Logo BeritaSatu

Kempupera Bangun Rusun Santri di Babel Senilai Rp 3,18 Miliar

Sabtu, 11 Juli 2020 | 23:39 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) mulai membangun rumah susun (Rusun) bagi para santri di Pondok Pesantren Nurul Falah, Air Mesu, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah. Rusun santri tersebut rencananya akan dibangun setinggi dua lantai dengan anggaran Rp 3,18 miliar. Baca Juga: Pemkot Bogor Dukung Program Bedah Rumah

"Rusun santri di Bangka ini akan dibangun sebanyak satu twin block setinggi dua lantai dengan tipe barak. Rusun ini memiliki daya tampung sebanyak 88 santri dengan target pembangunan selama empat bulan dan biaya Rp 3,18 miliar,” kata Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera V, Darwis, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Sabtu (11/7/2020).

Darwis menjelaskan, sesuai arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, Rusun sebagai aset negara bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, digunakan secara optimal untuk mendorong para pelajar untuk belajar tinggal di hunian vertikal. Selain itu, dirinya juga meminta agar Rusun santri ini agar dapat dipelihara dan dihuni segera setelah proses pembangunan selesai.

"Pondok pesantren ini memiliki peran besar dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di tanah air termasuk di Bangka Tengah ini,” kata Darwis. Baca Juga: Teknologi Beton Pracetak Percepat Pembangunan Rusun

Adanya pembangunan Rusun ini, imbuh Darwis, diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tempat tinggal para santri selama menempuh pendidikan agama di Pondok Pesantren. Berdasarkan data yang ada di Kempupera, untuk tahun 2020 setidaknya akan dibangun tiga Rusun di Provinsi Bangka Belitung yaitu dua revitalisasi Rusun dan dan satu tower Rusun baru.

Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah mengatakan, pembangunan Rusun ini merupakan salah satu upaya pemerintah menyiapkan SDM yang berkualitas dan berakhlak baik di Babel sehingga dapat menghadapi tantangan di era digital saat ini.

"Dengan menyiapkan SDM yang maju kami yakin masa depan Provinsi Babel bahkan Indonesia akan menjadi lebih baik. Selain itu, rusun ini juga sebagai fasilitas untuk mencerdaskan generasi muda di pondok pesantren," tandas Abdul Fatah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Iklan Digital Menjadi Pengubah Ekosistem Industri Startup

Adtech merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh brand atau agency untuk menyusun strategi, mengatur, dan mengelola aktivitas iklan digital.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Luhut Gandeng GFF Bahas Rencana Aksi Bersama Transisi Energi

Global Future Fellows (GFF) yang dihadiri GFFellows di Bali telah merancang draf Rencana Aksi Bersama (action roadmap) soal transisi energi.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kontribusi PNBP Signifikan, PTBA Raih Penghargaan Subroto

PT Bukit Asam (PTBA) berhasil meraih Penghargaan Subroto 2022 Bidang PNBP Mineral dan Batubara.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jababeka Pinjam US$ 100 Juta ke Mandiri untuk Bayar Utang

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) menandatangani kredit sebesar US$ 100 juta dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Bakti Targetkan Bangun 7.000 BTS 4G di Daerah 3T hingga 2024

Hingga September 2022, total BTS 4G yang sudah dibangun Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (Bakti) mencapai 4.241 site.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Perkuat Layanan Rumah Sakit, Begini Strategi Bundamedik

PT Bundamedik Tbk (BMHS) terus memperkuat strategi bisinis dengan meningkatkan kualitas layanan rumah sakit.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Bangun BTS 4G di Daerah 3T, Ini Tantangan yang Dihadapi Bakti

Bambang menegaskan, tugas yang dijalankan Bakti Kemenkominfo dalam membangun BTS 4G di daerah 3T tidaklah mudah

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Pegadaian Bukukan Transaksi Rp 2 Miliar di KustomFest 2022

PT Pegadaian berhasil membukukan transaksi lebih dari Rp 2 miliar di acara Indonesia Kustom Kulture Festival (KustomFest) 2022.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

SWI Tindak 105 Pinjol Ilegal dan 18 Investasi Bodong

Satgas Waspada Investasi (SWI) menutup kegiatan 105 pinjaman online (pinjol) ilegal dan 18 investasi bodong selama September 2022.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Wika Rampungkan Proyek Revitalisasi Bandara Halim On Time

Proyek revitalisasi bandara Halim mencerminkan kapasitas Wika Group dalam menyelesaikan proyek sesuai dengan target waktu dan kualitas yang telah ditetapkan.

EKONOMI | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Iklan Digital Menjadi Pengubah Ekosistem Industri <em>Startup</em><em></em>

Iklan Digital Menjadi Pengubah Ekosistem Industri Startup

EKONOMI | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings