Doni Joewono Dipilih Sebagai Deputi Gubernur BI

Doni Joewono Dipilih Sebagai Deputi Gubernur BI
Doni Primanto Joewono. (Foto: Antara)
Carlos KY Paath / AB Senin, 13 Juli 2020 | 15:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi IX DPR memilih Doni Primanto Joewono sebagai deputi gubernur Bank Indonesia (BI). Pemilihan berlangsung aklamasi atau disepakati seluruh fraksi. Doni akan menggantikan posisi Erwin Rijanto, karena masa jabatannya sudah berakhir.

"Pak Doni Primanto Joewono dipilih aklamasi oleh seluruh fraksi di Komisi XI," kata anggota Komisi XI dari Fraksi Partai Demokrat (FPD) Vera Febyanthy kepada Beritasatu.com, Senin (13/7/2020).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan tiga nama untuk menjadi deputi gubernur BI. Selain Doni, ada Aida S Budiman yang menjabat sebagai kepala Departemen Kebijakan dan Moneter dan Juda Agung selaku asisten gubernur kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial.

Surat dari presiden dengan Nomor R21/Presiden/04/2020 dikirimkan ke DPR pada 17 April 2020. Komisi XI melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) selama dua hari, yakni pada Selasa (7/7/2020) dan Rabu (8/7/2020).

Vera mengatakan awalnya fraksinya mengusulkan pemilihan menggunakan pengambilan suara atau voting. Akan tetapi, menurut Vera, fraksinya bersepakat untuk pemilihan melalui musyawarah mufakat.

"Kami awalnya usulkan voting, tetapi kami setuju dengan musyawarah mufakat," ucap Vera.



Sumber: BeritaSatu.com