Logo BeritaSatu

Indocement Kampanyekan Keunggulan Semen Hijau

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:25 WIB
Oleh : Leonard AL Cahyoputra / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk telah berkomitmen untuk ambil bagian dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Perseroan telah menghasilkan 3 produk semen ramah lingkungan atau disebut semen hijau yaitu, Portland Composite Cement (PCC), Portland Slag Cement (PSC) atau Duracem, dan Hydraulic Cement. Ketiga produk tersebut memiliki keunggulan dibandingkan semen biasa atau Ordinary Portland Cement (OPC).

Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Christian Kartawijaya menerangkan, produk tersebut menggunakan proses produksi yang lebih ramah lingkungan, mengurangi emisi CO2, dan durability yang lebih baik, yang menjadi keunggulan dari produk-produk ini.

Produk ini juga sejalan dengan instruksi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 04/IN/M/2020 tentang penggunaan semen Non-Ordinary Portland Cement (OPC) yang lebih ramah lingkungan pada Pekerjaan Kontruksi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kami menyambut baik dan juga asosiasi semen menyambut baik karena ini bisa menurunkan emisi gas rumah kaca, mengoptilmalkan penggunaan material konstruksi yang ramah lingkungan dan semen non-OPC,” ujar Christian dalam acara Bumee Summit 2021 bertema "Strategi Korporasi Menurunkan Emisi Karbon” yang ditayangkan live di Beritasatu TV, Rabu (27/10/2021).

Christian menerangkan, penggunaan produk yang ramah lingkungan tidak menambah biaya produksi karena respon pasar yang baik terhadap semen hijau. Untuk produk PCC, semen tersebut telah digunakan dalam pembangunan 2 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Jawa Tengah yaitu PLTU Batang dan Tanjung Jati.

Menurut Christian, hasilnya sukses karena PCC lebih rendah panas hidrasi dibandingkan OPC serta lebih mudah pengerjaannya untuk pembetonan. Selain itu, PCC juga menghasilkan campuran beton yang lebih kedap, sehingga beton lebih tahan terhadap serangan kimia atau akali yang berasal dari lingkungan.

"Jadi teman-teman yang mempunyai proyek power plant sebetulnya ada semen yang ramah lingkungan yang kita sebut PCC dan sudah dipakai dengan baik di PLTU tersebut,” ucap Christian.

Selanjutnya, Portland Slag Cement (PSC) atau Duracem, dipakai oleh kontraktor Penta Ocean untuk pembangunan Pelabuhan Patimban yang berada di Subang, Jawa Barat.

Christian menerangkan, produk tersebut melepaskan panas hidrasi yang rendah sehingga sangat direkomendasikan untuk pengerjaan proyek dermaga, bendungan, dan pengecoran slab yang tebal seperti di basement. Selain itu, kontruksi dengan PSC lebih tahan terhadap akali, senyawa asam, sulfat dan klorida.

"Dengan adanya slag, membuat beton mempunyai waktu yang cukup sehingga mengurangi retak. Selain itu partikel lebih halus, menghasilkan permukaan yang lebih halus," terangnya.

Terakhir, Hydraulic Cement. Christian menerangkan, produk tersebut bisa menekan clinker ratio dan semen ini dirancang dengan kualitas yang sama dengan OPC dan kualitas kuat tekannya sama.

"Semen ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan bangunan yang kuat dan durabel atau beton kinerja tinggi. Jadi ini produk masa depan semen di Indonesia. Saya percaya itu,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Resesi Mengancam, Pasar Modal Diyakini Tetap Menjanjikan

Pasar modal Indonesia dinilai tetap menjanjikan dan masih kuat meski dibayang-bayangi awan kelabu resesi ekonomi global.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

OPEC+ Akan Kurangi Produksi Minyak 1 Juta Bph, Ini Alasannya

OPEC+ akan mempertimbangkan pengurangan produksi minyak lebih 1 juta barel per hari (bph) minggu depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Fokus Aspek Lingkungan, NavaPark Raih Sertifikasi "Hijau"

NavaPark BSD City, mixed-use residential pertama di Indonesia meraih sertifikasi Greenship Neighborhood dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Sejumlah perusahaan reasuransi dikabarkan mulai kesulitan membayar klaim imbas praktik tidak sehat dari bisnis asuransi kredit.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Digitalisasi Warung Berpeluang Tingkatkan Pendapatan 100%

Flourish Ventures merilis studi soal pentingnya toko kelontong di Indonesia (warung), sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri Sebut Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan Berjumlah 125 Orang

Kapolri Sebut Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan Berjumlah 125 Orang

BOLA | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings