Logo BeritaSatu

Menhub Minta Kepala Daerah Aglomerasi Awasi Penumpukan Penumpang

Jumat, 14 Mei 2021 | 14:31 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta para kepala daerah di wilayah aglomerasi memetakan daerahnya, yang berpotensi terjadi penumpukan penumpang kendaraan umum untuk menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

"Melihat pelajaran yang terjadi di Pelabuhan Kali Adem dan Stasiun Manggarai yang terjadi penumpukan penumpang, saya minta kepada kepala daerah aglomerasi harus memetakan potensi penumpukan penumpang terjadi," katanya kepada pers di Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Hal itu dikatakan Menhub Budi Karya setelah meninjau Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, dan Stasiun Manggarai yang ternyata terdapat penumpukan penumpang sehingga tidak mengindahkan protokol kesehatan (prokes).

Menhub mengatakan di Pelabuhan Kali Adem tercatat ada 1.676 orang berlayar ke Pulau Seribu dan jumlah itu sangat besar, sehingga terjadi penumpukan penumpang dan tidak dilakukan jaga jarak.

"Saya sudah sampaikan ke Pak Doni (Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo) minta ditambah fasilitas rapid antigen dan petugas. Pergerakan penumpang kapal ini harus dilakukan dengan pengelolaan lebih baik," katanya.

Sementara di Stasiun Manggarai, Budi Karya juga kecewa karena penumpang kereta komuter dalam satu gerbong cukup padat bahkan hingga diisi lebih dari 70 orang per gerbong.

Menurut catatan, dalam 3-4 hari terakhir ini tercatat lebih 200 ribu penumpang tiap hari dan pada Sabtu dan Minggu diperkirakan mencapai puncaknya sebanyak 300-400 ribu penumpang.

"Saya perintahkan PT KCI lebih profesional dalam mengelola penumpang kereta komuter dan mulai besok sudah harus ada perbaikan," katanya.

Melihat dua lokasi itu yakni Pelabuhan Kali Adem dan Stasiun Manggarai, yang penumpangnya tidak menjaga prokes, Menhub sekali lagi meminta para kepala daerah di wilayah aglomerasi bisa memetakan lokasi yang akan terjadi penumpukan penumpang.

Wilayah aglomerasi adalah kawasan perkotaan atau kabupaten yang saling terhubung dalam kesatuan wilayah.

Di Indonesia ada delapan wilayah aglomerasi, yaitu pertama Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo; Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek); Bandung Raya; dan Semarang, Kendal, Demak, Ungaran, dan Purwodadi.

Selain itu, aglomerasi Yogyakarta Raya; Solo Raya; Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, dan Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusila); dan Makassar, Sungguminasa, Takalar, dan Maros.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Apkasindo: Penerapan B30 Jaga Kestabilan Harga Sawit Petani

Apkasindo menilai penerapan Program Mandatori B30 sejak 1 Januari 2020 mampu menjaga kestabilan harga tandan buah segar (TBS) sawit petani.

EKONOMI | 14 Mei 2021

DEN: Kendaraan Listrik Bisa Tekan Defisit Transaksi Berjalan RI

Kesuksesan implementasi kendaraan listrik akan mengurangi pemakaian BBM sehingga otomatis menekan defisit transaksi berjalan Indonesia.

EKONOMI | 14 Mei 2021

Sri Mulyani Tak Sempat Libur Lebaran, Kebut RUU APBN 2022

Iia harus menyelesaikan beberapa RUU dan melalukan penyusunan RUU APBN 2022 yang nantinya harus didiskusikan bersama DPR.

EKONOMI | 14 Mei 2021

"Pom-pom" Kripto ala Elon Musk Akan Mengundang Kecurigaan Regulator

Bitcoin turun tajam sementara dogecoin naik sekitar 20% hanya karena dua cuitan dari pendiri dan CEO Tesla Elon Musk.

EKONOMI | 14 Mei 2021

Kempupera Targetkan Uji Laik Fungsi Jalan Tol Serang-Panimbang pada Juni

Kempupera terus melakukan upaya percepatan pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang di Banten.

EKONOMI | 14 Mei 2021

Konsumsi Media Lewat Mobile di AS Naik 460% dalam 10 Tahun Terakhir

Mobile menjadi medium paling banyak digunakan dengan waktu guna per hari mencapai 4 jam 12 menit per hari, naik 460% dibanding 10 tahun lalu.

EKONOMI | 14 Mei 2021

Menhub: PT Kereta Commuter Indonesia Tidak Profesional Atur Penumpang

Budi Karya Sumadi menilai PT KCI tidak profesional dalam mengatur jumlah penumpang sehingga terjadi penumpukan dan berpotensi menjadi klaster Covid-19.

EKONOMI | 14 Mei 2021

Banjir Bandang Parapat, DPR Desak Menteri Siti Nurbaya Turun Langsung Tumpas Illegal Logging

Junimart Girsang desak Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk segera turun langsung ke lapangan pascabanjir bandang di Parapat, Sumut.

EKONOMI | 14 Mei 2021

Semua Pihak Harus Kawal Regulasi Sektor Kelautan dan Perikanan Turunan dari UU Cipta Kerja

Masyarakat harus kawal regulasi terkait sektor kelautan dan perikanan yang merupakan turunan dari UU Cipta Kerja.

EKONOMI | 14 Mei 2021

Saham Alibaba Anjlok Setelah Mencatat Rugi di Luar Perkiraan

Saham Alibaba di pasar modal AS turun 3% di praperdagangan Jumat (14/5/2021). Sementara di Hong Kong, saham Alibaba turun 5%.

EKONOMI | 14 Mei 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS