Logo BeritaSatu

Pemerintah Gandeng AFTECH Kembangkan Ekonomi Digital

Rabu, 27 Januari 2021 | 17:03 WIB
Oleh : Herman / JAI

Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemko Perekonomian) menggandeng Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH) untuk mengembangkan Strategi nasional (Stranas) Ekonomi Digital. Stranas Ekonomi Digital dilakukan untuk mendorong perkembangan ekonomi digital dan digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin, menyampaikan Stranas Ekonomi Digital terdiri atas empat pilar, yaitu talenta digital, riset dan inovasi, infrastruktur fisik dan digital, serta regulasi dan kebijakan yang mendukung.

Perjanjian kerja sama ini diharapkan akan menjadi titik awal dan wujud nyata koordinasi dan sinergi kedua pihak dalam mengembangkan layanan keuangan digital. Selain itu juga diharapkan akan meningkatkan edukasi terkait industri layanan keuangan digital dan teknologi, dalam konteks ekosistem ekonomi digital.

“Melalui penandatanganan kerja sama ini, tentu diharapkan dapat berimbas pada digitalisasi serta peningkatan daya saing UMKM lokal,” kata Rudy Salahuddin, dalam sambutan pembukanya pada penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut, Rabu (27/1/2021).

Pada masa pandemi ini, kombinasi risiko penularan Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah mempengaruhi kinerja UMKM, baik dari sisi penawaran maupun permintaan. Menurut Rudy, masih kurangnya digitalisasi UMKM nasional juga menjadi salah satu faktor yang turut mempengaruhi kinerja UMKM saat ini.

Padahal, lanjut Rudy, mengingat jumlah penduduk yang besar, tingkat kepemilikan smartphone serta penetrasi internet yang tinggi, Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang besar. Potensi ini secara pararel dapat turut mendorong produktivitas UMKM, termasuk di masa pandemi ini.

“Perkembangan ekonomi digital memberikan tantangan tersendiri terhadap UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital, baik dalam memasarkan produknya maupun untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Selain itu juga keterbatasan infrastruktur dan tenaga kerja yang kurang terampil masih menjadi kendala bagi perkembangan ekonomi digital nasional,” ujar Rudy.

Dia mengungkapkan, salah satu tantangan digitalisasi UMKM di Indonesia adalah rendahnya tingkat literasi digital, literasi keuangan, dan literasi keuangan digital. Hasil Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK) yang digelar OJK menunjukkan tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia di tahun 2019 masih di angka 38,03%. Angka ini jauh di bawah negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri digital diharapkan dapat mengatasi tantangan-tantangan tersebut, serta mendorong perkembangan ekonomi digital serta kinerja UMKM nasional yang lebih baik.

Wakil Ketua Umum AFTECH, Budi Gandasoebrata menegaskan, AFTECH berkomitmen untuk terus mendukung digitalisasi UMKM melalui inovasi dan teknologi layanan keuangan digital, seperti: pembayaran digital, pinjaman online, aggregator, innovative credit scoring, perencana keuangan, insurtech, e-KYC, dan pembiayaan proyek (project financing).

“AFTECH mendukung program Kemenko Perekonomian RI dalam pengembangan ekonomi digital melalui pemanfaatan layanan serta peningkatan literasi keuangan digital,” ujar Budi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Disrupsi Rantai Pangan, Kerja Sama Indonesia Australia Diperkuat

Implementasi IA-CEPA diharapkan lebih konkret di tengah meningkatkan disrupsi supply chain atau rantai pangan.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Simas Jiwa Bidik Dana Kelolaan DPLK Rp 810 Miliar di 2023

DPLK Simas Jiwa menunjukkan perkembangan yang signifikan, khususnya pada pertumbuhan dana kelolaan.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Digital Marketing Jadi Solusi Pemasaran Rumah Sakit

Pengelola rumah sakit sebagai penyedia layanan kesehatan terus melakukan transformasi digital. Salah satunya, melalui digital marketing.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Grup Salim Masuk, Saham BUMI Meroket 9,5% di Sesi Siang

Saham Bumi Resources Tbk meroket Rp 14 poin (8,58%) menjadi Rp 177 pada sesi I Jumat (7/10/2022) setelah grup Salim masuk.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Sesi I, Sektor Teknologi Picu Penurunan IHSG ke 7.030

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 154,6 miliar saham senilai Rp 6,9 triliun.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Terungkap! Salim Masuk BUMI Lewat Private Placement Rp 24 T

Grup Salim akan menjadi pemegang saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) lewat  private placement senilai Rp US$ 1,6 miliar (Rp 24 triliun).

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Searah Mata Uang Asia, Rupiah Melemah ke Rp 15.237

Transaksi mata uang Garuda atau rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 15.222- Rp 15.243 per dolar AS.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

20 Menit Perdagangan, Aksi Beli Saham Warnai Gerak IHSG

Pukul 09.20 WIB, IHSG melemah 15,7 poin (0,19%) menjadi 7.059 dan Investor33 melemah menjadi ke 492,1

EKONOMI | 7 Oktober 2022

IHSG Rawan Profit Taking, Cermati MEDC, PNLF, ICBP, dan EMTK

Level resistance IHSG berada di 7.094,7.135, 7.178, 7.256 dengan support 7.054, 7.010, 6.968, 6.925.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Ditjen Hubdat Sosialisasi SPM Angkutan Sungai dan Danau

Sosialisasi dilakukan untuk mengoptimalkan angkutan sungai dan danau serta pelabuhan penyeberangan, dalam menghubungkan wilayah di Indonesia.

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Alibi Surat Polisi Minta Pertandingan Mundur, Pengamat Nilai Prematur

Alibi Surat Polisi Minta Pertandingan Mundur, Pengamat Nilai Prematur

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings