PLN Tambah Serapan Gas Bumi untuk Pembangkit Listrik
Logo BeritaSatu

PLN Tambah Serapan Gas Bumi untuk Pembangkit Listrik

Jumat, 26 Februari 2021 | 18:05 WIB
Oleh : Rangga Prakoso / EHD

Jakarta, Beritasatu.com – PLN dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersinergi menambah serapan gas bumi guna menjaga ketersediaan pasokan listrik bagi pelanggan. Penambahan gas bumi ini dilakukan melalui pipa dan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) untuk kebutuhan pembangkit PLN.

Penambahan serapan gas dimulai pada triwulan 1 2021 sebanyak 3 kargo LNG dari Kilang LNG Bontang. Selain itu, PLN juga akan menambah 70 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) gas bumi melalui pipa yang berasal kontraktor kontrak kerja sama (Kontraktor KKS) di Sumatera dan Jawa untuk dipasok ke pembangkit PLN.

"Ini merupakan langkah strategis untuk terus menjaga pemenuhan pasokan listrik bagi pelanggan sekaligus meningkatkan serapan gas bumi Nasional. Kami juga menyampaikan apresiasi atas dukungan SKK Migas yang telah mendukung penambahan serapan gas ini,” kata Direktur Energy Primer PLN, Rudy Hendra P. dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Deputi Keuangan dan Monetisasi, SKK Migas, Arief S. Handoko Arief menjelaskan, tambahan gas bumi untuk PLN merupakan hasil sinergi antara Kontraktor KKS dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dengan koordinasi SKK Migas.

“Tidak mudah merealisasikan ini dalam waktu singkat. Terwujudnya tambahan pasokan ini membuktikan komitmen penuh semua pihak untuk membantu PLN,” ungkapnya.

Selain itu, Rudy juga menjelaskan bahwa PLN tengah menjalankan program gasifikasi untuk 55 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) untuk mengkonversi pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis High Speed Diesel (HSD) menjadi gas. Program ini sesuai dengan Keputusan Menteri Nomor 13 Tahun 2020.

"Ini untuk meningkatkan ketahanan energi nasional. Kami sangat berharap program gasifikasi bisa diakselerasi, baik untuk pembangkit yang sudah operasi maupun pembangkit yang saat ini dalam tahap konstruksi, agar bisa secara paralel disiapkan infrastruktur gasnya," tambah Rudy.

PLN berharap agar program gasifikasi pembangkit ini bisa diakselerasi. Sebab, konversi BBM ke gas ini dapat meminimalkan ketergantungan konsumsi pembangkit PLN terhadap BBM, yang mana sebagian besar masih diadakan melalui impor.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pedagang Besar dan Eceran Paling Terdampak Pandemi

UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak pandemic Covid-19.

EKONOMI | 26 Februari 2021

13 CEO Raih Penghargaan Best CEO 2020

Pandemi telah menimbulkan krisis multidimensi yang membawa perubahan sangat cepat di berbagai tata cara kehidupan dan bisnis.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Hati-Hati Fenomena Pom-Pom dan FOMO di Kalangan Investor Pemula

Grant Thornton Indonesia melihat banyaknya investor baru patut menjadi perhatian, terlebih lagi dengan munculnya fenomena pom-pom.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Pemimpin Bisnis di Era Pandemi Dituntut Bangun Trust Karyawan

Trust bukan semata persoalan skill dan kompetensi di bidang tertentu, tetapi juga tak lepas dari kematangan leadership CEO.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Ini 5 Saham Teraktif Hari Ini

Harga ANTM terkoreksi 4,05%, BBCA naik 0,07%, TLKM stagnan, ASII terpangkas 3,14% dan ACES tergerus 2,56%.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Adikin Basirun Kembali Pimpin Molindo Group

RUPSLB PT Madusari Murni Indah Tbk menyetujui untuk mengangkat kembali seluruh anggota dewan komisaris dan direksi perseroan untuk periode berikutnya.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Kempupera Upayakan Pendekatan Struktural Atasi Banjir Jadebotabek

Upaya struktural juga harus diimbangi pendekatan non-struktural terutama pemanfaatan ruang dan perilaku masyarakat

EKONOMI | 26 Februari 2021

Kabar Gembira, Debitur Kecil Dapatkan Keringanan Utang dari Pemerintah

Pemerintah memberikan dukungan kepada rakyat dan para pelaku UMKM berupa Program Keringanan Utang dalam upaya memulihkan ekononomi nasional.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Saham-saham BUMN Jadi Pilihan Investor Asing Hari Ini

ANTM menurun 4,05%, TLKM stagnan, BBRI tergerus 0,42%, BBCA terangkat 0,07% dan BBTN tergerus 1,90%.

EKONOMI | 26 Februari 2021

Tertekan Sentimen Obligasi AS, Bursa Eropa Dibuka Melemah

Indeks Stoxx600 Eropa turun 0,48%, DAX Jerman turun 0,22%, FTSE Inggris turun 0,17%, CAC Prancis turun 0,5%, FTSE MIB Italia turun 0,48%.

EKONOMI | 26 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS