Apindo Minta Pusat Belanja Hingga Restoran Diberikan Kelonggaran Pembatasan
Logo BeritaSatu

Apindo Minta Pusat Belanja Hingga Restoran Diberikan Kelonggaran Pembatasan

Senin, 18 Januari 2021 | 17:38 WIB
Oleh : Herman / JAI

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani, meminta pemerintah memberikan kelonggaran kepada pusat perbelanjaan, ritel, hotel dan restoran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Apindo mengusulkan agar pusat perbelanjaan, ritel, hotel dan restoran yang telah menerapkan protokol kesehatan bisa beroperasi sampai jam 21.00 dengan kapasitas dine in maksimal 50%, selama PPKM.

Menurut Hariyadi, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali mulai 11 Januari 2020 telah memberi dampak yang besar pada sektor-sektor tersebut.

Selama PPKM, jam operasional pusat perbelanjaan dibatasi hanya sampai pukul 7 malam. Dine in atau makan di tempat juga hanya diizinkan 25%, ditambah adanya aturan 75% work from home (WFH) yang membuat masyarakat lebih banyak berada di rumah.

“Pembatasan kegiatan operasional ini membuat kemampuan pelaku usaha di sektor tersebut untuk menjaga arus kas jadi sangat terbatas. Intinya kami mengharapkan PPKM ini khususnya terkait jam operasional dari sektor tersebut, nantinya setelah tanggal 25 Januari 2021 bisa dinaikkan, tidak dalam kondisi yang sangat terbatas,” kata Hariyadi Sukamdani, dalam konferensi pers virtual, Senin (18/1/2021).

Selain minta diberikan kelonggaran pembatasan, Hariyadi menambahkan jika ada kebijakan PSBB diperketat yang merugikan pengusaha khususnya sektor riil, sebaiknya pemerintah membayar Upah Minimum Provinsi (UMP) tenaga kerja yang dipekerjakan secara penuh dan memberikan bantuan dana hibah untuk mengurangi kerugian pengusaha restoran, hotel, retail dan mall. Penyalurannya dari pemerintah melalui perusahaan.

Usulan selanjutnya, pengusaha yang telah merestrukturisasi kredit karena terdampak pandemi tetap bisa mengajukan atau mendapatkan modal kerja tambahan, baik dari dana hibah pemerintah atau dari dana perbankan. Apindo juga meminta agar tenant di-support biaya sewa dan service charge-nya agar tetap bisa membuka usahanya dan berkontribusi di sektor konsumsi.

Selain itu, pemilik properti/mall, ritel dan tenant juga harus di support oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah sehingga pemilik mall mampu membantu tenant di dalamnya, seperti pajak daerah dan pajak pusat.

Apindo juga berharap agar PPKM yang diberlakukan pada tanggal 11-25 Januari 2021 tidak diperpanjang kembali dengan pertimbangan pusat perbelanjaan atau mall, tenant, dan toko ritel modern sudah menerapkan protokol kesehatan ketat, sehingga bukan merupakan cluster penyebar Covid-19.

“Setiap menerbitkan kebijakan, ada baiknya pemerintah juga mengajak asosiasi-asosiasi untuk bertemu dan membahas kebijakan penanggulangan Covid-19 secara bersama,” kata Hariyadi.

Pemerintah menurutnya juga harus mempertimbangkan keseimbangan antara penanganan kesehatan dengan kepastian dan kenyamanan berusaha dalam menanggulangi pandemi ini, tidak hanya melulu memikirkan masalah kesehatan atau melulu memikirkan pertumbuhan ekonomi saja.

“Keduanya perlu ditangani secara bersama dan berimbang, sehingga pandemi dapat terkontrol dan ekonomi tetap bertumbuh,” ujar Hariyadi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

AP II Pastikan Karyawannya Tak Bergabung di Sindikat Pemalsuan Swab Test

Angkasa Pura (AP) II memastikan tidak ada karyawan yang menjadi oknum atau pelaku yang bergabung dalam sindikat pemalsuan swab test Covid-19 untuk perjalanan.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Lebih Fantastis dari Bitcoin, Stellar Naik 600%

Aset Kripto Stellar Lumens (XLM) mengalami lonjakan harga dalam setahun terakhir. Apabila diakumulasi secara tahunan (yoy), kenaikannya lebih dari 600%.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Naik 600%, Lonjakan Harga Stellar Lebih Fantastis dari Bitcoin

Kenaikan harga terjadi karena tingginya permintaan terhadap Stellar Lumens yang menjadi alternatif pembayaran aset kripto lain.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Dirut BRI: Optimisme Pelaku UMKM Telah Pulih

Menurut Sunarso, UMKM telah menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19.

EKONOMI | 18 Januari 2021

APPBI: PPKM Gerus Pengunjung Mal

Selama sepekan pelaksanaan PPKM, pengunjung pusat belanja tinggal 32 persen.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Ditopang Sentimen Positif Ekonomi Tiongkok, IHSG Ditutup di Zona Hijau

Ditopang sentimen positif pertumbuhan ekonomi Tiongkok, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada perdagangan awal pekan, Senin (18/1/2021).

EKONOMI | 18 Januari 2021

Kebangkitan UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi

Hanung Harimba Rachman mengungkapkan, kebangkitan UMKM merupakan kunci penting dalam upaya pemulihan ekonomi.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Menuju Koperasi Modern dan UMKM Berdaya Saing, Kemkop dan UKM Menata Struktur Organisasi Baru

Penataan Struktur Organisasi Kementerian Koperasi dan UKM dilaksanakan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo untuk mendorong UMKM berdaya saing.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Wika Bidik Pembelanjaan ke UMKM Kembali di Atas Rp 2 Triliun

Tahun 2021 ini jumlah pembelanjaan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa kembali di atas Rp 2 triliun.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Tak Sekadar Bantuan Tunai, UMKM Juga Butuh Pendampingan

Bhima Yudhistira menilai perlunya ada pendampingan Kemkop UKM dan perbankan kepada UMKM agar melek pasar digital.

EKONOMI | 18 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS