Logo BeritaSatu

Ganti Nama, Sebagian Ruas Tol Japek II dari Arah Jakarta Ditutup Sementara

Minggu, 11 April 2021 | 07:50 WIB
Oleh : Theresa Desfika / JEM

Jakarta, Beritasatu.com – Sebagian Ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated pada on ramp dari arah Jakarta menuju Cikampek Km 10A Junction Cikunir akan ditutup sementara pada Senin (12/4/2021) mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB. Penutupan tersebut dalam rangka penggantian nama jalan tol yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2019 silam.

"Dalam rangka penggantian nama Jalan Tol Japek II Elevated yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Desember 2019 silam, serta merujuk pada Surat Izin Menteri PUPR No. BM.07.02-Mn/635, tanggal 8 April 2021, maka akan dilakukan Penutupan Sementara Sebagian Ruas Tol Japek Layang pada on ramp dari arah Jakarta menuju Cikampek Km 10A Junction Cikunir pada hari Senin, 12 April 2021 mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB," demikin rilis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dikutip Minggu (11/4/2021).

Penutupan dua lajur hanya dilakukan pada akses masuk Tol Japek II Elevated yang mengarah ke Cikampek selama 5 jam tersebut.

"Selama waktu penutupan tersebut, pengguna jalan tetap dapat melalui Tol Japek Elevated dari arah JORR (Rorotan-Bintara) atau dengan menggunakan jaringan jalan tol lama (bagian bawah). Sementara arus lalu lintas Japek II Elevated dari arah Timur (Karawang-Km 47 B) menuju ke Jakarta tidak mengalami penutupan atau pengalihan lalu lintas, artinya ruas tol Japek II Elevated tetap dioperasikan normal seperti biasa," tulis rilis tersebut.

Jalan Tol Japek II Elevated yang telah beroperasi tersebut telah menjadi salah satu solusi kemacetan yang sering terjadi di ruas vital tersebut. Ruas tol Japek II Elevated merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia dan menjadi jalan tol bertingkat (double decker motorway) yang pertama di Indonesia karena dibangun di atas Jalan tol Jakarta-Cikampek.

Tujuan dibangunnya jalan tol ini adalah untuk memisahkan pergerakan komuter jarak pendek Jakarta-Bekasi-Cikarang (lajur kolektor/eksisting) dengan pergerakan jarak jauh tujuan Cirebon, Bandung, Semarang, dan Surabaya (lajur ekspres/layang), khususnya golongan I non-bus.

Pembangunan Jalan Tol Layang Japek dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk (kerja sama operasi). Pengusahaannya dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) yang merupakan anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan nilai investasi Rp 16,2 triliun.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pengusaha Transportasi Pariwisata Harap Restrukturisasi Utang Dipermudah

Kesulitan pengusaha angkutan transportasi darat karena seluruh destinasi wisata ditutup untuk mencegah penularan Covid-19.

EKONOMI | 11 April 2021

Dharma Satya Siap Bagikan Dividen Rp 130,7 Miliar, Cek Jadwalnya

Jumlah dividen untuk tahun buku 2020 mengalami peningkatan 150% dibandingkan dengan tahun buku 2019.

EKONOMI | 11 April 2021

Perluas Bisnis Listrik, Medco Gandeng Kansai Electric Power .

Medco Power dan Kansai Electric akan membentuk unit usaha baru mengoperasikan pembangkit listrik berbahan bakar gas.

EKONOMI | 11 April 2021

Startup Pertanian Cerdas Asal Indonesia Menangkan Program SIF

Startup perusahaan pertanian cerdas asal Indonesia, Neurafarm, menjadi salah satu dari enam pemenang program yang digelar Singapore International Foundation.

EKONOMI | 11 April 2021

Samaraland Luncurkan Cluster Terbaru di Perumahan Serpong Green Paradise

Samaraland, salah satu pengembang properti baru nasional, di awal tahun 2021 terus bergerak dengan memberikan jawaban atas kebutuhan hunian berkualitas.

EKONOMI | 10 April 2021

Kolaborasi Jadi Kunci Kebangkitan UMKM di Masa Pandemi

Angka penjualan UMKM selama pandemi Covid-19 turun hingga 60%.

EKONOMI | 10 April 2021

Pabrik PT Kahayan Karyacon Sudah Enam Bulan Menganggur, 192 Karyawan Terlantar

Mesin pabrik bata ringan, PT Kahayan Karyacon, sudah enam bulan menganggur.

EKONOMI | 10 April 2021

China Railway Group Limited Resmikan Kantor Pusat di Indonesia

Dibukanya kantor pusat CREC di Indonesia yang diharapkan dapat memperkuat hubungan kerja sama dalam mengembangkan infrastruktur perkeretaapian.

EKONOMI | 10 April 2021

Chevron Manfaatkan Solusi Digital di Tengah Pandemi

Pemanfaatan teknologi digital memudahkan sistem pemantauan dan menjaga tingkat kepatuhan pekerja terhadap aturan dan prosedur internal sehingga potensi penyebaran virus dapat ditekan

EKONOMI | 10 April 2021

Menperin Ibaratkan Indonesia-Jerman Si Kembar dalam Pewayangan

Indonesia dan Jerman aktif menjalin kerja sama erat dan komprehensif.

EKONOMI | 10 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS