Logo BeritaSatu

Menhub Dorong Peningkatan Pergerakan Pesawat di Tengah Pandemi

Sabtu, 12 Juni 2021 | 22:12 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Pergerakan pesawat di Indonesia di tahun kedua masa pandemi Covid-19 semakin membaik. Secara nasional, pergerakan pesawat sudah mencapai 60% dibandingkan dengan masa sebelum pandemi. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (12/6/2021).

“Hari ini saya ingin melihat langsung bagaimana pergerakan pesawat yang ada di Bandara Soekarno-Hatta. Dari apa yang dilaporkan Dirut AirNav bahwa secara nasional pergerakan pesawat di Indonesia sudah di atas 60%. Sedangkan di Soekarno-Hatta kira-kira di atas 50% dibandingkan masa normal. Ini sudah ada satu kenaikan dari masa awal pandemi yang pergerakannya sangat rendah,” kata Menhub.

Menhub menjelaskan, Kemhub akan membuat kebijakan untuk terus mendorong peningkatan pergerakan pesawat di tengah masa pandemi ini.

“Kami ingin memastikan bahwa pergerakan dari Jakarta menuju ke sejumlah Provinsi harus terjadi secara regular, apakah setiap hari atau dua hari sekali, tetap harus dilakukan pelayanan. Bahkan sampai ke Kota atau Kabupaten, terutama yang ada di Indonesia bagian timur,” ucap Menhub.

Menhub mengungkapkan, ada suatu cara yang telah dilakukan pemerintah daerah untuk mendukung penerbangan nasional, yaitu dengan membeli atau memesan kursi pesawat (block seat). Menurutnya, cara ini bisa membantu meningkatkan pergerakan pesawat.

“Cara ini sudah ditunjukkan secara kreatif sejumlah pemerintah daerah, yaitu Pemprov Sulsel dan Pemkab Toraja. Mereka bekerja sama dengan maskapai untuk memesan block seat guna keperluan perjalanan dinas sehingga bisa ada empat penerbangan dalam seminggu,” jelas Menhub.

Menurut Menhub, cara pemesanan melalui block seat ini bersifat sementara, yaitu kurang lebih enam bulan pertama. Diharapkan cara ini bisa mendorong peningkatan pergerakan pesawat hingga mencapai tingkat keekonomian yang baik.

Selain itu, Menhub terus mengingatkan kepada seluruh stakeholder penerbangan untuk tetap memastikan protokol kesehatan berjalan dengan konsisten, dalam rangka upaya meredam tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Simpul transporasi adalah simpul pergerakan yang sangat menentukan bagaimana kita mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Saya yakin rekan-rekan dari operator bandara, maskapai dan navigasi bisa menjaga ini dengan baik,” tutur Menhub.

Dalam tinjauannya ke Bandara Soekarno-Hatta, Menhub mengunjungi kantor dan Tower AirNav Indonesia. Menhub berpesan kepada jajaran AirNav Indonesia agar terus menjaga layanan navigasi penerbangan untuk memastikan konektivitas di udara di seluruh wilayah Indonesia berjalan dengan baik. Usai meninjau navigasi bandara, Menhub melakukan pertemuan dengan sejumlah stakeholder di Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Jakarta.

Turut hadir dalam tinjauan, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Dirut AirNav Indonesia Pramintohadi Sukarno dan Dirut Angkasa Pura II M. Awaluddin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Modal Sosial Budaya Dukung Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional

Lemhanas kembali menggelar kegiatan Focus Group Discusssion (FGD) II, untuk menyambut penyelenggaraan seminar nasional PPRA LXII Lemhanas pada Agustus mendatang

EKONOMI | 12 Juni 2021

Platform Digitels Bisa Tingkatkan Laba Hotel 100%

Digitels sudah digunakan beberapa hotel Indonesia. Salah satunya, Signature Seminyak Hotel di Kuta Utara, Badung, Bali.

EKONOMI | 12 Juni 2021

Wakil Ketua Komisi X Tolak PPN Jasa Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu hak asasi manusia (HAM) dan bagian tujuan penyelenggaraan negara yang dijamin konstitusi.

EKONOMI | 12 Juni 2021

Sembako dan Sekolah Swasta Bakal Kena Pajak, La Nyalla: Membebankan Masyarakat Kecil

La Nyalla Mahmud Mattalitti menyatakan rencana pungutan pajak untuk sekolah swasta hingga sembako akan membebankan masyarakat.

EKONOMI | 12 Juni 2021

BEI Tegaskan 18 Perusahaan Wajib E-IPO

BEI menerapkan penawaran umum perdana saham secara elektronik atau Electronic Initial Public Offering (E-IPO) mulai tahun ini.

EKONOMI | 12 Juni 2021

Tolak Sembako Dikenakan Pajak, Politikus PKS: Mendatangkan Kesusahan

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Byarwati menolak rencana memasang tarif pajak pertambahan nilai (PPN) untuk sembako.

EKONOMI | 12 Juni 2021

Perkantoran di Kawasan Pusat Bisnis Diyakini Segera Bangkit

Perusahaan mulai memikirkan kembali denah ruang kantor, dengan penataan yang lebih efisien dan menerapkan standar kesehatan yang tinggi.

EKONOMI | 12 Juni 2021

Pedagang Pasar Terheran-heran dengan Wacana PPN Sembako

Padahal, saat ini masyarakat masih berjuang untuk kembali pulih setelah ekonominya dihantam pandemi Covid-19.

EKONOMI | 12 Juni 2021

ACP Bidik Pasar Properti di Koridor Timur Jakarta

Adhi Commuter Properti (ACP) memacu pembangunan LRT City Cibubur, kawasan hunian yang terintegrasi dengan Stasiun LRT Harjamukti.

EKONOMI | 12 Juni 2021

Kempupera Gandeng Mandiri Salurkan Dana Bedah Rumah di Samosir

Total anggaran yang disalurkan untuk pelaksanaan program bedah rumah di Kabupaten Samosir mencapai Rp 8 miliar.

EKONOMI | 12 Juni 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS