Logo BeritaSatu

Kesadaran Daur Ulang Meningkat, Inocycle Technology Gencar Ekspansi

Kamis, 16 September 2021 | 13:43 WIB
Oleh : Nabil Syarifudin Al Faruq / FMB

Jakarta, Beritasatu.com — PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) melalui anak usahanya, yakni PT Plasticpay Teknologi Daurulang, terus melakukan ekspansi bisnisnya dengan memperluas area layanan. Kali ini, kota yang disasar adalah Solo serta akan berlanjut ke Surabaya.

Berdasarkan keterangan resmi, Kamis (16/9/2021) ekspansi bisnis ini merupakan upaya Plasticpay dalam mengumpulkan lebih banyak sampah plastik langsung dari penggunanya, dengan memanfaatkan sistem digital. Tercatat hingga September 2021, Plasticpay berhasil mengumpulkan sekitar 15,3 ton sampah botol plastik melalui Plasticpay dropbox yang terpasang di area Jabodetabek.

CEO Plasticpay dan Direktur Inocycle Suhendra Setiadi mengatakan, sejalan dengan misi perseroan untuk memberikan solusi dalam mengatasi sampah plastik di Indonesia, perseroan terus memasuki kota-kota baru untuk pemasangan Plasticpay Dropbox sekaligus mengedukasi lebih banyak masyarakat terkait dengan pengelolaan sampah dengan tepat.

“Hingga saat ini, kami telah memiliki ratusan titik Plasticpay dropbox di area Jabodetabek, dan akan terus ditingkatkan sampai akhir 2021,” jelas dia.

Lebih lanjut Suhendra menjelaskan, dalam rangka mengatasi masalah sampah di Indonesia, Plasticpay telah terlibat dan berkolaborasi dalam webinar bersama para Menteri Republik Indonesia yang bertema “Berbagi Peran Dalam Bersihkan Indonesia”.

Diskusi tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 7 kementerian, serta para praktisi pengelolaan sampah di Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan wujud dari refleksi tanggung jawab masing-masing stakeholder, serta bertujuan memunculkan semangat kolaborasi untuk membersihkan Indonesia dari masalah sampah.

“Diharapkan melalui kolaborasi-aksi yang dilakukan oleh semua pihak, kita dapat mewujudkan pengelolaan sampah 100%, serta target pengurangan sampah sebanyak 30% dan pengurangan 70% sampah plastik ke laut pada tahun 2025,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suhendra juga menyampaikan peran Plasticpay sebagai platform digital pengelolaan sampah plastik, dimana setidaknya memberikan 5 solusi dalam mengatasi masalah sampah di Indonesia.

Pertama, Plasticpay berkomitmen untuk meningkatkan tingkat daur ulang (recycle rate) serta mengembangkan program pemberdayaan UMKM. Kedua, mengurangi impor sampah plastik yang merupakan bahan baku untuk didaur ulang. Ketiga, meningkatkan dampak sosial dan finansial bagi masyarakat.

Lebih lanjut, keempat, Plasticpay secara aktif memberikan edukasi dan sosialisasi untuk merubah perilaku masyarakat mengenai sampah, serta yang terakhir yaitu menciptakan ethical practice tanpa melibatkan tenaga kerja di bawah umur.

“Diharapkan melalui program dan upaya yang kami lakukan, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah dengan benar, serta dapat membantu mewujudkan misi pemerintah dalam mengurangi timbulan sampah terutama sampah plastik yang dibuang ke laut,” ujar Suhendra.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dongkrak Pendapatan, Wahana Pronatural Rambah Bisnis Minuman

PT Wahana Pronatural Tbk (WAPO) berencana merambah bisnis minuman untuk mendongkrak pendapatan perseroan.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dinilai Percepat Pemulihan Ekonomi

Ekonom Indef, Agus Herta Sumarto mengatakan kebijakan satu peta dapat mendorong pemulihan ekonomi lebih cepat.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Bakti Pastikan Peluncuran Satelit Satria 1 Sesuai Rencana

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo optimistis rencana pengoperasian Satelit Satria 1 tetap berjalan sesuai rencana.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Suntik Mati TV Analog Jabodetabek Diundur Jadi 2 November

Kemenkominfo memutuskan menunda penghentian siaran tv analog di wilayah Jabodetabek menjadi 2 November 2022.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

FIF Group dan RSU Hermina Dirikan Rumah Singgah

FIF Group dengan RSU Hermina Depok menyediakan rumah singgah dan membuka kesempatan bagi pasien kurang mampu yang membutuhkan penanganan medis.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Iklan Digital Menjadi Pengubah Ekosistem Industri Startup

Adtech merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh brand atau agency untuk menyusun strategi, mengatur, dan mengelola aktivitas iklan digital.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Luhut Gandeng GFF Bahas Rencana Aksi Bersama Transisi Energi

Global Future Fellows (GFF) yang dihadiri GFFellows di Bali telah merancang draf Rencana Aksi Bersama (action roadmap) soal transisi energi.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kontribusi PNBP Signifikan, PTBA Raih Penghargaan Subroto

PT Bukit Asam (PTBA) berhasil meraih Penghargaan Subroto 2022 Bidang PNBP Mineral dan Batubara.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jababeka Pinjam US$ 100 Juta ke Mandiri untuk Bayar Utang

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) menandatangani kredit sebesar US$ 100 juta dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Bakti Targetkan Bangun 7.000 BTS 4G di Daerah 3T hingga 2024

Hingga September 2022, total BTS 4G yang sudah dibangun Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (Bakti) mencapai 4.241 site.

EKONOMI | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Istri dan Anak Gubernur Papua Lukas Enembe Tolak Pemeriksaan KPK

Istri dan Anak Gubernur Papua Lukas Enembe Tolak Pemeriksaan KPK

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings