Bursa Tokyo Turun 3% Karena Dampak Pandemi Corona

Bursa Tokyo Turun 3% Karena Dampak Pandemi Corona
Ilustrasi bursa saham Asia. (Foto: AFP / Kazuhiro Nogi)
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Senin, 30 Maret 2020 | 07:22 WIB

Tokyo, Beritasatu.com - Bursa Asia jatuh pada awal perdagangan Senin (30/3/2020) karena investor menilai dampak ekonomi akibat pandemi virus corona yang terus menyebar dengan cepat.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 turun 2,98 persen, sementara indeks Topix turun 3,2 persen. Di Korea Selatan, Kospi merosot 2,59 persen.

Sementara bursa saham di Australia naik di perdagangan pagi, dengan S&P/ASX 200 naik 0,8 persen setelah turun lebih dari 5 persen pada Jumat. Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia di luar Jepang turun 0,14 persen.

Baca juga: Mayoritas Bursa Asia Ditutup di Zona Hijau

Investor terus memantau perkembangan wabah corona yang telah menginfeksi lebih 691.000 di seluruh dunia dan merenggut 32.000 nyawa, menurut data terbaru Universitas John Hopkins.

Baca juga: Simak Daftar Rekomendasi Saham Hari Ini

Pasar bergejolak dalam beberapa pekan terakhir, menyusul otoritas di seluruh dunia mengumumkan sejumlah stimulus untuk membendung dampak ekonomi akibat virus.

"Pertanyaan besar bagi pasar adalah apakah stimulus besar yang dirilis sejauh ini di seluruh dunia akan cukup membantu ekonomi global menahan goncangan akibat COVID-19," tulis curency strategies National Australia Bank, Rodrigo Catril.

"Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui besarnya tindakan penahanan dan untuk berapa lama melaksanakan stimulus," kata Catril.



Sumber: CNBC