Logo BeritaSatu

Sektor Ini Jadi Fokus Pengembangan Industri Halal

Senin, 11 Oktober 2021 | 17:28 WIB
Oleh : Herman / JEM

Jakarta, Beritasatu.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Dody Widodo menyampaikan, dalam pengembangan industri halal di Indonesia, ada sejumlah sektor yang menjadi fokus utama untuk dikembangkan. Yang pertama adalah sektor makanan dan minuman makanan. Di luar industri halal, sektor ini pun menjadi unggulan. Kedua yakni fashion, di mana Indonesia saat ini berada di peringkat dua dunia atau hanya kalah dari Turki.

"Kita kalah dengan Turki saja di dunia, ini juga menjadi salah satu target kita untuk bisa mendahului mereka. Pasar kita besar kok, terlebih kalau kita bilang ini jadi tren 240 juta orang minimal, belum kita ekspor, dan fashion muslim kita juga bisa bersaing,” kata Dody Widodo dalam webinar “Indonesia Bidik Raja Industri Halal”, Senin (11/10/2021).

Sektor berikutnya yang menjadi fokus pengembangan industri halal adalah kekayaan yang selama ini terlupakan yakni sektor farmasi dan kosmetik, di mana sektor tersebut banyak menggunakan bahan baku lokal.

“Perlu diingat, pandemi ini memberi pelajaran kepada kita bahwa 90% persen bahan baku obat kita dari impor. Dengan halal ini, ini terobosan buat kita, bahan baku kita banyak. Siapa tidak kenal temulawak? itu kan Pak Presiden rutin minum, ini kita bisa olah jadi suatu produk," ujarnya.

Dody menambahkan, saat ini peringkat Indonesia di tingkat global dalam sejumlah sektor industri halal juga sudah mengalami peningkatan. Misalnya untuk makanan halal kini berada di peringkat empat dunia, Islamic Finance peringkat enam dunia, pariwisata ramah muslim peringkat enam dunia, fashion muslim peringkat dua dunia, lalu farmasi dan kosmetik peringkat enam dunia.

“Ada perkembangan yang bagus di sektor industri halal. Untuk itu, ekosistem ini harus kita dijaga. Kita harus menjadi motor industri halal di seluruh dunia,” tegas Dody.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

OJK Perluas Akses Keuangan di Daerah Melalui TPAKD

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperluas akses keuangan masyarakat di daerah, melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

EKONOMI | 29 September 2022

Ini Asumsi Makro APBN 2023 yang Disepakati Pemerintah dan DPR

Defisit APBN 2023 disepakati sebesar Rp 598,2 triliun atau 2,84% dari total PDB 2023 yang mencapai Rp 21.037 triliun.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Beberkan Bukti APBN Sudah Dikelola Efektif

Sri Mulyani menegaskan, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menjaga defisit APBN relatif rendah dan menurun secara cepat.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Sebut Risiko Resesi Makin Rumit, Seperti Apa?

Menurut Sri Mulyani, inflasi yang sangat tinggi telah mendorong respons kebijakan moneter terutama di Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya.

EKONOMI | 29 September 2022

Tangani Sampah Makanan, NFA Dorong Kolaborasi Lintas Sektor

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menyerukan kolaborasi lintas sektoral untuk penanganan sampah makanan atau food waste di Indonesia.

EKONOMI | 29 September 2022

OJK Minta Multifinance Lebih Hati-hati Menyongsong 2023

Hampir semua indikator perekonomian global dan domestik berpotensi menurun, sehingga berdampak pada stabilitas dan pertumbuhan industri multifinance.

EKONOMI | 29 September 2022

Jasa Agen Asuransi Sumbang PPN Rp 36 Miliar Per Agustus 2022

Founder Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) Wong Sandy Surya menjelaskan, sejak 2009 komisi agen asuransi dikenakan PPh 50%.

EKONOMI | 29 September 2022

Miris, Sampah Makanan Indonesia Capai 48 Juta Ton Per Tahun

Timbunan sampah makanan atau food loss and waste di Indonesia mencapai 48 juta ton per tahun, yang berasal dari lima tahap rantai pasok pangan.

EKONOMI | 29 September 2022

Krisis Inggris, Sri Mulyani: APBN Kuat Jadi Shock Absorber

Sri Mulyani Indrawati menegaskan, APBN harus kuat agar bisa menjalankan fungsinya sebagai peredam guncangan atau shock absorber.

EKONOMI | 29 September 2022

Brand Finance Beri Penghargaan Top 100 Most Valuable Brands 2022

Sebanyak 100 perusahaan meraih penghargaan "Top 100 Most Valuable Brands 2022" yang diberikan oleh Brand Finance.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Apa Itu KDRT? Lakukan Ini Jika Anda Terjebak di Dalamnya

Apa Itu KDRT? Lakukan Ini Jika Anda Terjebak di Dalamnya

LIFESTYLE | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings