Pandemi Dorong Lembaga Jasa Keuangan Perkuat Aspek Digital
Logo BeritaSatu

Pandemi Dorong Lembaga Jasa Keuangan Perkuat Aspek Digital

Jumat, 26 Februari 2021 | 23:09 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Tren digitalisasi sudah semakin masif di berbagai sektor di Indonesia. Seluruh perusahaan, khususnya lembaga jasa keuangan, melakukan tranformasi digital. Semua berlomba memberikan kepuasan dan kemudahan kepada nasabah atau pelanggan dengan berbagai inovasi digital.

"Apalagi dengan pandemi Covid-19 yang sudah berjalan hampir 1 tahun, perusahaan semakin dipacu untuk memperkuat aspek-aspek digital dalam perusahaan,” kata Founder dan CEO Iconomics, Bram S Putro saat membuka Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands Award (Millennials’ Choice), Jumat (26/2/2021).

Bram menjelaskan, Iconomics memberikan apresiasi kepada 61 lembaga jasa keuangan yang terpilih dari sudut pandang para milenial di Indonesia, melalu ajang penghargaan Indonesia's Most Popular Digital Financial Brands Award (Millennials’ Choice).

“Apresiasi diberikan kepada perusahaan di industri jasa keuangan dengan tingkat popularitas tertinggi berdasarkan pemahaman dan apresiasi dari kaum muda dan milenial terhadap produk atau layanan digital,” jelasnya.

Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands Award (Millennials’ Choice) ditetapkan melalui kajian popularitas, yakni berdasarkan pemahaman dan apresiasi dari kaum muda milenial Indonesia. Adapun definisi milenial adalah responden yang pada Januari 2021 berusia antara 21 sampai dengan38 tahun.

Ada sejumlah tahapan yang dilakukan untuk mendapatkan perusahaan-perusahaan masuk dalam jajaran award ini. Tahap pertama melalui focus group discussion (FGD).

Kemudian, dilanjutkan dengan tahap berikutnya yakni online quantitative survey. Survei online ini, dilakukakan kepada 10.000 responden dari 10 kota besar yakni Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Palembang, Balikpapan, dan Makassar.

Saat survei tersebut, tambah Bram, ada 2 garis besar yang ditanyakan yakni digital product awareness untuk mengkaji seberapa besar pengetahuan responden milenial terhadap produk atau layanan digital perusahaan tertentu.

“Lalu mengenai digital product image, yakni mengenai seberapa besar pengetahuan responden milenial terhadap produk digital perusahaan tertentu,” pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Gandeng OHM, Mustika Ratu Dukung Industri Perhotelan dan Pariwisata

Mustika Ratu siap mendukung berjalannya industri perhotelan dan pariwisata dengan memperkuat prosedur pencegahan covid-19.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Kempupera Selesaikan 45,47 KM Peningkatan Jalan Manado - Bitung - Likupang

Kempupera terus melanjutkan pembangunan jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

EKONOMI | 26 Februari 2021

Suku Bunga Turun, Reksa Dana Tetap Jadi Opsi Investasi

Penurunan suku bunga biasanya akan membawa keuntungan untuk pasar saham dan obligasi karena berimbas pada berkurangnya cost of fund.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Indodax Dukung Langkah Pemerintah dalam Pembuatan Rupiah Digital

Pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) berencana membuat rupiah digital atau central bank digital currency.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Januari 2021, Neraca Perdagangan RI Surplus US$ 1,96 Miliar

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, pada Januari 2021, neraca perdagangan Indonesia surplus US$ 1,96 miliar.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Hingga Januari, Penjaminan Kredit KUR dari Askrindo Capai Rp 455,4 Triliun

Hingga Januari 2021, Askrindo telah memberikan penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 455,4 triliun kepada 22,8 juta UMKM.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Pemprov Jateng Gandeng Mbizmarket Luncurkan Jateng Blangkon

Program Jateng Blankon ditujukan untuk mempermudah pengadaan barang dan jasa, dengan nilai belanja maksimal hingga Rp 50 juta per transaksi.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Pembangunan Empat Bendungan di Jatim Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Kempupera melalui Ditjen Sumber Daya Air ditargetkan untuk menyelesaikan pembangunan empat bendungan di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2021.

EKONOMI | 26 Februari 2021

TaniFund dan BRI Kerja Sama Salurkan Kredit Rp 200 Miliar

TaniFund, platform peer-to-peer (P2P) lending yang bergerak dalam pembiayaan sektor agrikultur dan pangan, resmi bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Forum MNC dan AGNO Diikuti Investor Global 125 Negara

MNC Group Investor Forum 2021 ini bertujuan untuk menjadi ajang pertemuan yang bermanfaat bagi emiten maupun investor.

EKONOMI | 26 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS