Bursa Eropa Bervariasi karena Imbal Hasil Obligasi dan Anggaran Inggris
Logo BeritaSatu

Bursa Eropa Bervariasi karena Imbal Hasil Obligasi dan Anggaran Inggris

Kamis, 4 Maret 2021 | 05:28 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

London, Beritasatu.com - Bursa Eropa ditutup melemah pada pedagangan Rabu (3/3/2021) karena investor memantau pergerakan imbal hasil obligasi (Treasury) AS. Investor juga fokus pada pendapatan dan anggaran terbaru Inggris.

Pan-European Stoxx 600 ditutup mendatar setelah sebelumnya naik 0,7%. Indeks FTSE 100 London menguat 0,8% setelah pidato anggaran Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak. Sektor otomotif bertambah 2,6% didukung prospek optimistis Stellantis, sementara utilitas merosot 2,6%.

Sentimen terguncang pada Rabu karena imbal hasil obligasi pemerintah AS 10 tahun naik lagi, melampaui 1,47% setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan negaranya akan memiliki pasokan vaksin Covid-19 cukup besar untuk disuntikkan pada orang dewasa pada akhir Mei, 2 bulan lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Di Wall Street, saham teknologi menyeret S&P 500 di tengah kenaikan imbal hasil obligasi, sementara saham terkait dengan pemulihan ekonomi memberikan dukungan pasar.

Kembali ke Eropa, Menteri Keuangan Inggris Rabu mengumumkan bahwa pajak perusahaan akan meningkat menjadi 25% pada April 2023 karena pemerintah berupaya memulihkan keuangan publik setelah pandemi Covid-19. Sunak mengumumkan langkah-langkah fiskal senilai £ 65 miliar lebih lanjut untuk tahun 2021/2022, menjadikan total dana pemerintah sejak awal pandemi menjadi £ 407 miliar.

Di sisi data, pembacaan IMP komposit zona euro IHS Markit (indeks manajer pembelian) bulan Februari berada di 48,8, naik dari 47,8 pada Januari dan melebihi ekspektasi analis, tetapi menandakan bahwa aktivitas ekonomi di blok tersebut tetap dalam kontraksi. "Zona Euro menghadapi kemungkinan jatuh kembali ke resesi, bukan berarti pemulihan sebelumnya sangat berarti," kata ekonom VTB Capital, Neil MacKinnon.

Data ekonomi yang masuk baru-baru ini menunjukkan bahwa risiko resesi tidak hanya di blok selatan yang terbebani utang, tetapi juga di Jerman.

Kinerja pendapatan pada Selasa (2/3/2021) berasal dari Vivendi, Stellantis, Prudential dan Persimmon. Emiten properti menerima dorongan dari skema jaminan hipotek baru yang diumumkan dalam anggaran Inggris, mengirim saham Bellway, Barratt Developments, dan Taylor Wimpey menguat.

Stellantis, yang dibentuk dari penggabungan Peugeot dan Fiat Chrysler, mengumumkan akan menargetkan margin laba operasi antara 5,5% dan 7,5% pada tahun 2021 seiring pulihnya industri otomotif. Saham Stellantis turun sedikit setelah sebelumnya naik 1%.

Induk British Airways IAG naik 6,8% di tengah janji dukungan bisnis lebih lanjut dari pemerintah Inggris. Perusahaan transportasi Jerman Kuehne + Nagel melonjak 7,1% memimpin Stoxx 600 setelah pendapatan yang kuat. Sementara perusahaan asuransi Inggris Hiscox merosot 11,8% setelah mengalami kerugian setahun penuh karena beban klaim saat pandemi.



Sumber: CNBC


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kemhub Siapkan Sejumlah Proyek Potensial Didanai LPI

Kemhub dalam merespons SWF siapkan beberapa proyek seperti pelabuhan di Garonggong, Pelabuhan Ambon dan Palembang.

EKONOMI | 4 Maret 2021

BI Kembali Selenggarakan Karya Kreatif Indonesia 2021

Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 berfokus pada penguatan peran daerah dalam mempromosikan produk-produk UMKM.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Standard Chartered Perbesar Layanan di Segmen Menengah Atas

Layanan Wealth Management Standard Chartered Bank Indonesia akan memperluas pilihan produk bagi nasabah dengan prinsip berkelanjutan (ESG).

EKONOMI | 3 Maret 2021

Pertamina Call Center 135 Raih 7 Penghargaan Global

Kualitas layanan Pertamina Call Center (PCC) 135 telah diakui secara internasional.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Bank Jatim Gandeng Dishub Tuban Layani Pembayaran Uji Kir

Pembayaran uji kir dengan menggunakan layanan digital Bank Jatim, Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

EKONOMI | 3 Maret 2021

Kolaborasi OVO - HappyFresh Dukung Pengguna Berbelanja dari Rumah Saja

Platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka di Indonesia, menjalin kolaborasi untuk transaksi pembayaran digital dengan HappyFresh.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Industri Elektronik di Cikarang Ekspor 40.000 Unit Set Top Box ke Brasil

Industri elektronik di Tanah Air terus menunjukkan geliatnya di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Sinergi Smesco dan Kimia Farma Pasarkan Produk Herbal dan Spa UKM

Teten berharap sinergi ini dapat dimanfaatkan pelaku UKM di Tanah Air untuk mendapatkan akses pemasaran yang lebih luas.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Teten Masduki Dorong New Branding UMKM yang Lebih Modern

Teten Masduki mendorong ada new branding bagi para pelaku UMKM Indonesia.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Bank DKI Pertahankan Peringkat Rating AA- dari Pefindo

Rating yang diberikan Pefindo merupakan penanda yang baik atas pencapaian kinerja Bank DKI.

EKONOMI | 3 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS