Sambut Era Industri 4.0, Jababeka Hadirkan Fabrication Laboratory
Logo BeritaSatu

Sambut Era Industri 4.0, Jababeka Hadirkan Fabrication Laboratory

Senin, 1 Maret 2021 | 17:32 WIB
Oleh : Lona Olavia / EHD

Cikarang, Beritasatu.com - Jababeka selaku pengembang kota mandiri dan kawasan industri di Indonesia membuka Fabrication Laboratory (Fablab) di kawasan Medical Science Center, Kota Jababeka Cikarang. Fablab Jababeka merupakan hasil kolaborasi antara anak perusahaan PT Jababeka Tbk (KIJA), yaitu PT Jababeka Infrastruktur dengan President University.

“Kami hadirkan Fablab Jababeka ini sebagai fasilitator dan wadah untuk menuangkan segala inovasi dari segala lapisan masyarakat mulai dari mahasiswa, teknisi, pekerja, komunitas, perusahaan startup, sehingga memungkinkan mereka untuk belajar dan mengimplementasikan Industri 4.0,” ujar Board of Director JababekaTjahjadi Rahardja dalam keterangan resmi, Senin (1/3/2021).

Dijelaskannya, Fablab Jababeka akan lebih memfokuskan pada pengembangan kompetensi. serta pengembangan purwarupa manufaktur untuk tenant industri. Tjahjadi menjelaskan bahwa Fablab Jababeka mengusung lima pilar utama yakni pilar showcase, capability, ecosystem, delivery dan innovation. Di mana kelima pilar ini sejalan dengan tujuan PIDI 4.0 (Pusat Inovasi Digital Industri 4.0). PIDI 4.0 merupakan suatu program pemerintah dalam pengembangan inovasi dan sumber daya manusia demi terwujudnya Indonesia 4.0.

Rektor President University Jony Haryanto menyampaikan, dengan fasilitas Fablab Jababeka, memungkinkan para pelaku industri khususnya di kawasan Jababeka untuk dapat memenuhi segala kebutuhannya di era Industri 4.0. Selain itu, melalui Fablab Jababeka dapat meningkatkan kemampuan kapabilitas individu melalui forum group discussion (FGD), workshop, training serta seminar yang akan diadakan oleh Fablab Jababeka.

Fablab Jababeka ini pun dikatakan sebagai Fablab pertama yang memiliki dukungan ekosistem matang yang siap menyambut era Industri 4.0. Ekosistem ini terbentuk dari peran serta dan kolaborasi sejumlah pemangku kepentingan yang berada di kawasan Jababeka seperti institusi pendidikan, komunitas, Living Labs, investor, Accelerator, perusahaan, media dan pemerintah.

Diharapkan dengan dukungan ekosistem ini dapat mengakselerasi industri konvensional menuju Industri 4.0 serta mempertemukan para perusahaan penyedia solusi Industri 4.0 dengan perusahaan lain yang membutuhkan solusi tersebut. Fablab Jababeka menghadirkan sejumlah fasilitas serta peralatan industri modern yang dapat digunakan para peserta. Mulai dari perangkat lunak untuk desain, mesin metal cutting, grinder, Arduino, drill hingga 3d printer, 3d scanner , 3in1 Snapmaker, Armrobotic dan Cnc Plasma.

Seluruh fasilitas ini terbuka untuk umum seperti mahasiswa, akademisi, komunitas, start up, praktisi maupun industri dengan cara mendaftarkan diri melalui website Fablab Jababeka. “Kami membuka diri bagi siapa saja yang hendak mengembangkan diri ataupun produknya dengan cara bergabung di Fablab Jababeka, karena disinilah tempat untuk belajar, berkolaborasi serta mengimplementasikan teknologi Industry 4.0,” jelas Tjahjadi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Investor Asing Koleksi 5 Saham Ini

Investor asing mengoleksi saham BMRI, BBCA, BBNI, KLBF dan BBRI.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Meikarta Luncurkan Meikarta Plaza di District 1

PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) selaku pengembang megaproyek Meikarta kembali menghadirkan produk baru di awal tahun 2021.

EKONOMI | 1 Maret 2021

IHSG Naik 1,55%, Saham INPC Pimpin Top Gainers

Investor asing mencatat transaksi beli bersih (net buy) di semua pasar sebesar Rp 65,78 miliar.

EKONOMI | 1 Maret 2021

HUT Ke-43, Jasa Marga Optimistis Dapat Melewati Tekanan Pandemi

PT Jasa Marga (Persero) Tbk optimistis dapat menghadapi Pandemi Covid-19 yang telah memberi tekanan signfikan.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Pelindo IV Akan Gandeng Swasta Bangun Makassar New Port

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) bakal menggandeng pihak swasta atau investor potensial untuk menciptakan eksosistem bisnis logistik.

EKONOMI | 1 Maret 2021

ASN Perbatasan Papua Dapat Bantuan Rumah

Warga perbatasan Papua dapat bantuan rumah.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Satgas Waspada Investasi Tetapkan Tik Tok Cash dan Snack Video Ilegal

Satgas mengingatkan masyarakat untuk selalu mewaspadai penawaran-penawaran dari berbagai pihak yang seakan-akan memberikan keuntungan mudah.

EKONOMI | 1 Maret 2021

ATI Minta Semua Pihak Konsisten Dukung Tol Aman, Nyaman dan Lancar

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) mengharapkan konsistensi semua pihak dalam mewujudkan penyediaan dan layanan jalan tol yang baik.

EKONOMI | 1 Maret 2021

Tingkatkan Layanan Kargo Bandara, AP I Gandeng ALFI

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP 1 meneken nota kesepahaman dengan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI).

EKONOMI | 1 Maret 2021

Selain DP 0%, Beli Rumah Baru Juga Bebas PPN Hingga 100%

Pemerintah juga baru saja mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 21 tahun 2021 terkait pemberian insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sektor perumahan.

EKONOMI | 1 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS