Maskapai Siapkan Subkelas Khusus Diskon Tiket Pesawat dari Pemerintah

Maskapai Siapkan Subkelas Khusus Diskon Tiket Pesawat dari Pemerintah
Ilustrasi penumpang pesawat. ( Foto: Antara )
Thresa Sandra Desfika / FMB Sabtu, 29 Februari 2020 | 18:58 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyebutkan maskapai menyiapkan subkelas khusus yang tarif tiket pesawatnya didiskon pada setiap penerbangan domestik ke 10 destinasi yang ditetapkan pemerintah. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemhub Novie Riyanto menyampaikan, diskon tarif penerbangan dilakukan untuk menutupi kekosongan slot yang mulai terjadi di sejumlah bandara akibat efek virus corona.

"Jadi maskapai akan tawarkan subkelas khusus (terkait diskon tarif penerbangan 10 destinasi)," ungkap Novie dalam konferensi pers di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Sabtu (29/2/2020).

Baca juga: Pemerintah Siapkan Diskon untuk 430.000 Tiket Pesawat PP

Novie menyampaikan, tarif penerbangan yang didiskon mulai bisa dipesan per 1 Maret 2020. Karenanya, bagi konsumen yang sudah memesan tiket sebelum 1 Maret 2020 tidak mendapatkan diskon.

"Kalau sudah pesan ya tidak bisa dapat diskon. Jadi ini besok baru bisa dinikmati karena kan (maskapai) perlu setting," terang Novie.

Novie menyebutkan, diskon tarif penerbangan khususnya diterapkan untuk kelas ekonomi dengan jenjang diskon antara 45-50 persen. Diskon itu berlaku untuk 25 persen dari total kapasitas kursi di setiap penerbangan ke dan dari 10 destinasi wisata yang sudah ditetapkan.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia Dony Oskaria mengungkapkan, pihaknya akan membuka subkelas khusus untuk diskon di setiap penerbangan.

"Kami nanti akan buka kelas khusus dengan sesuai harga diskon. Jadi seat-nya gampang mengambilnya. Itu sudah kami persiapkan. Jadi tinggal nunggu kebijakan berlaku," terang Dony.



Sumber: BeritaSatu.com