Logo BeritaSatu

Multipolar Genjot Investasi Baru di Area Futuristik

Selasa, 25 Mei 2021 | 18:43 WIB
Oleh : Lona Olavia / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Multipolar Tbk (MLPL) bakal menggenjot investasi baru di area futuristik. Pasalnya selama 3-5 tahun kedepan, Multipolar akan mentransformasi portofolio bisnisnya menjadi yang bersifat future oriented, khususnya di bidang teknologi dan digital.

Direktur Multipolar, Agus Arismunandar mengatakan, saat ini perusahaan sedang banyak melakukan inisiatif dalam pengembangan teknologi digital, salah satunya di sektor ritel. Pasalnya, penetrasi ritel modern di Indonesia baru 19%, jauh lebih kecil dari Filipina yang ada di sekitar 39%, Malaysia dan Thailand 40%, serta Singapura yang lebih dari 75%.

Di sisi lain, populasi Indonesia yang mayoritas berasal dari usia muda memiliki perilaku konsumsi yang berbeda yang notabene banyak menggunakan channel digital dalam berbelanja. Kondisi ini juga didorong oleh pandemi yang mengubah aktivitas masyarakat.

"Pandemi sekarang juga ikut mengubah delivery service, produk, dan lainnya. Ini akan lanjut tidak cuma pas pandemi selesai. Makanya ritel modern yang disertai dan didukung platform digital online akan sangat berprospek baik ke depan. Jadi, kita kedepan fokus pada layanan konsumen berbasis teknologi, termasuk ritel. Kita akan lihat startup mana yang cocok dengan profil kita. Kita terus mencermati perilaku dan kebutuhan konsumen di Indonesia,” katanya dalam paparan publik insidentil Multipolar, Selasa (25/5/2021).

Untuk itu, sebagai perusahaan investasi, perseroan terus membuka peluang investasi di perusahaan berbasis digital atau perusahaan rintisan (startup). Hal tersebut lantaran banyaknya tren baru di era teknologi saat ini.

Ketika disinggung mengenai kemungkinan entitas ritel modern yang dioperasikan MPPA akan melebur dengan unit usaha ritel milik Gojek sebagai investor baru PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), yaitu Go Mart, Agus mengaku belum dapat memberikan informasi secara detail.

"Untuk saat ini belum ada sebuah rencana konkret yang sudah diputuskan, jadi semua masih dalam tahap perencanaan. Nanti pada saatnya kalau sudah ada kerja sama yang konkret kita akan informasikan kembali ke pasar,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Gojek atau PT Aplikasi Karya Anak Bangsa melalui entitas anaknya, PT Pradipa Darpa Bangsa, telah membeli 4,76% atau setara dengan 358.530.900 saham MPPA yang dilepas oleh MLPL.

Sementara itu, selama beberapa tahun terakhir, Agus menambahkan, Multipolar telah berinvestasi dan menjalankan portofolio bisnis digital di Indonesia dan Asia Tenggara melalui Venturra Capital. Beberapa portofolionya antara lain Ruangguru, OVO, dan Klinik Pintar.

Terkait Ruangguru, Agus mengakui, manajemen optimistis investasi ini akan menghasilkan imbal hasil yang baik. Perseroan melalui anak usaha PT Nusa Jaya Cipta telah berinvestasi senilai kurang lebih Rp 21 miliar dengan persentase kepemilikan sampai saat ini adalah 3,38%. Alhasil, perseroan bukan merupakan pihak pengendali di startup pendidikan tersebut. Saat ini pun tidak terdapat pihak dari perseroan yang menjabat sebagai pihak manajemen di Ruangguru.

Meski demikian, sebagai perusahaan investasi, perseroan secara teratur diakuinya akan terus melakukan evaluasi atas setiap investasinya untuk mengkaji peluang monetisasi ataupun penambahan investasi.

"Betul, kami investasi di Ruangguru, namun untuk saat ini kita belum dapat membagikan info mengenai nilai. Namun satu hal yang lebih penting, Multipolar sebagai perusahaan investasi, dalam beberapa tahun terakhir ini sudah bangun kompetensi, salah satunya Ruangguru. Ini akan jadi core kompetensi kita untuk masuk ke tahun-tahun berikutnya,” jelas Agus.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan, pandemi Covid-19 merupakan tantangan bagi beberapa bisnis perusahaan. Namun demikian, perusahaan akan tetap melanjutkan strategi utama perusahaan seiring dengan telah terjadinya pemulihan. Apalagi, pendistribusian vaksin Covid-19 secara masif diproyeksikan memberikan pemulihan signifikan di tahun 2021.

"Oleh karena itu, area fokus perusahaan di 2021 adalah meningkatkan nilai portofolio dan monetisasi," tandas Agus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Dua Anak Usaha Archi Raih Penghargaan ISDA 2021

PT MSM dan PT TTN berhasil mendapatkan Platinum, penghargaan tertinggi atas pencapaian program-program SDGs.

EKONOMI | 24 September 2021

Elnusa Petrofin-Bank Mandiri Jalin Kerja Sama Pembiayaan

Kerja sama dalam fasilitas layanan pembiayaan diharapkan mampu menunjang dan memperkuat pertumbuhan bisnis Elnusa Petrofin.

EKONOMI | 24 September 2021

Perbaikan Tata Kelola Sawit Belum Selesai, Moratorium Dinilai Perlu Dilanjutkan

Jika moratorium sawit dihentikan atau tidak dilanjutkan maka akan berpotensi meningkatkan jumlah lahan sawit.

EKONOMI | 24 September 2021

Dorong Penjualan, Megariamas Luncurkan Website Baru Feelancy

PT Megariamas Sentosa meluncurkan website baru untuk Felancy guna mendorong transaksi penjualan produsen pakaian dalam wanita itu.

EKONOMI | 24 September 2021

Puan: Transformasi Digital UMKM Bantu Tingkatkan Perekonomian Rakyat

Ketua DPR Puan Maharani mendukung akselerasi transformasi digital bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)karena membantu perekonomian rakyat

EKONOMI | 23 September 2021

Investasi Data Center Terkendala Infrastruktur Jaringan dan Pasokan Listrik

Kurangnya infrastruktur jaringan dan pasokan listrik yang tidak stabil, menjadi faktor penghambat masuknya investasi data center di Indonesia.

EKONOMI | 23 September 2021

Ananta Wahana: ASDP Menyulap Pelabuhan Merak Secara Revolusioner

Ananta Wahana menyebut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyulap Pelabuhan Merak secara revolusioner.

EKONOMI | 23 September 2021

GNA Group Kembangkan Hunian Sehat Golden Flower di Legok Banten

Golden Flower merupakan hunian premium yang dikembangan GNA Group dengan mengusung konsep kawasan sehat, bernuansa hijau, asri dan modern.

EKONOMI | 23 September 2021

BI Ingatkan 156 Money Changer di Jakarta Segera Urus Izin Sebelum 7 Oktober

Bank Indonesia (BI) memperingatkan 156 usaha money changer di Jakarta untuk mengurus izin sebelum tenggat 7 Oktober 2021.

EKONOMI | 23 September 2021

Tanrise Property Targetkan Serah Terima TritanHub Awal 2022

Belinda Tanoko menegaskan, hingga saat ini penjualan unit TritanHub telah mencapai 35% dari total 146 unit yang direncanakan.

EKONOMI | 23 September 2021


TAG POPULER

# PON Papua


# Tukul Arwana


# Toko Obat Ilegal


# Piala Sudirman


# Suap Pejabat Pajak



TERKINI
Dua Anak Usaha Archi Raih Penghargaan ISDA 2021

Dua Anak Usaha Archi Raih Penghargaan ISDA 2021

EKONOMI | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings