesehatan Keuangan G20

Minggu, 31 Oktober 2021 | 16:12 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Negara-negara G20 akan membentuk satuan tugas kesehatan keuangan (join finance health taskforce) yang diisi Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan masing-masing anggota. Satgas ini akan dipimpin oleh Menteri Keuangan Indonesia dan Italia.

"Tujuannya adalah untuk menyiapkan prevention, preparedness, dan response (PPR) dari pandemi," ucap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers secara virtual pada Sabtu (30/10/2021).

Dia mengatakan pandemi Covid-19 merupakan ancaman nyata terhadap perekonomian dunia. Oleh karena itu dalam pembahasan dengan Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan dalam pertemuan G20 disepakati untuk membangun mekanisme pencegahan pandemi (pandemic preparedness). Bila berbicara tentang persiapan, saat ini dunia tidak siap menghadapi pandemi sehingga penanganannya memakan biaya sampai US$ 12 triliun dan menyebabkan 5 juta orang meninggal.

Oleh karena itu dunia harus menyiapkan upaya penangangan pandemi lebih baik. Persiapan untuk pandemi ini sangat tergantung kepada kesepakatan mengenai protokol kesehatan antar negara serta tata kelola dalama penanganan pandemi.

"Tata kelolanya akan diatur seperti apa? karena kita punya WHO (World Health Organization), dalam hal ini biasanya WHO bicara mengenai standar tetapi tata kelola untuk enforcement tidak ada," ucap Menkeu.

Presiden Joko Widodo menegaskan arsitektur kesehatan global perlu untuk diperkuat yang terdiri dari mekanisme untuk memperkuat atau kolaborasi antar negara-negara. Sehingga dapat memperkuat akses terhadap terjadinya pandemi yang adil, terjangkau, dan berkualitas.

"Ini yang sering disebut global public goods juga termasuk terapi dan diagnostik, serta alat pelindung," imbuh Sri Mulyani.

Menkeu mengatakan perlu ada kesepakatan protokol antarnegara ketika terjadi pandemi. Selama ini terjadi fragmentasi, dimana setiap negara membuat keputusan yang menyebabkan dampak ekonomi dan penularan virusnya malah semakin bertambah. Kondisi pemulihan ekonomi global terjadi secara tidak merata karena akses vaksin yang tidak merata di seluruh dunia.

"Ada negara-negara yang sampai hari ini bahkan jumlah vaksinasinya penduduknya kurang dari 3% di negara-negara Afrika rata-rata yang di negara-negara miskin baru 6% dari penduduknya. Sementara negara maju sudah melakukan vaksinasi di atas 70% bahkan mendekati 100% dan mereka sudah melakukan boosting," pungkas Sri Mulyani.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menkeu: Subsidi Silang, Tarif Listrik 3.000 VA Akan Naik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 3.000 Volt Ampere (VA) ke atas untuk subsidi silang.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Mastercard dan Ayoconnect Dorong Inklusi Keuangan lewat Open Banking

Melalui jaringan embedded finance Ayoconnect, Mastercard menghadirkan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bupati Dhito Minta Apersi Ikut Kembangkan Kediri Raya

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mendorong Apersi berkontribusi meramaikan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Bandara Kediri.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Selama Periode Ramadan dan Lebaran Tuai Pujian

Tidak ada kekurangan pasokan BBM untuk SPBU-SPBU selama Ramadan serta tidak terjadi antrean signifikan terutama di Pertamina Region Jawa Bagian Barat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi: Tidak Ada yang Boleh Tertinggal

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi menyampaikan pesan, bahwa tidak boleh ada satupun masyarakat Indonesia yang tertinggal dan tersisihkan.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu Beberkan Asumsi Makro dan Pertumbuhan Ekonomi 2023

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan mencapai sekitar 5,3% sampai 5,9%.

EKONOMI | 20 Mei 2022

6.300 Anggota REI Komitmen Dukung Pemulihan Ekonomi

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menegaskan komitmen siap mendukung pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Semua Sektor Hijau, IHSG Menguat 1,75%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,75% ke 6.942,45 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (20/5/2022).

EKONOMI | 20 Mei 2022

Teknologi Blockchain Berperan Penting di Era Industri 4.0

Teknologi blockchain memiliki penerapan yang luas dan peran yang sangat penting khususnya di masa industri 4.0 seperti saat ini.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Ekspor CPO Dibuka, Pemerintah Kembali Terapkan DMO dan DPO Migor

Keran ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dan produk olahannya kembali dibuka mulai Senin (23/5/2022).

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Terawan Ajak Rekan Sejawat Bangun Kesehatan Masyarakat

Terawan Ajak Rekan Sejawat Bangun Kesehatan Masyarakat

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings