Unilever Berkomitmen Bantu Tingkatkan Penyerapan Sampah
Logo BeritaSatu

Unilever Berkomitmen Bantu Tingkatkan Penyerapan Sampah

Kamis, 4 Maret 2021 | 08:20 WIB
Oleh : Severiano Cruel / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - PT Unilever Indonesia, Tbk berkomitmen untuk membantu meningkatkan penyerapan sampah melalui fasilitas Refuse Derived Fuel (RDF) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jeruk Legi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Peningkatannya dari 120 ton/hari di tahun 2020 menjadi lebih dari 200 ton/hari dalam 5 tahun ke depan. Perusahaan tersebut telah melakukan kerja sama dengan PT Solusi Bangun Indonesia, Tbk dan Kabupaten Cilacap

Diresmikan Juli 2020 lalu, TPA Jeruk Legi adalah TPA pertama di Indonesia yang menghasilkan sumber energi terbarukan dengan teknologi RDF, yaitu teknologi yang mengolah sampah menjadi energi biomassa yang selanjutnya digunakan sebagai sumber energi terbarukan rendah emisi, untuk mengggantikan batu bara pada proses pembakaran di pabrik industri semen dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap.

Head of Corporate Affairs and Sustainability PT Unilever Indonesia, Tbk. Nurdiana Darus, menerangkan, sebagai perusahaan yang memiliki komitmen kuat untuk membantu mengatasi permasalahan sampah, Unilever Indonesia turut mengurai permasalahan sampah mulai dari hulu ke hilir rantai bisnis mereka melalui berbagai bentuk kolaborasi.

Dia mengungkapkan, dengan semangat #MariBerbagiPeran Sayangi Bumi, hari ini Unilever mengukuhkan kerja sama dengan Pemerintah dan sesama pihak produsen yaitu SBI di dalam fasilitas RDF Jeruk Legi.

Ini merupakan sebuah langkah sinergis untuk bersama-sama berbagi peranan dalam mengatasi masalah sampah kemasan plastik di bagian hilir pengolahan sampah.

Nurdiana menjelaskan, sejak November 2020 lalu, pihaknya berkomitmen membantu pemerintah Cilacap untuk meningkatkan kapasitas sampah terolah menjadi RDF di fasilitas RDF Jeruk Legi dari semula sebanyak 120 ton/hari di tahun 2020 menjadi lebih dari 200 ton/hari dalam 5 tahun ke depan.

Dia mengatakan, melalui kontribusi yang diwujudkan dalam pengadaan armada pengangkutan sampah, Unilever akan membantu meningkatkan kapasitas sampah terolah di fasilitas RDF Jeruk Legi dari yang semula hanya melayani Kota Cilacap di tahun 2020, ke kecamatan lain di kabupaten Cilacap meliputi Kroya, Sidareja dan Majenang.

Nurdiana berharap, kolaborasi ini dapat menginspirasi pihak swasta lain untuk turut mendorong supply dan demand yang akhirnya mampu mendukung laju penerapan RDF sebagai tonggak baru pengelolaan sampah di Indonesia.

"Kami percaya seluruh pihak memiliki andil untuk membuat perubahan, untuk itu, #MariBerbagiPeran Sayangi Bumi," ucap dia dalam sebuah webinar, Rabu (3/3/2021).

Direktur Manufaktur PT Solusi Bangun Indonesia, Lilik Unggul Raharjo, mengatakan, pihaknya memanfatkan bahan bakar alternatif dari sampah yang dihasilkan dari fasilitas pengolahan sampah atau RDF milik Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Ini merupakan langkah nyata PT Solusi Bangun Indonesia, Tbk. membantu untuk menjaga lingkungan agar tetap berkelanjutan serta menciptakan ekonomi sirkular.

Dia menjelaskan, kerja sama SBI dengan Unilever Indonesia mencerminkan sinergi yang saling melengkapi. Unilever Indonesia berperan membantu pemerintah Cilacap dalam pengumpulan dan pengangkutan sampah terolah paska konsumsi sebagai bahan baku RDF. "Sementara kami berperan dalam memproses sampah tersebut guna menghasilkan RDF berkualitas yang kemudian diserap oleh sejumlah pabrik kami sebagai sumber energi ramah lingkungan," ucap dia.

Direktur Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Novrizal Tahar, mengatakan, pemerintah secara masif mendorong implementasi teknologi RDF untuk menyelesaikan permasalahan sampah di berbagai wilayah Indonesia.

Kementerian melihat potensi besar RDF sebagai salah satu cara untuk mencapai kemampuan pengelolaan sampah 100% pada tahun 2025.

"Tidak hanya tugas pemerintah, kolaborasi yang lebih erat dengan seluruh pemangku kepentingan, khususnya pihak swasta, dapat menjadikan teknologi ini sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi sirkular melalui prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan," ujar dia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

PPnBM Mobil, Diskon Toyota Vios Paling Besar hingga Rp 65 Juta

Harga Vios bisa berkurang Rp 59 juta hingga Rp 65 juta.

EKONOMI | 4 Maret 2021

PPnBM 21 Varian Mobil Didiskon, Komponen Lokal Xpander dan Livina Paling Besar

Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross dan Nissan Livina memiliki kandungan lokal paling tinggi yakni 80%.

EKONOMI | 4 Maret 2021

Bursa AS Anjlok karena Saham Teknologi di Tengah Kenaikan Imbal Hasil

S&P 500 turun 1,3% menjadi 3.819,72.

EKONOMI | 4 Maret 2021

Bursa Eropa Bervariasi karena Imbal Hasil Obligasi dan Anggaran Inggris

Pan-European Stoxx 600 ditutup mendatar setelah sebelumnya naik 0,7%.

EKONOMI | 4 Maret 2021

Kemhub Siapkan Sejumlah Proyek Potensial Didanai LPI

Kemhub dalam merespons SWF siapkan beberapa proyek seperti pelabuhan di Garonggong, Pelabuhan Ambon dan Palembang.

EKONOMI | 4 Maret 2021

BI Kembali Selenggarakan Karya Kreatif Indonesia 2021

Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 berfokus pada penguatan peran daerah dalam mempromosikan produk-produk UMKM.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Standard Chartered Perbesar Layanan di Segmen Menengah Atas

Layanan Wealth Management Standard Chartered Bank Indonesia akan memperluas pilihan produk bagi nasabah dengan prinsip berkelanjutan (ESG).

EKONOMI | 3 Maret 2021

Pertamina Call Center 135 Raih 7 Penghargaan Global

Kualitas layanan Pertamina Call Center (PCC) 135 telah diakui secara internasional.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Bank Jatim Gandeng Dishub Tuban Layani Pembayaran Uji Kir

Pembayaran uji kir dengan menggunakan layanan digital Bank Jatim, Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

EKONOMI | 3 Maret 2021

Kolaborasi OVO - HappyFresh Dukung Pengguna Berbelanja dari Rumah Saja

Platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka di Indonesia, menjalin kolaborasi untuk transaksi pembayaran digital dengan HappyFresh.

EKONOMI | 3 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS