Perluas Jaringan, Garuda Buka Rute Khusus Kargo Surabaya-Hong Kong
Logo BeritaSatu

Perluas Jaringan, Garuda Buka Rute Khusus Kargo Surabaya-Hong Kong

Minggu, 7 Maret 2021 | 09:54 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mulai Sabtu (6/3/2021), resmi melayani penerbangan rute khusus kargo Surabaya – Hong Kong. Hal ini merupakan bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional, khususnya wilayah Jawa Timur.

Dalam penerbangan perdana tersebut, Garuda Indonesia mengangkut komoditas unggulan dari Jawa Timur yang terdiri dari produk UMKM Jawa Timur, komoditas perikanan, dan hasil produksi lainnya.

Penerbangan khusus kargo Rute Surabaya-Hong Kong dilayani sebanyak 1 kali setiap minggunya dengan armada Airbus A330-300 yang memiliki daya angkut mencapai 30-40 ton di setiap penerbangannya.

Rute khusus kargo Surabaya-Hong Kong ini berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 06.00 WIB dan tiba di Hong Kong pada pukul 12.00 waktu setempat.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, penerbangan rute khusus kargo menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan diperkuat selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh.

“Dengan pengembangan jaringan penerbangan kargo ini, kami berharap kegiatan direct export komoditas unggulan dari kawasan Surabaya dan sekitarnya dapat semakin berdaya saing, sehingga dapat mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya wilayah Jawa Timur,” ujar Irfan dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Minggu (7/3/2021).

“Kehadiran penerbangan kargo ini juga diharapkan mempersingkat waktu pengiriman tanpa harus melakukan transit di beberapa hub penerbangan sehingga kualitas produk menjadi lebih terjaga tentunya dengan cost logistik yang lebih kompetitif. Dengan demikian, harga komoditas ekspor dapat menjadi lebih bersaing di pasar global,” tambah Irfan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hong Kong yang mulai beroperasi per 6 Maret. Hal ini tentunya akan berkontribusi positif untuk membantu ekspor kita ke Hong Kong sekaligus meningkatkan daya saing produk kita," ungkap Khofifah.

Khofifah mengharapkan pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut dapat dilihat sebagai peluang bagi pelaku UMKM khususnya yang berada di wilayah Jawa Timur.

“Harapannya, peluang tersebut bisa meningkatkan semangat yang lebih bagi pelaku UMKM kita untuk berkembang dan berdaya saing,” ujar Khofifah.

Sebelumnya, sejalan dengan upaya pengembangan jaringan penerbangan logistik dari wilayah Jawa Timur, Garuda Indonesia juga telah menerbangkan penerbangan khusus kargo dengan rute Surabaya-Banjarmasin-Balikpapan 6 kali setiap minggunya menggunakan armada B737-800NG dengan rata-rata pengangkutan komoditas telur tetas dan general cargo hingga 13,5 ton di setiap penerbangannya.

Selain itu, sejalan dengan upaya optimalisasi pasar kargo dan dukungan terhadap daya saing komoditas unggulan nasional, Garuda Indonesia sebelumnya juga telah melayani penerbangan khusus kargo Manado-Narita, Makassar-Singapura serta Denpasar-Hong Kong.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Proses Evakuasi Batik Air yang Alami Kendala Teknis Rampung

Dalam penerbangan, Batik Air membawa enam awak pesawat, 114 penumpang dewasa, dua anak-anak, serta satu balita.

EKONOMI | 7 Maret 2021

Sebelum Terbang, Batik Air yang Alami Masalah Roda Sudah Lakukan Pemeriksaan

Batik Air penerbangan ID-6803 telah mendarat dan pesawat udara berhenti pada posisi berada di landas pacu (runway).

EKONOMI | 7 Maret 2021

Menaker Dorong Link and Match Pendidikan dan Dunia Kerja

Kemnaker mendukung proyek prioritas pendukung perekonomian guna meningkatkan kompetensi SDM diIndonesia timur.

EKONOMI | 7 Maret 2021

Petrokimia Gresik Teken MoU Agro Solution dengan 6 Mitra

Program Agro Solution ini adalah peningkatan produktivitas hasil pertanian, dalam rangka mendongkrak kesejahteraan petani.

EKONOMI | 6 Maret 2021

Beredar Kabar Proyek Tol Padang-Sicincin Dihentikan, Ini Penjelasan Hutama Karya

Pengerjaan jalan Tol Padang-Sicincin mengalami banyak kendala.

EKONOMI | 6 Maret 2021

Menhub Targetkan Pembangunan Stasiun Jatake Rampung Satu Tahun

Pembangunan Stasiun Jatake akan dilakukan dengan skema konsesi antara KAI dengan Sinar Mas Land.

EKONOMI | 6 Maret 2021

Sri Mulyani: Jumlah Perempuan di Kabinet Selalu Minoritas

Sri Mulyani menekankan pentingnya kesempatan yang sama antara laki-laki dan perempuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi.

EKONOMI | 6 Maret 2021

Tanggapan Sri Mulyani Soal Perempuan Diupah Lebih Rendah

Menurut Sri Mulyani, pemahaman tentang hak yang sama antara laki-laki dan perempuan ini harus ditanamkan sejak dini.

EKONOMI | 6 Maret 2021

Industri Farmasi Online Masih Tumbuh Pesat pada 2021

Industri farmasi atau apotek online dan layanan kesehatan digital pada 2021 hingga tahun depan diprediksi masih meningkat tajam. Hal ini dipicu oleh pandemi Covid-19 yang belum usai sehingga masyarakat memilih dan terbiasa menggunakan layanan ini ketimbang harus ke luar rumah.

EKONOMI | 6 Maret 2021

Lagi Ngetren, Penjualan Produk Tanaman Naik 4 Kali Lipat di Tokopedia

Ada kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada sub kategori taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia.

EKONOMI | 6 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS