Digitalisasi UMKM Butuh Kolaborasi Pemerintah dan Swasta
Logo BeritaSatu

Digitalisasi UMKM Butuh Kolaborasi Pemerintah dan Swasta

Selasa, 24 November 2020 | 11:26 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak utama roda perekonomian negara Indonesia. Pasalnya, UMKM menyumbang 60,34 persen dari total PDB nasional. Dari 64 juta lebih UMKM yang ada di Indonesia, sekitar 50 persen UMKM didirikan dan dijalankan oleh perempuan.

Di masa sulit seperti pandemi Covid-19, UMKM menjadi harapan bagi Indonesia untuk terus menjaga kestabilan ekonomi nasional. Sayangnya, kondisi pandemi justru memberikan dampak keterpurukan bagi para pelaku UMKM.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) memaparkan data, dari sekitar 64 juta jumlah UMKM, sekitar 50 persen harus tutup sementara akibat dampak negatif perekonomian karena pandemi Covid-19.

Salah satu cara bagi UMKM untuk dapat bertahan di masa pandemi Covid-19 ini adalah dengan mengadopsi digitalisasi. Namun, menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemkop dan UKM), tingkat keberhasilan UMKM untuk mengoptimalkan digitalisasi hanya sebesar 5 persen.

Faktor kegagalannya beragam, mulai dari minimnya pemahaman terkait teknologi maupun kurangnya akses untuk merambah pasar digital. Oleh karena itu, diperlukan gotong royong bersama baik dari pemerintah maupun pihak swasta untuk mendukung gerakan digitalisasi bagi para pelaku UMKM.

Menyadari akan pentingnya dukungan bagi UMKM Indonesia agar dapat sesegera mungkin mengadopsi dan memanfaatkan digitalisasi, PT Avrist Assurance berinisiatif menjalankan sebuah program pengembangan UMKM khusus bagi perempuan, yaitu Avrist Warrior Women.

Hadir dengan konsep digital, Avrist Warrior Women 2020 dikemas dalam program seri webinar yang mengedepankan tema bahasan besar yaitu Digitalisasi UMKM Indonesia. Program ini akan diselenggarakan sebanyak tiga kali, yaitu pada tanggal 26 November, 1 Desember, dan 4 Desember 2020.

Head of Corporate Marketing Communications PT Avrist Assurance, Ernest Febrianto menjelaskan, Avrist Warrior Women merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang berkomitmen untuk memberikan perlindungan bagi perempuan Indonesia melalui pengembangan UMKM.

"Tahun ini, Avrist Warrior Women masih terus berfokus pada upaya untuk mengakselerasi kesejahteraan UMKM. Namun kali ini, kami perkaya dengan materi pembelajaran mengenai digitalisasi bisnis. Kami meyakini digitalisasi merupakan langkah krusial yang harus segera dilakukan oleh UMKM agar dapat bertahan dan bersaing di masa pandemi seperti saat ini,” kata Ernest dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Selasa (24/11/2020).

Ernest menjelaskan, peserta webinar akan dibekali pengetahuan mengenai produk asuransi kesehatan digital dari Avrist Assurance yaitu Avrist Simple Start-produk yang sangat cocok bagi para pelaku UMKM karena jajaran benefit yang memberikan perlindungan komprehensif dengan biaya premi terjangkau, mulai dari rawat inap hingga rawat jalan, serta pelayanan 100 persen yang berbasis online.

"Avrist Assurance juga bermitra dengan tech company yang sudah memiliki kredibilitas yang tinggi dalam bidang tekonologi, sehingga diharapkan materi yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM,” tandas Ernest.

Semakin memperkaya konten edukasi interaktif agar menjadi semakin seru, Avrist Assurance juga berkolaborasi dengan pengusaha inspiratif yang telah berhasil mengoptimalkan digitalisasi dalam melebarkan bisnisnya, yaitu Elizabeth Christina Parameswari. Sosok yang lebih dikenal dengan nama Lizzie Parra ini, merupakan pengusaha kosmetik yang merintis bisnisnya dari kanal digital dengan membuka toko online.

"Saya mengawali bisnis saya dengan hanya berfokus pada pemanfaatan kanal digital. Saya meyakini, pelaku UMKM di Indonesia memiliki potensi besar jika mampu mengakselerasi proses digitalisasi bisnis. Oleh sebab itu, pada kegiatan webinar ini, saya akan membagikan pengalaman saya dalam mengoptimalkan manfaat digitalisasi dalam memperkenalkan serta mengembangkan bisnis saya,” janji Lizzie Parra, Founder dan CMO BLP Beauty.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Vaksinasi dan UU Cipta Kerja Jadi Game Changer di 2021

Diperlukan kejelasan dimulainya proses vaksinasi, sebab kepastian ini akan memengaruhi proses pemulihan ekonomi dan dunia usaha.

EKONOMI | 24 November 2020

Emas Antam Turun Rp 16.000 Per Gram

Untuk pecahan 500 gram: Rp 450,820 juta.

EKONOMI | 24 November 2020

Pemerintah Sudah Rampungkan 30 Aturan Turunan UU Cipta Kerja

Saat ini, sudah ada 30 peraturan pelaksanaan (27 RPP dan 3 RPerpres) yang di-upload di portal UU Cipta Kerja.

EKONOMI | 24 November 2020

Wamenpupera: Rusun TNI Sorong Tingkatkan Produktivitas Bertugas

Rusun TNI-AL Sorong dibangun di atas lahan Komplek Pasukan Marinir 3.

EKONOMI | 24 November 2020

Modernland Cilejit Targetkan Hand Over Unit Mulai Kuartal II 2021

Modernland Realty menargetkan rumah-rumah di Modernland Cilejit akan diserahterimakan secara bertahap pada kuartal 2 tahun 2021 mendatang.

EKONOMI | 24 November 2020

Awal Sesi, Rupiah Menguat di Tengah Bervariasinya Mata Uang Asia

Transaksi rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 14.150-Rp 14.150 per dolar AS.

EKONOMI | 24 November 2020

Awali Perdagangan, IHSG di Jalur Positif

Pukul 09.10 WIB, indeks harga saham gabungan naik 37,8 poin (0,6%) menjadi 5.690.

EKONOMI | 24 November 2020

Harga Minyak Melonjak karena Harapan Vaksin Pulihkan Permintaan

Minyak mentah berjangka Brent pengiriman Januari naik US$ 1,10 atau 2,45% menjadi US$ 46,06 per barel.

EKONOMI | 24 November 2020

Bursa Jepang Melonjak 2% karena Berita Vaksin Astrazeneca

Kospi Korea Selatan melonjak 0,28%. Adapun di Australia, S&P /ASX 200 naik sekitar 1%.

EKONOMI | 24 November 2020

IHSG Akan Lanjutkan Penguatan, Apa Saja Saham yang Bersinar?

IHSG akan berada support di level 5.600 sampai 5.563 dan resistance di level 5.660 sampai 5.700.

EKONOMI | 24 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS