Logo BeritaSatu

Pandemi Corona, Bulog Jatim Jamin Ketersediaan Pangan

Sabtu, 28 Maret 2020 | 21:46 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Jawa Timur menjamin ketersediaan pangan masyarakat Jawa Timur yang kini mengurangi kegiatan di luar rumah untuk menghadapi penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Presiden Memastikan Ketersediaan Pangan Cukup

Kepala Perum Bulog Divre Jatim, Khozin mengatakan Bulog mendukung penuh atas keputusan pemerintah untuk melarang masyarakat beraktivitas di luar rumah akibat merebaknya pandemi virus corona. Dukungan itu diwujudkan dengan kesiapsiagaan Bulog untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat , termasuk dengan melakukan pengiriman sampai di rumah konsumen.

"Melalui situs ipanganan.com, masyakat bisa melakukan pemesanan sejumlah kebutuhan pokok, utamanya beras. Jadi tidak perlu kuatir dengan kebutuhan pangan," ujar Khozin di Sidoarjo, Jumat (27/3)2020).

Khozin menyatakan, ipanganan.com menyediakan berbagai kebutuhan pangan secara online yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat di Jawa Timur. Sejauh ini, penjualan di Jatim rata-rata Rp 3 miliar per hari, jauh lebih rendah dibanding DKI Jakarta yang sudah tembus sekitar Rp 30 miliar per hari.

"Makanya kami berusaha mempromosikan agar lebih banyak masyarakat Jatim yang mengetahuinya. Karena ini sangat membantu, utamanya di saat merebaknya wabah virus corona dan imbauan untuk beraktivitas di rumah," ujarnya.

Baca Juga: Bulog Gandeng SGC Gelar Gerakan Stabilisasi Pangan

Untuk layanan ipanganan.com, Bulog Jatim bekerja sama dengan DKI Jakarta, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Sulawesi Selatan. "Kami saling mengisi. Kalau misal ada produk Jatim yang tidak diproduksi oleh DKI Jakarta ya kita menyuplai ke sana, seperti beras bumbu dan beras merah, begitu juga sebaliknya. Ada beberapa jenis beras dari Jakarta yang juga disuplai ke sini," katanya.

Untuk beras, saat ini ada sekitar 17 jenis yang dijual, mulai dari beras medium hingga premium. Selain itu, juga ada beras fortivikasi, yaitu beras yang sudah diberi tambahan vitamin. Beras ini sangat cocok untuk mengatasi stunting atau kurang gizi karena telah dicampur dengan kermil. "Beras ini banyak pesanan untuk bantuan sosial di Malang dan Tulungagung karena sangat cocok untuk mengatasi kasus kurang gizi," terang Khozin.

Khozin menambahkan, pasokan beras di Jatim cukup aman. "Di Jatim ada sekitar 411.000 ton beras medium. Jadi tidak khawatir karena stok cukup hingga lebaran dan sampai dengan musim panen. Di sini juga ada packaging. Jika ada pemesanan atau order langsung diantarkan ke tempat pemesan," jelasnya.

Kemudian soal pasokan gula, Khozin menyatakan Bulog Jatim telah melakukan operasi pasar bekerjasama dengan dua kelurahan, salah satunya di Banjar Kemantren, Sidoarjo, Jawa Timur, dengan harga Rp 10.500 per kilogram (kg).

Baca Juga: Anies Baswedan Minta Warga DKI Tidak Pulang Kampung

"Kami akan layani, kami kirim ke sana seharga Rp 10.500 dengan jaminan tidak ada kerumunan warga, sebagai antisipasi jangan sampai terjadi penyebaran virus corona," pungkas Khozin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Waskita Toll Road Terapkan Protokol Pencegahan Corona

WTR juga menyediakan alat pengukur suhu tubuh dan mewajibkan seluruh petugas untuk menggunakan masker, sarung tangan, dan alat pelindung diri.

EKONOMI | 28 Maret 2020

Yayasan Orang Tua Grup Peduli Salurkan Bantuan Penanganan Covid-19

Pemberian bantuan Yayasan Orang Tua Grup Peduli ini dilakukan dengan menggandeng Mayapada Group dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

EKONOMI | 28 Maret 2020

Matahari Putra Prima Luncurkan Fitur Chat & Shop By Whatsapp

Layanan ini memungkinkan konsumen untuk berbelanja dari rumah dan merupakan bagian dari business continuity plan (BCP) perseroan.

EKONOMI | 28 Maret 2020

Dukung Physical Distancing, Taspen Layani Pembayaran Pensiun Melalui ATM

Pelayanan pembayaran pensiun April 2020 melalui perbankan tidak dilakukan dengan kehadiran fisik atau secara langsung. Sedangkan untuk pembayaran pensiun yang dilakukan melalui Posindo diterapkan pengaturan jadwal kepada para penerima pensiun. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para peserta pensiun Taspen.

EKONOMI | 28 Maret 2020

Mulai 1 April, AirAsia Indonesia Hentikan Sementara Semua Penerbangan

AirAsia mempertimbangkan situasi risiko pandemi Covid-19 di Indonesia.

EKONOMI | 28 Maret 2020

Tower Bersama Catat Pendapatan Rp 4,9 Triliun

Marjin EBITDA perseroan tetap pada 85,4% untuk tahun 2019

EKONOMI | 28 Maret 2020

Cegah Covid-19, Food Station Dorong Pembelian Online

Mengurangi kontak tatap muka langsung

EKONOMI | 27 Maret 2020

IHSG Menguat 8% dalam Sepekan

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 8 persen dalam sepekan. Kapitalisasi pasar BEI naik ke Rp 5.259,807 triliun dari Rp 4.854,050 triliun.

EKONOMI | 28 Maret 2020

Penyelamatan Ekonomi Paling Ampuh Adalah Hentikan Virus

Virus corona bisa dihentikan penyebarannya, Tiongkok sudah berhasil

EKONOMI | 28 Maret 2020

IMF: Dunia Sudah Memasuki Resesi

Ketua IMF Kristalina Georgieva pada hari Jumat mengatakan bahwa perekonomian dunia sudah memasuki resesi yang disebabkan oleh virus corona.

EKONOMI | 28 Maret 2020


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS