Waskita Toll Road Divestasi 30% Tol Medan ke Investor Hongkong
Logo BeritaSatu

Waskita Toll Road Divestasi 30% Tol Medan ke Investor Hongkong

Selasa, 9 Maret 2021 | 06:01 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Waskita Toll Road (WTR), anak perusahaan dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk, telah sepakat melakukan divestasi 30% saham di Ruas Tol Medan–Kualanamu-Tebing Tinggi kepada investor Road King Expressway (RKE) melalui anak perusahaannya Kings Ring Limited (KRL).

Direktur Utama WTR, Septiawan Andri Purwanto mengatakan bahwa pelaksanaan divestasi ruas Tol Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi merupakan strategi bisnis WTR dan diharapkan menjadi momentum baik untuk rencana divestasi di masa mendatang.

“Setelah perjanjian awal ini disepakati, kami akan segera memproses dokumen dan melengkapi apa saja yang dibutuhkan pihak investor maupun WTR sebelum penandatanganan Sales Purchase Agreement dilakukan," kata Septiawan dalam keterangan resminya, Senin (8/3/2021).

Kesepakatan divestasi ditandai dengan penandatanganan Conditional Sale Purchase Agreement (CSPA) antara PT Waskita Toll Road dan Kings Ring Limmited sebagai anak perusahaan RKE. RKE merupakan salah satu investor asal Hongkong yang berpengalaman lebih dari 20 tahun menjadi investor jalan tol di Tiongkok.

Melalui anak perusahaannya tersebut, RKE sepakat mengambil alih seluruh saham WTR di Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) sebesar 30% dengan transaksi senilai Rp 824 miliar yang akan dibayarkan secara bertahap setelah ditandatanganinya Akta Jual Beli/Sales Purchase Agreement apabila seluruh dokumen dan legalitas telah dilengkapi.

Sejalan dengan Septiawan, Direktur Business Development & QHSE PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Fery Hendriyanto menambahkan penandatanganan CSPA merupakan momentum baik untuk meningkatkan kepercayaan investor dalam berinvestasi di bidang infrastruktur jalan tol.

Menurut Fery, penandatanganan CSPA hanyalah awal dari semua peluang investasi di Indonesia. Transaksi tersebut sekaligus menunjukkan peluang investasi yang tak terhitung jumlahnya di Indonesia. Bukan hanya proyek di jalan tol, tapi juga di sektor lain.

"Kami berharap proses divestasi ini berjalan dengan lancar sehingga sinergi kerja sama antara Waskita Group dan Road King Expressway dapat berjalan lancar," ujarnya.

Sebagai informasi ruas Medan–Kualanamo–Tebing Tinggi ini merupakan jalan tol yang terletak di Sumatera Utara dan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Ruas tersebut memiliki panjang 61,7 Km yang telah beroperasi penuh sejak tahun 2016. Keberadaan ruas tol ini penting untuk menghubungkan Kota Medan dan daerah sekitarnya khususnya menuju Bandara Kualanamu dan wilayah Tebing Tinggi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Wall Street Mixed di Tengah Harapan Pemulihan Ekonomi AS

Di Wall Street, Dow Jones naik 1%, S&P 500 turun 0,5%, Nasdaq anjlok 2,4%.

EKONOMI | 9 Maret 2021

PT Adaro Indonesia Mulai Kembangkan Energi Terbarukan

Selain mulai mengembangkan energi terbarukan, PT Adaro Indonesia juga mengekspor batu bara yang lebih ramah lingkungan.

EKONOMI | 8 Maret 2021

Arwana Citra Mulia Incar Laba Bersih Rp 420 Miliar

Arwana baru saja menyelesaikan pembangunan pabrik Plant 5B di Mojokerto, Jawa Timur.

EKONOMI | 8 Maret 2021

Arwana Citramulia Bagikan Dividen Tunai Rp 217,67 Miliar

RUPST Arwana Citramulia memutuskan untuk membagikan sisa keuntungan kepada para pemegang saham sebagai dividen, dengan total nilai mencapai Rp 217,67 miliar

EKONOMI | 8 Maret 2021

BBM Oktan Rendah Perlu Dikurangi Bertahap

Pemerintah seharusnya sudah bisa menghadirkan BBM yang tingkat kualitasnya bagus bagi lingkungan.

EKONOMI | 8 Maret 2021

Kemkop dan UKM Akan Cetak Wirausaha Muda Berpendidikan, Inovatif, dan Berbasis Teknologi

Kemkop dan UKM mendapat arahan Presiden Joko Widodo untuk menghasilkan wirausaha muda berpendidikan yang inovatif berbasis teknologi.

EKONOMI | 8 Maret 2021

Rendahnya Utilisasi Industri Dalam Negeri Jadi Tantangan Substitusi Impor

Akibat pandemi, tingkat utilisasinya rata-rata tidak sampai 60%.

EKONOMI | 8 Maret 2021

Pelindo 1 Tingkatkan Kompetensi SDM Pandu Selat Malaka

PT Pelindo 1 bersama Kesyahbandaran Utama Belawan berkolaborasi untuk melaksanakan penyegaran pengujian komunikasi Bahasa Inggris bagi perwira pemandu.

EKONOMI | 8 Maret 2021

PP UU Ciptaker Sudah Baik Arahnya

Peraturan turunan UU Ciptaker tersebut dinilai relatif sudah menampung kepentingan dunia usaha, meski masih ada beberapa catatan.

EKONOMI | 8 Maret 2021

Tarif Tenaga Listrik Pelanggan Nonsubsidi Periode April - Juni 2021 Tetap

Pemerintah tetapkan penyesuaian tarif tenaga listrik periode April-Juni 2021 untuk 13 pelanggan nonsubsidi per 1 April sampai dengan 30 Juni 2021 tidak naik.

EKONOMI | 8 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS