Logo BeritaSatu

Arief Muhammad Berbagi Kiat Sukses di Era Digital

Senin, 29 Juni 2020 | 22:57 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Konten berkualitas dan kewirausahaan merupakan dua hal yang kerap menjadi topik pembicaraan sekaligus salah satu passion anak muda di era digital ini. Menangkap situasi tersebut, pembuat konten dan pengusaha, Arief Muhammad pun berbagi kiat agar semakin banyak generasi muda yang bisa menggapai kesuksesan.

Arief memulai eksistensinya di dunia digital dari Twitter pada 2009 silam. Tentu saja ia memulainya dalam suasana yang jauh lebih sepi. Bahkan pada masa itu, jumlah pengikut paling banyak hanya 70.000 hingga 80.000 orang. Pada masa itu bahkan belum ada istilah selebtweet atau selebgram alias orang-orang yang populer di Twitter maupun Instagram. Akan tetapi dia terus menekuni profesi ini, sambil beradaptasi mengikuti situasi dan tuntutan.

"Kalau sekarang ditanya apa pekerjaanmu, kamu sudah bisa menjawab sebagai selebtweet, selebgram, youtuber, atau blogger, karena pride profesi itu sudah ada. Berbeda dengan dulu ketika belum ada pembuktian terhadap profesi tersebut. Tantangannya dulu adalah mencintai profesi yang kita lakukan, karena dulu belum keren untuk dicintai,” ujarnya dalam rilis yang diterima Sura Pembaruan, Senin (29/6/2020).

Selain mencintai profesi, Arief mengatakan, salah satu kunci untuk sukses di era penuh persaingan ini adalah rajin mengulik berbagai hal yang bisa membuka peluang. Dia menceritakan salah satu hal yang paling sering dilakukannya adalah mengulik. Karena itu pula dia bisa bertahan menjalani passion serta mengembangkan berbagai macam bisnis.

“Rajin mengulik, harus mau capek, dan menyingkirkan malu dulu untuk sementara. Kalau saya pas dulu memulai bisnis, saya jualan sate di trotoar pinggir jalan. Waktu itu ekonomi sedang sulit. Lalu dengan modal Rp 3 jutaan, saya berjualan sate dengan gerobak, jalani, dan pakai strategi segala macam. Setahun berjalan bisa buka 100 cabang di seluruh Indonesia. Jadi sebenarnya yang penting fokus, konsisten, dan kesampingkan dulu segala omongan orang,” terangnya.

Setelah bersikeras, dirinya juga berpesan agar tidak mudah puas terhadap pencapaian yang didapat. Pasalnya, salah satu capaian yang diidamkan oleh seseorang ketika menjadi pembuat konten dan juga pengusaha adalah kaya raya. Hal yang lebih penting adalah fokus pada keinginan untuk bekerja keras, bekerja cerdas, dan menyiapkan diri untuk menyambut peluang.

"Kalau kita lihat sekitar kita peluang itu banyak banget, hanya saja kadang kita tidak sadar. Maka kita mesti siapkan diri lebih dahulu, sehingga ketika peluang itu datang sudah siap untuk #PowerUpPossibility,” ungkap Arief.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Suntik Mati TV Analog Jabodetabek Diundur Jadi 2 November

Kemenkominfo memutuskan menunda penghentian siaran tv analog di wilayah Jabodetabek menjadi 2 November 2022.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

FIF Group dan RSU Hermina Dirikan Rumah Singgah

FIF Group dengan RSU Hermina Depok menyediakan rumah singgah dan membuka kesempatan bagi pasien kurang mampu yang membutuhkan penanganan medis.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Iklan Digital Menjadi Pengubah Ekosistem Industri Startup

Adtech merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh brand atau agency untuk menyusun strategi, mengatur, dan mengelola aktivitas iklan digital.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Luhut Gandeng GFF Bahas Rencana Aksi Bersama Transisi Energi

Global Future Fellows (GFF) yang dihadiri GFFellows di Bali telah merancang draf Rencana Aksi Bersama (action roadmap) soal transisi energi.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kontribusi PNBP Signifikan, PTBA Raih Penghargaan Subroto

PT Bukit Asam (PTBA) berhasil meraih Penghargaan Subroto 2022 Bidang PNBP Mineral dan Batubara.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jababeka Pinjam US$ 100 Juta ke Mandiri untuk Bayar Utang

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) menandatangani kredit sebesar US$ 100 juta dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Bakti Targetkan Bangun 7.000 BTS 4G di Daerah 3T hingga 2024

Hingga September 2022, total BTS 4G yang sudah dibangun Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (Bakti) mencapai 4.241 site.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Perkuat Layanan Rumah Sakit, Begini Strategi Bundamedik

PT Bundamedik Tbk (BMHS) terus memperkuat strategi bisinis dengan meningkatkan kualitas layanan rumah sakit.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Bangun BTS 4G di Daerah 3T, Ini Tantangan yang Dihadapi Bakti

Bambang menegaskan, tugas yang dijalankan Bakti Kemenkominfo dalam membangun BTS 4G di daerah 3T tidaklah mudah

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Pegadaian Bukukan Transaksi Rp 2 Miliar di KustomFest 2022

PT Pegadaian berhasil membukukan transaksi lebih dari Rp 2 miliar di acara Indonesia Kustom Kulture Festival (KustomFest) 2022.

EKONOMI | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIF Group dan RSU Hermina Dirikan Rumah Singgah

FIF Group dan RSU Hermina Dirikan Rumah Singgah

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings