Dukung Kembangkan Destinasi Wisata, Ulos Harus Dilestarikan
Logo BeritaSatu

Dukung Kembangkan Destinasi Wisata, Ulos Harus Dilestarikan

Sabtu, 20 Februari 2021 | 20:12 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Kain Ulos merupakan salah satu kekayaan Wastra (kain tradisional Nusantara) terbaik Indonesia dari Sumatera Utara yang secara turun-temurun telah dirawat orang Batak. Pelestarian Kain Ulos selaras dengan program lima Destinasi Wisata Super Prioritas yang mendukung sektor ekonomi kreatif, terutama pengrajin Ulos.

Hal itu dikatakan Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Suzana Teten Masduki, pada acara "Ngobrol tentang Kain Ulos" di Galeri Provinsi Sumatera Utara, Gedung Smesco, Jakarta, Sabtu (20/2/2021).

"Ulos memiliki makna budaya yang besar bagi orang Batak yang telah merawat adat istiadat penggunaan Ulos. Dan bagi masyarakat Indonesia, Ulos adalah hasil karya seni yang perlu kita dukung pelestariannya," imbuh Suzana.

Menurut Suzana, Kain Ulos memiliki makna kekeluargaan yang tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga melindungi orang lain terutama orang terdekat. Makna kekeluargaan Kain Ulos dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat apalagi dalam masa pandemi ini untuk saling jaga kesehatan, jaga jarak, menggunakan masker, dan rajin cuci tangan.

Suzana menambahkan, Dekranas sudah mendesain program untuk membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bertahan dan beradaptasi di tengah pandemi. Program pertama adalah yang berkenaan dengan pelatihan. Meliputi pelatihan kewirausahaan, peningkatan peran UMKM dalam pengadaan barang/Jasa pemerintah, General Business Plan, Marketplace, produk dan jasa Bank, hingga success story dan ekonomi kreatif.

"Pelatihan-pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan dan menyelaraskan dengan strategi penguatan lima Destinasi Wisata Super Prioritas yang digagas pemerintah. Tentunya, dilaksanakan dengan sepenuhnya patuh pada protokol kesehatan," ujar Suzana.

Kelima Destinasi Wisata Super Prioritas tersebut adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Likupang (Sulawesi Utara), dan Borobudur (Jawa Tengah).

Pelatihan sudah dilaksanakan di Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Manggarai Barat (Labuan Bajo), dan Kabupaten Minahasa Utara (Likupang).

Program kedua yang telah diselenggarakan Dekranas adalah Cerita Wastra, yaitu lomba foto dan narasi Wastra Indonesia melalui media sosial (Instagram).

"Kegiatan ini diikuti lebih dari 1.600 peserta dari seluruh Indonesia, serta memperebutkan total hadiah uang tunai senilai Rp20,5 juta," tukas Suzana.

Program 2021

Dalam kesempatan itu, Suzana juga mengungkapkan bahwa tahun ini Dekranas akan lebih fokus pada perumusan program dan aktivasi kegiatan pada penguatan program-program yang telah dilaksanakan pada 2020. Program pelatihan dan vokasi sebagai rangkaian pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha UMKM akan diperkuat.

"Kegiatan ini digelar dengan tujuan meningkatnya kualitas SDM UMKM yang akan menopang kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas," imbuh Suzana.

Bentuk kegiatan antara lain meliputi rangkaian pelatihan SDM UMKM penunjang daerah pariwisata untuk mengembangkan kreativitas produk dan tata kelola usaha.

Selain itu, pelaksanaan program Cerita Wastra 2021 akan diperluas dengan kompetisi Cerita Wastra tingkat provinsi (Dekranasda) dan pembuatan film dokumenter pengrajin Wastra khususnya di daerah destinasi super prioritas.

"Program ini telah kami sinergikan dengan Dekranasda di 34 provinsi di Indonesia untuk dapat melakukan kompetisi Cerita Wastra pada tingkat provinsi," ucap Suzana.

Dekranas bekerja sama dengan instansi lainnya antara lain dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terutama untuk aspek sejarah dan budaya dari Wastra masing-masing daerah.

"Sehingga, kita bukan hanya membantu para pengrajin, melainkan juga melestarikan budaya Nusantara. Website sebagai platform agar masyarakat luas dapat mengakses informasi mengenai Wastra Nusantara, juga sedang dalam proses dan akan segera diluncurkan," pungkas Suzana.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Luhut Pandjaitan: Pejabat Harus Jadi Teladan Beli Produk Lokal

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, menegaskan pejabat seharusnya memberi teladan membeli produk-produk lokal.

EKONOMI | 20 Februari 2021

Menhub Targetkan Pelabuhan Palembang Baru Rampung 2023

Menurut Menhub, lokasi dibangunnya Pelabuhan Palembang Baru di Tanjung Carat juga sudah dinyatakan layak karena telah memenuhi tiga kriteria.

EKONOMI | 20 Februari 2021

Menkeu Berharap "Beli Kreatif Danau Toba" Dorong Kebangkitan UMKM

Program "Beli Kreatif Danau Toba" merupakan wadah promosi produk-produk kreatif dari pelaku UMKM di sekitar Danau Toba.

EKONOMI | 20 Februari 2021

Menkominfo Janji Sediakan Jaringan 4G di Seluruh Desa

"Kita akan bekerja keras untuk memastikan penyediaan internet dan memperkecil disparitas internet antar wilayah Indonesia," kata Menkominfo.

EKONOMI | 20 Februari 2021

Menhub Minta Stakeholders Pelabuhan Bantu Pemulihan Ekonomi

Menurut Menhub, pelabuhan menjadi pengerak perekonomian nasional, karena sebagai titik simpul jaringan tranportasi laut dan pintu gerbang perdagangan.

EKONOMI | 20 Februari 2021

Panen Rezeki Dharmabrand, PPI Bagi-bagi Hadiah Tahap Pertama

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)/PPI membagi kebahagiaan kepada pelanggan setia Dharmabrand dengan menggelar Program Panen Rezeki Dharmabrand.

EKONOMI | 20 Februari 2021

Jokowi: Gernas Bangga Buatan Indonesia Fokus Kembangkan Potensi Daerah

Gernas Bangga Buatan Indonesia telah berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk onboarding ke platform e-commerce

EKONOMI | 20 Februari 2021

I Gede Ardika dan Impian Desa Wisata

I Gede Ardika dikenal berkepribadian lembut, tetapi tegas dalam mengeksekusi berbagai kebijakan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

EKONOMI | 20 Februari 2021

Per Januari, Wika Gedung Genggam Kontrak Baru Rp 498,74 Miliar

PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) atau Wika Gedung menggenggam kontrak baru per Januari 2021 sebesar Rp 498,74 miliar.

EKONOMI | 20 Februari 2021

CNAF Luncurkan Fitur CS Digital dan Tanda Tangan Digital

platform digital signature hadir untuk memudahkan calon nasabah memberikan persetujuan dokumen perjanjian pembiayaan melalui gadget.

EKONOMI | 20 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS