Perkuat Ketahanan Pangan Nasional untuk Indonesia Maju
Logo BeritaSatu

Perkuat Ketahanan Pangan Nasional untuk Indonesia Maju

Kamis, 4 Maret 2021 | 18:12 WIB
Oleh : RIX

Jakarta, 4 Maret 2021 –Sebagai salah satu perwujudan BUMN untuk Indonesia dan implementasi core values BUMN, AKHLAK untuk membangun kerja sama yang sinergis (kolaboratif) dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa, Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Edi Witjara dan Direktur Transformasi Bisnis PT Pupuk Indonesia (Persero) Panji Winanteya Ruky melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Sinergi Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan, bertempat di Telkom Landmark Tower Jakarta pada hari Kamis (4/3).

Nota Kesepahaman menyepakati ruang lingkup kerja sama yang meliputi pengembangan riset bersama, pengembangan arsitektur sistem informasi, implementasi, dan pembuatan program aplikasi, pengembangan digitalisasi pemasaran dan/atau distribusi produk, pengelolaan sumber daya pendukung yang terintegrasi, serta kerja sama lainnya yang dipandang perlu secara sinergis oleh kedua belah pihak untuk mendukung operasional perusahaan secara transparan, akurat, dan efektif.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini dan kepercayaan yang diberikan Pupuk Indonesia kepada Telkom untuk turut andil dalam transformasi bisnis PIHC.

“Dengan infrastruktur, platform, dan layanan digital yang dimiliki, kami berkomitmen mendukung digitalisasi Pupuk Indonesia dalam distribusi yang teintegrasi hulu ke hilir sehingga subsidi pupuk dapat berjalan efektif dan sampai ke petani serta hasilnya nyata pada peningkatan produktivitas pertanian. Sebelumnya pada akhir 2020 Telkom telah menuntaskan program digitalisasi 5.518 SPBU. Semoga digitalisasi distribusi pupuk juga dapat segera direalisasikan. Diharapkan ini dapat menjadi langkah baik bagi kita untuk menyukseskan program ketahanan pangan Indonesia,” ujar Edi.

Selanjutnya Edi menambahkan, Telkom memiliki produk digital Agree sebagai suatu solusi bagi petani, ekosistem pertanian termasuk produsen pupuk, hingga ke offtaker dan pembiayaan yang saat ini sudah melibatkan HIMBARA. Agree ini sudah diluncurkan bersama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia untuk digunakan oleh para petani Indonesia.

Pupuk Indonesia telah menerapkan digitalisasi dalam berbagai bidang, terutama guna mendukung program transformasi perusahaan dan perubahan dari perusahaan yang production centric menjadi customer centric. Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia Panji Winanteya Ruky dalam sambutannya mengatakan, sangat penting bagi Pupuk Indonesia untuk menjalin kerjasama dalam bidang teknologi informasi untuk mengembangkan aktivitas bisnis perusahaan terlebih dalam era disrupsi ini. “Kami memiliki visi untuk meningkatkan kapabilitas analitis dan digital perusahaan pada 2024, sebagai bagian dari proses transformasi perusahaan,” ujar Panji.

Sejumlah inisiatif strategis perusahaan dalam bidang digitalisasi antara lain adalah mengimplementasikan sistem Distribution Planning Control System (DPCS), yakni sistem berbasis data geospasial yang mampu melacak proses distribusi pupuk dan memantau stok pupuk bersubsidi secara real time, sehingga dapat meminimalisasi potensi kekurangan pupuk serta meningkatkan akurasi perencanaan distribusi. Kemudian penerapan Retail Management System, untuk meningkatkan akurasi data pelanggan dan petani guna mengoptimalkan penjualan produk-produk perusahaan, serta product tracking untuk pengendalian distribusi pupuk bersubsidi yang lebih baik.

“Kami berharap melalui kerja sama ini, Pupuk Indonesia bisa memperoleh juga data yang lebih akurat sehingga kami bisa melayani masyarakat dengan lebih baik, serta meningkatkan akurasi dalam kegiatan perusahaan, khususnya di bidang penjualan produk retail”, demikian kata Panji.

Melalui kolaborasi antara Telkom dengan Pupuk Indonesia ini, kedua belah pihak dapat saling memberikan manfaat dan nilai tambah sesuai dengan kapabilitas masing-masing. “Dengan semangat sinergi mari kita sukseskan program digitalisasi ini. Semoga dengan adanya digitalisasi ini, dapat mewujudkan BUMN sebagai lokomotif utama dalam mencapai misi penguatan ketahanan pangan nasional serta menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” tutup Edi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Danone Indonesia Raih Tiga Penghargaan Indonesia PR of The Year 2021

Arif Mujahidin, Corporate Communication Danone Indonesia menyatakan program komunikasi untuk membangun kepercayaan publik masih harus terus dilakukan.

EKONOMI | 4 Maret 2021

Tingkatkan Desain Produk Industri, Kemperin Gelar Kembali Kompetisi IGDS

Kemperin kembali menggelar kompetisi Indonesia Good Design Selection (IGDS) yang pada tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-18 kali.

EKONOMI | 4 Maret 2021

Ini 5 Saham Teraktif IHSG Hari Ini

IHSG terkoreksi 1,3%. Harga ANTM turun 6,67%, BBCA menurun 4%, BBRI terkoreksi 1,86%, TLKM melemah 2,33%, dan BBKP menguat 1,72%.

EKONOMI | 4 Maret 2021

Simak, Ini Sentimen-sentimen dan Rekomendasi Saham IHSG Maret

PT Mirae Asset Sekuritas memproyeksikan IHSG pada bulan Maret menguat terbatas dengan pergerakan support level di 6.241 dan resistence level di 6.428.

EKONOMI | 4 Maret 2021

IHSG Ditutup Melemah, Lima Saham Ini Paling Cuan

Top gainers IHSG hari ini antara lain BABP menguat 34,41%, AMAR naik 25%, IKAN meningkat 23,08%, BHIT melonjak 12,70%, dan ASSA terangkat 11,62%

EKONOMI | 4 Maret 2021

Fasilitas Pembebasan Bea Masuk dan Pajak Impor Alat Kesehatan Capai Rp 2,89 Triliun

Fasilitas pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) atas impor alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 di tahun lalu senilai Rp 2,89 triliun.

EKONOMI | 4 Maret 2021

Bank BTN Targetkan KPR Subsidi Tumbuh Double Digit

Untuk market share KPR Subsidi, Bank BTN berada di posisi paling depan dengan kontribusi 89%.

EKONOMI | 4 Maret 2021

Pandemi, BTN Harus Fokus Pembiayaan Program Sejuta Rumah

Pada masa pandemi Covid 19 yang belum menentu ini, Bank Tabungan Negara lebih baik untuk memfokuskan diri untuk mewujudkan program sejuta rumah.

EKONOMI | 4 Maret 2021

Hingga 2024, Pertamina Butuh Capex US$ 92 Miliar

PT Pertamina (Persero) sepanjang 2020-2024 membutuhkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar US$ 92 miliar.

EKONOMI | 4 Maret 2021

Ini 7 Arahan Presiden Jokowi di Rakernas Kemdag 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tujuh arahan kepada jajaran Kementerian Perdagangan (Kemdag).

EKONOMI | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS