Bulog: Stok Pangan Cukup, Masyarakat Tak Perlu Khawatir

Bulog: Stok Pangan Cukup, Masyarakat Tak Perlu Khawatir
Presiden Joko Widodo dan Dirut Bulog Budi Waseso meninjau salah satu gudang Bulog di Kelapa Gading Jakarta Utara beberapa waktu lalu. ( Foto: Dok Humas Bulog )
Carlos Roy Fajarta / WBP Senin, 30 Maret 2020 | 11:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah melalui Perum Bulog memastikan stok pangan mencukupi menghadapi lonjakan permintaan menjelang Ramadan dan Idulfitri maupun kondisi tak terduga lainnya. Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso melalui keterangan tertulisnya setelah melaksanakan rapat direksi Perum Bulog di Jakarta, Senin (30/03/2020).

Budi menegaskan bahwa Bulog sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok beras dan kebutuhan pangan lain agar selalu tersedia di masyarakat. “Masyarakat tidak perlu khawatir. Bulog akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan tersebut,” kata Budi Waseso menanggapi kebutuhan pangan saat ini.

Baca juga: Di Tengah Wabah Corona, Stok Beras Dipastikan Aman

Dia memastikan seluruh jaringan yang bekerja sama dengan Perum Bulog sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal baik secara online maupun offline, outlet milik Bulog seperti RPK (Rumah Pangan Kita) di seluruh Indonesia, serta jaringan retail modern.

Guna tetap menjaga social distancing dan physical distancing, Bulog sudah memiliki sistem penjualan secara online yaitu iPANGANANDOTCOM yang akan memberikan kemudahan dalam pembelian kebutuhan pangan. “Pangan akan diantar langsung ke rumah pembeli sehingga mempermudah pendistribusian komoditi pangan langsung diterima oleh masyarakat tanpa perlu antre ke pasar,” tambah Budi Waseso.

iPANGANANDOTCOM sudah ada di tujuh kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Makassar dan Medan. Selain menyediakan beras, aplikasi ini menyediakan beberapa kebutuhan pangan lainnya termasuk gula.

Khusus komoditi pangan utama yaitu beras, Bulog memiliki stok di gudang-gudang seluruh Indonesia mencapai 1,4 juta ton dari total kapasitas gudang 3,8 juta ton. Ketersediaan stok beras akan terus bertambah mengingat akan memasuki musim panen raya.



Sumber: BeritaSatu.com