Logo BeritaSatu

Dirut AirNav Sebut Rute Domestik Berbasis Satelit Tingkatkan Efisiensi Penerbangan

Senin, 9 Agustus 2021 | 18:40 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / FER

Jakarta, Beritasatu.com - AirNav Indonesia siap mengoperasikan rute penerbangan domestik berbasis satelit tahap kedua untuk klaster Banda Aceh-Jakarta pada 12 Agustus 2021.

Rute domestik berbasis satelit atau PBN tahap kedua ini akan menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta dengan bandara-bandara di wilayah Pulau Sumatera, seperti Bandara Kualanamu di Medan hingga Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh.

Direktur Utama AirNav Indonesia Mohamad Pramintohadi Sukarno menjelaskan, penerapan rute domestik berbasis satelit atau performance-based navigation (PBN) yang dapat meningkatkan efisiensi penerbangan di ruang udara Indonesia ini diperkirakan dapat memberikan efisiensi penggunaan bahan bakar pada pesawat udara rute Jakarta-Medan hingga senilai Rp 9,4 miliar per tahun.

"Jika pada kondisi pergerakan lalu lintas penerbangan normal sebelum masa pandemi, untuk rute Jakarta-Medan, ada potensi penghematan penggunaan bahan bakar untuk maskapai penerbangan mencapai Rp 9,4 miliar dalam satu tahun," kata Pramintohadi dalam pernyataan resminya, dikutip Senin (9/8/2021).

Pramintohadi mengatakan, rute ini akan secara resmi dioperasikan pada 12 Agustus 2021 mendatang. Pihaknya pada pekan lalu mengundang para pemangku kepentingan penerbangan, antara lain Kementerian Perhubungan, TNI AU, pengelola bandara, dan maskapai guna melakukan sosialisasi dan meminta masukan terkait dengan implementasi tahap pertama yang telah dilakukan pada 3 Januari 2020 lalu.

Pada tahap pertama, AirNav Indonesia telah mengimplementasikan rute domestik berbasis satelit yang menghubungkan empat bandara besar di Indonesia, yakni Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Juanda (Surabaya), Bandara I Gusti Ngurah Rai (Denpasar), dan Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar).

Pramintohadi menjelaskan, selain mengurangi konsumsi bahan bakar, implementasi rute berbasis satelit tahap kedua ini juga memiliki potensi mengurangi emisi CO2 hasil pembakaran mesin pesawat yang akan berdampak baik pada lingkungan karena polusi udara yang berkurang.

“Selain rute yang lebih nyaman untuk diterbangi, kapasitas ruang udara juga dapat dioptimalkan. Hal ini akan berdampak terhadap penurunan konsumsi bahan bakar pesawat. Kami melakukan simulasi untuk penerbangan rute Jakarta-Medan dan mendapatkan perkiraan emisi CO2 yang dapat dikurangi mencapai 102 ton per tahun. Hal ini dimungkinkan karena adanya system direct route dan jalur yang lebih presisi,” papar Pramintohadi.

Pengembangan rute domestik ini, menurut Pramintohadi, merupakan mandat dari International Civil Aviation Organization (ICAO) Doc. 9750 Global Air Navigation Plan (GANP) dan Aviation System Block Upgrade (ASBU) dengan prioritas pada block O 2013-2018.

"Rute domestik berbasis satelit ini juga tentunya akan meningkatkan keselamatan penerbangan khususnya di ruang udara yang berada pada klaster Jakarta hingga Banda Aceh. Layanan navigasi penerbangan yang diterima oleh maskapai akan lebih konsisten, prediktif, presisi, dan stabil,” terangnya.

Pramintohadi berharap, melalui terobosan-terobosan yang dilakukan, kebangkitan industri penerbangan di Tanah Air akan lebih cepat terealisasi. "Konektivitas udara tentunya memiliki peran krusial dalam mendorong proses percepatan pemulihan ekonomi Nasional,” ujar Pramintohadi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

OPEC+ Akan Kurangi Produksi Minyak 1 Juta Bph, Ini Alasannya

OPEC+ akan mempertimbangkan pengurangan produksi minyak lebih 1 juta barel per hari (bph) minggu depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Fokus Aspek Lingkungan, NavaPark Raih Sertifikasi "Hijau"

NavaPark BSD City, mixed-use residential pertama di Indonesia meraih sertifikasi Greenship Neighborhood dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Sejumlah perusahaan reasuransi dikabarkan mulai kesulitan membayar klaim imbas praktik tidak sehat dari bisnis asuransi kredit.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Digitalisasi Warung Berpeluang Tingkatkan Pendapatan 100%

Flourish Ventures merilis studi soal pentingnya toko kelontong di Indonesia (warung), sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MU Dibantai Man City, Erik ten Hag Sebut Timnya Kurang <em>Pede</em>

MU Dibantai Man City, Erik ten Hag Sebut Timnya Kurang Pede

BOLA | 35 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings