Kempupera Dorong Pengembang Bangkitkan Sektor Properti

Kempupera Dorong Pengembang Bangkitkan Sektor Properti
Direktur Jenderal Perumahan Kempupera, Khalawi Abdul Hamid. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Imam Muzakir / FER Selasa, 16 Juni 2020 | 21:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) mendorong para pengembang properti dapat segera bangkit untuk meningkatkan pembangunan hunian, jelang pelaksanaan kebijakan normal atau new normal di Indonesia.

Baca Juga: New Normal, Pengembang Minta Dukungan Pemerintah

Pasalnya, kebangkitan sektor properti sangat diperlukan untuk mendorong pelaksanaan program sejuta rumah (PSR) serta menggerakkan kembali roda perekonomian yang sempat stagnan akibat dampak pandemi virus corona atau Covid-19.

"Kami berharap para pengembang properti di Indonesia bisa bangkit kembali melaksanakan pembangunan rumah untuk masyarakat di seluruh Indonesia jelang pelaksanaan new normal di sektor perumahan," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kmepupera, Khalawi Abdul Hamid, dalam keterangannya kepada Beritasatu.com di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Menurut Khalawi, kolaborasi antara pemerintah dan pengembang properti dalam pelaksanaan program sejuta rumah sangat penting. Sebabnya, pemerintah tentunya tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan hunian untuk masyarakat. "Dengan demikian, peran aktif pengembang dalam pembangunan perumahan di seluruh Indonesia sangat dibutuhkan," tegas Khalawi.

Khalawi menyatakan, wabah virus corona yang melanda seluruh wilayah Indonesia memang berpengaruh pada produksi rumah yang dibangun oleh pengembang. Adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat pengembang mengalami hambatan dalam proses pembangunan dan penjualan proyek hunian.

Baca Juga: Kempupera Tambah Alokasi Program BSPS

"Pelaksanaan program sejuta rumah ikut mengalami hambatan di masa pandemi Covid-19 ini. Namun, pemerintah tetap berupaya mendorong agar penyediaan rumah untuk masyarakat dapat dipenuhi dengan baik," kata Khalawi.

Khalawi menambahkan, pemerintah terus mendorong agar sektor properti di Indonesia tetap tumbuh saat memasuki era kenormalan baru. Kempupera tetap berkoordinasi dengan sejumlah asosiasi pengembang, untuk mencari solusi bersama terkait berbagai hambatan yang dialami kalangan pengembang.

"Sektor properti menjadi salah satu pendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia. Jadi, kita harus bersemangat dan bersama-sama membuka lapangan kerja untuk masyarakat dalam pembangunan rumah," tandas Khalawi.

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin menerangkan, kalangan pengembang siap mendukung Kempupera dalam pembangunan hunian untuk masyarakat. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang membutuhkan hunian layak dengan kisaran harga yang terjangkau.

Baca Juga: Pengembang Rumah MBR Harapkan Insentif Khusus

"Kami siap mendukung pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan new normal di bidang perumahan. Kami juga menyalurkan bantuan berupa pembagian masker dan sembako, untuk mendukung masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” kata Saleh Husin.



Sumber: BeritaSatu.com