Logo BeritaSatu

Perhatikan 2R dan 2L Sebelum Pilih Instrumen Investasi

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:48 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Luky Alfirman menyampaikan, situasi yang tidak menentu akibat pandemi Covid-19 menjadi sebuah wake-up call bagi semua pihak.

"Kondisi saat ini membuat lebih banyak orang menyadari pentingnya mempunyai cushion atau bantalan yang mampu mengurangi rasa sakit ketika kita 'jatuh'. Cushion sendiri merupakan kecukupan dana darurat dan investasi," kata Alfirman dalam peluncuran Surat Berharga Negara (SBN) ritel 0RI020, Senin (4/10/2021).

Namun, lanjut dia, masih banyak masyarakat yang belum memahami tujuan investasi dan apa aja saja instrumen investasi yang cocok untuk kebutuhannya. "Tanpa pengetahuan yang memadai, masyarakat bisa terjebak ke dalam skema investasi bodong," jelasnya.

Luky menegaskan, dalam berinvestasi, hal yang harus diingat adalah 2R yaitu return dan risk dan 2L yaitu legal dan logic. Adapun yang dimaksud 2R return dan risk adalah imbal hasil dan risiko. Biasanya, produk yang memiliki keuntungan atau risiko yang tinggi, risikonya juga akan tinggi.

"Jangan sampai tergiur dengan produk investasi yang menawarkan return tinggi tanpa kita memahami risikonya. Sangat penting bagi investor untuk memahami risiko dari instrumen investasi yang dipilih. Jangan silau dengan keuntungan yang ditawarkan yang sifatnya mungkin tidak pasti,” kata Luky.

Terkait aspek 2L yaitu legal dan logic, Luky mengingatkan agar setiap instrumen investasi yang akan dipilih hendaknya sudah dipastikan terdaftar secara resmi. Sementara logic adalah bagaimana proses bisnisnya memberikan keuntungannya. "Jangan sampai kita serakah, sehingga tidak memperdulikan logis tidaknya investasi yang ditawarkan," imbuhnya.

Salah satu alternatif investasi yang menurutnya aman, mudah dan menguntungkan adalah SBN ritel yang saat ini sudah diterbitkan secara online.

Investasi ini aman karena pembayaran kupon sampai jatuh tempo dijamin oleh undang-undang dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya, serta menguntungkan karena imbal hasil yang kompetitif dan dapat dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

“Investor SBN ritel memperoleh double return. Selain memperoleh keuntungan dari nilai investasi, di saat yang sama juga memberikan manfaat bagi masyarakat karena turut berperan nyata dalam membangun negeri melalui pembiayaan APBN,” kata Luky.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bank Jago dan Carsome Indonesia Jalin Kerja Sama Pembiayaan

Sebagai tahap awal kolaborasi, Bank Jago akan menyalurkan kredit modal kerja kepada Carsome Indonesia.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Konsultan Hukum IPO Bukalapak Berjaya di Ajang Bergengsi Profesi Hukum

Tim konsultan hukum Bukalapak.com diumumkan sebagai pemenang kategori Kantor Hukum dengan Nilai Emisi IPO Global Terbanyak 2021.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Hadapi Tantangan Global, Jokowi: Utamakan Produk Lokal

"Salah satu strategi kita adalah membelanjakan uang kita, baik APBN, swasta maupun masyarakat untuk membeli produk lokal dalam negeri,” kata Jokowi.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Puan Harap RAPBN 2023 Tetap Berpijak pada Rakyat Kecil

Ketua DPR Puan Maharani menyambut baik kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM-PPKF) RAPBN Tahun Anggaran 2023.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Ekspor CPO Dibuka, Gapki: Perdagangan Sawit Bergairah

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyambut baik kebijakan dibukanya kembali keran ekspor CPO (crude palm oil) oleh pemerintah.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Ini Perusahaan Idaman Karyawan, Yuk Cek Parameternya

Di era disrupsi tekonologi dan pandemi Covid-19, menjadi perusahaan idaman (employer of choice) merupakan impian banyak usaha.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Teten: Klinik UMKM Dukung Pencapaian 30 Juta UMKM Go Digital

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkolaborasi dengan Grab menggelar roadshow "Klinik UMKM" di berbagai daerah.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu: Subsidi Silang, Tarif Listrik 3.000 VA Akan Naik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 3.000 Volt Ampere (VA) ke atas untuk subsidi silang.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Mastercard dan Ayoconnect Dorong Inklusi Keuangan lewat Open Banking

Melalui jaringan embedded finance Ayoconnect, Mastercard menghadirkan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bupati Dhito Minta Apersi Ikut Kembangkan Kediri Raya

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mendorong Apersi berkontribusi meramaikan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Bandara Kediri.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bank Jago dan Carsome Indonesia Jalin Kerja Sama Pembiayaan

Bank Jago dan Carsome Indonesia Jalin Kerja Sama Pembiayaan

EKONOMI | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings