Logo BeritaSatu

Pemanfaatan Telekonsultasi BPJS Kesehatan Capai 9,3 Juta Layanan

Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:20 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Di masa pandemi, berbagai pembatasan dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19. Untuk dapat tetap melayani peserta dengan optimal, BPJS Kesehatan mengoptimalkan pemanfaatan berbagai platform digital.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkapkan, selain mengoptimalkan penggunaan aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan administrasi peserta tanpa tatap muka, antara lain Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa), layanan Chika, dan juga BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 atau yang terbaru 165.

“Selain itu juga dilakukan pelayanan kesehatan berbasis teknologi berupa telekonsultasi antara dokter di FKTP dengan peserta dan telemedicine antara faskes. Sudah lebih dari 9,3 juta telekonsultasi yang telah dimanfaatkan,” kata Ali Ghufron dalam acara Media Workshop BPJS Kesehatan, Kamis (28/10/2021).

Selain itu, BPJS Kesehatan dan rumah sakit providernya juga mengembangkan display ketersediaan tempat tidur di rumah sakit untuk memberikan kepastian pelayanan. Inovasi berikutnya yakni antrean online yang terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN dan fasilitas kesehatan untuk memberikan kepastian layanan dan mengurangi antrean selama di fasilitas kesehatan.

“Ini tentu memerlukan kerja sama yang baik dengan fasilitas kesehatan, di mana untuk antrean online ini sudah diterapkan di sekitar 79,2% fasilitas kesehatan tingkat pertama dan 95% rumah sakit. Yang menarik, kita bisa tahu di beberapa fasilitas kesehatan itu kira-kira akan diberikan pelayanan jam berapa dan nomor antreannya jam berapa. Jadi peserta bias memperkirakan kapan akan datang ke fasilitas kesehatan. Selain itu, 47% rumah sakit juga sudah menyediakan display informasi jadwal operasi,” terangnya.

Ghufron menambahkan, dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan juga memiliki peran penting, antara lain melakukan verifikasi terhadap klaim pelayanan kesehatan akibat Covid-19 di rumah sakit. Dukungan BPJS Kesehatan juga diberikan dalam rangka penjaminan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Covid-19, yaitu kejadian medik yang diduga berhubungan dengan vaksinasi Covid-19

Kemudian untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang menjadi salah satu game changer dalam pengendalian pandemi, BPJS Kesehatan juga memberikan dukungan sumber data dalam penyusunan target masyarakat yang akan menerima vaksin Covid-19, memberikan informasi pencatatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang meliputi registrasi, screening hingga dokumentasi pelaporan melalui aplikasi P-Care Vaksinasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Resesi Mengancam, Pasar Modal Diyakini Tetap Menjanjikan

Pasar modal Indonesia dinilai tetap menjanjikan dan masih kuat meski dibayang-bayangi awan kelabu resesi ekonomi global.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

OPEC+ Akan Kurangi Produksi Minyak 1 Juta Bph, Ini Alasannya

OPEC+ akan mempertimbangkan pengurangan produksi minyak lebih 1 juta barel per hari (bph) minggu depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Fokus Aspek Lingkungan, NavaPark Raih Sertifikasi "Hijau"

NavaPark BSD City, mixed-use residential pertama di Indonesia meraih sertifikasi Greenship Neighborhood dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Sejumlah perusahaan reasuransi dikabarkan mulai kesulitan membayar klaim imbas praktik tidak sehat dari bisnis asuransi kredit.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Digitalisasi Warung Berpeluang Tingkatkan Pendapatan 100%

Flourish Ventures merilis studi soal pentingnya toko kelontong di Indonesia (warung), sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Madura United Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Madura United Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

BOLA | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings